$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

" Pemikiran Radikal " , "Sel Kecil " dan " Pelaku Tunggal " , Pola Baru Terorisme di Indonesia



Menanggapi penyerangan Pos Polisi dan anggota Kepolisian Sektor Cikokol, Kota Tangerang , Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar, mengatakan bahwa dari temuan sementara kepolisian, pelaku "terpengaruh dampak pemikiran radikal" akibat berinteraksi dengan sejumlah pihak. Diduga kuat pelaku serangan bertindak atas inisiatif sendiri.

"Belum ada kaitan yang rinci apakah dia bergabung dengan orang-orang jaringan teror, tapi dia pernah belajar agama di sebuah tempat di daerah Ciamis," demikian keterangan lanjut Kadiv Humas Mabes Polri .  

Direktur Institute for Policy Analysis of Conflict, Sidney Jones, mengatakan bahwa strategi ini diambil karena jaringan teror menilai "terlalu berbahaya bagi mereka untuk bergerak sebagai satu organisasi besar".

Terkait serangan terhadap pos polisi di Cikokol, pengamat bidang terorisme ini mengatakan, "Harus digarisbawahi, terlalu dini untuk diketahui pelaku, apakah sebagian dari kelompok atau bergerak atas inisiatif sendiri."

Dia menilai bahwa sampai sekarang, serangan tipe lone wolf atau pelaku tunggal masih tetap jarang terjadi di Indonesia.Tipe lone wolf bukan apakah satu orang menjadi pelakunya, tetapi apakah dia melakukan aksi itu atas inisiatif sendiri atau sebagai anggota dari kelompok yang merencanakan serangan tersebut.Pelaku mungkin ikut kelompok pro-ISIS di Ciamis, dan kalau benar, ada kemungkinan hal ini bukanlah lone wolf. Afiliasi pelaku sebelumnya, apakah dia pernah mengikuti berbagai pengajian radikal, atau pernah menjadi anggota JAT (Jamaah Ansharut Tauhid) atau pernah bekerjasama dengan orang lain dari Ciamis yang sudah ke Suriah, itu semuanya harus dianalisa lebih lanjut."

Senada dengan Sidney , Pengamat terorisme Taufik Andrie menyatakan  pola eksekusi seorang diri ini membuat serangan berikutnya susah dideteksi dan membuat kepolisian serta intelijen seolah lambat mengantisipasi aksi teror.

"Memang ada serangkaian penangkapan dari kasus-kasus sebelumnya, tapi bisa jadi kelompok yang muncul ini adalah sel-sel baru yang tidak terkait dengan yang kemarin baru tertangkap, sehingga kemunculan sel-sel atau jaringan baru ini yang lambat diantisipasi. Apalagi kemudian pola-polanya berubah, misalnya ini ada kecenderungan lone wolf atau sendirian," ujar Taufik Andrie. 

Taufik Andrie  melihat bahwa target kelompok terorisme dalam tiga tahun terakhir adalah aparat hukum. “Pertama, asumsi polisi adalah kafir thagut, aparat hukum yang melindungi dan melaksanakan hukum di luar hukum Islam. Kedua, polisi banyak menangkapi teman-teman mereka, menembak teman-teman mereka. Jadi ada unsur balas dendam juga,” demikian penjelasan akhir Taufik Andrie.

Beberapa serangan terorisme yang terjadi sepanjang tahun ini, seperti bom Thamrin pada Januari lalu serta bom bunuh diri di Mapolresta Solo, semuanya menyerang polisi.





Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: " Pemikiran Radikal " , "Sel Kecil " dan " Pelaku Tunggal " , Pola Baru Terorisme di Indonesia
" Pemikiran Radikal " , "Sel Kecil " dan " Pelaku Tunggal " , Pola Baru Terorisme di Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-nK2lKhPYA78/WA0h619_7gI/AAAAAAAAAgo/El6fKJpfVvUAit2MGGLS1luGdVaAz9PuwCLcB/s200/IMG_5615.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-nK2lKhPYA78/WA0h619_7gI/AAAAAAAAAgo/El6fKJpfVvUAit2MGGLS1luGdVaAz9PuwCLcB/s72-c/IMG_5615.JPG
38 Setia
http://www.38setia.com/2016/10/pemikiran-radikal-sel-kecil-dan-pelaku.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2016/10/pemikiran-radikal-sel-kecil-dan-pelaku.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content