$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Berbagai Satuan Tugas Malam Hari Dibentuk Sebagai Wujud Meningkatkan Rasa Aman Masyarakat


Berbagai Satuan Tugas dibentuk oleh Kepolisian untuk menangani dan menyikapi fenomena permasalahan sosial , kekerasan dan atau kejahatan kolektif  di malam hari yang akhir akhir ini hadir di berbagai wilayah. Kreativitas Kepolisian layak mendapatkan apresiasi karena Tim yang dibentuk pun bermacam macam nama nya , namun intinya para petugas penegak hukum ini selalu sigap memantau dan menindak berbagai tindak kekerasan di wilayah masing masing .

Contoh nyata antara lain , satuan tugas Rajawali di jakarta Timur,  Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Andry Wibowo menjelaskan, nama Satgas bentukannya tersebut diusulkan langsung oleh para anggota Satgas melalui persetujuannya. Melalui nama tersebut, diharapkan anggota Satgas dapat memiliki sifat seperti burung rajawali.Selalu memantau setiap peristiwa, memiliki mata tajam melihat dan insting yang kuat untuk menangani suatu perkara. Kapolres Jakarta Timur menambahkan , pembentukan Satgas ini juga bertujuan untuk melengkapi kinerja tim patroli di malam hari yang sebelumnya sudah ada. "Nah sistem yang ada yang sudah bekerja, kayak patroli, kemudian rayonisasi, yang ada pada kita. Nah, Satgas ini untuk melengkapi kinerja agar lebih taktis.” demikian diungkapkan Kapolres Jakarta Timur

Kemudian ada Polres Metro Jakarta Utara yang membentuk satuan tugas khusus untuk menindak kriminalitas yang terjadi di jalanan Jakarta Utara. Satuan tersebut diberi nama Team Tiger atau tim tegas reaksi cepat. Kapolres Jakarta Utara Kombes Dwiyono mengatakan, Team Tiger beranggotakan 20 personel. Setiap personel dilengkapi senjata laras panjang, serta rompi anti peluru. Sejumlah kendaraan roda dua dan empat juga menjadi tunggangan khusus tim ini. "Fokus dari tim ini adalah menindak segala bentuk tindakan kejahatan terutama terhadap tindakan kriminalitas yang membahayakan jiwa masyarakat.” demikian ditegaskan Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono.


Dan satu lagi yang tak kalah terkenal  adalah Satuan Tugas Jaguar milik Polresta Depok . Kisahnya berawal dari akhir 2014 saat  wilayah Depok marak terjadi perampokan sepeda motor yang disertai dengan aksi kekerasan oleh para pelakunya. Aksi ini kemudian lebih dikenal dengan istilah begal. Tercatat ada beberapa kasus begal yang terjadi di sejumlah titik di wilayah Depok, dua diantaranya berakhir dengan tewasnya dua orang korban. Maraknya kasus begal inilah yang kemudian menjadi latar belakang Polresta Depok membentuk sebuah tim khusus yang dinamakan Team Jaguar. Jaguar sendiri merupakan akronim dari Penjaga Gangguan dan Anti Kerusuhan, mengacu pada tugas utama tim ini.

Pada awalnya Team Jaguar adalah sebuah tim yang terdiri dari para polisi yang berasal dari berbagai kesatuan, dari mulai Intel, Reskrim, Sabhara, Provost, hingga staf yang bertugas di bagian administrasi di Mapolresta Depok. Meski demikian, setiap anggota Team Jaguar dilatih kemampuan yang sama dalam hal tempur jarak dekat dan teknis penggerebekan. Team Jaguar diketahui hanya bertugas pada malam hari, tepatnya dari pukul 23.00-06.00 WIB. Sehingga pada siang hari, seluruh anggota tim kembali ke kesatuan dan tugasnya masing-masing.


"Ada yang dinas di bank. Siang jaga bank, kalau malam jadi Jaguar," tutur Kepala Team Jaguar, Inspektur Satu Winam . Agus Winam mengatakan saat ini Team Jaguar beranggotakan 17 orang. Tugas rutin di luar panggilan darurat adalah empat kali dalam seminggu. Menurut Winam, menjalani tugas sebagai anggota Team Jaguar merupakan sukarela dan pengabdian lebih.

Karena selain tugas rutin, Team Jaguar juga harus siap dibutuhkan kapan saja dan dalam situasi apapun, termasuk menjalani tugas yang sebenarnya bukan tugas utama dari tim tersebut. Winam menyebut meski tugas utama pihaknya menangani masalah kejahatan jalanan, Team Jaguar Polresta Depok tak jarang ikut menangani masalah-masalah sosial yang kerap terjadi di wilayah operasinya.Ia mengaku timnya sudah kerap menemukan orang-orang yang dinilai membutuhkan bantuan, mulai dari pengamen hingga remaja-remaja putri yang dikenal dengan istilah cabe-cabean. "Ada ibu-ibu yang pengen ke pasar enggak ada kendaraan, kami antarkan, atau pengamen yang terlalu malam kami pulangin. Terus cabe-cabean juga iya, kami pulangin ke orang tuanya, padahal orang tuanya bilang, 'Tobat Pak ngurusin anak ini'," demikian ungkap Iptu Agus Winam.


Mari dukung terus kreativitas dan kerja keras Kepolisian di berbagai wilayah anda ya

Maju Terus Polri 


Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Berbagai Satuan Tugas Malam Hari Dibentuk Sebagai Wujud Meningkatkan Rasa Aman Masyarakat
Berbagai Satuan Tugas Malam Hari Dibentuk Sebagai Wujud Meningkatkan Rasa Aman Masyarakat
https://4.bp.blogspot.com/-eHgaL0KOFUY/WTZK6q-5ytI/AAAAAAAAB2g/NwaNQuZFThojGxjnofh1FCt1NEoLFHj4wCEw/s640/JAGUAR%2BDEPOK.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-eHgaL0KOFUY/WTZK6q-5ytI/AAAAAAAAB2g/NwaNQuZFThojGxjnofh1FCt1NEoLFHj4wCEw/s72-c/JAGUAR%2BDEPOK.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/06/berbagai-satuan-tugas-malam-hari.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/06/berbagai-satuan-tugas-malam-hari.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content