$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kegaduhan Petasan di Bulan Ramadhan Menelan Korban Jiwa


Fenomena apa yang identik dengan Bulan Ramadhan selain menjalankan ibadah puasa dan ngabuburit bagi anak anak hingga orang dewasa di Indonesia pada umumnya ? Ya…bermain petasan. Permainan petasan sangat banyak dilakukan oleh anak anak hingga usia dewasa untuk memeriahkan bulan suci bagi umat Muslim ini . Namun tahukah anda bahaya dari permainan petasan , petasan mampu menghilangkan nyawa orang tak berdosa . Bahkan petasan sendiri bukanlah suatu tradisi Bulan Ramadhan, karena sejatinya Ramadhan  merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim yang harus dihidupkan dengan kekhusyukan beribadah , bukan euforia petasan . Di malam-malam bulan Ramadhan, masjid-masjid ramai terisi jamaah untuk menjalankan ibadah sholat Tarawih, suara Tadarus Al Quran berkumandang menambah suasana religius bulan Ramadhan. Namun, saat memasuki bulan Ramadhan suara petasan yang memekakkan telinga juga mulai bermunculan. Mereka yang memainkan petasan mendatangkan kesenangan bagi pelakunya, namun dibalik perilaku tersebut terdapat hal-hal negatif yang dapat ditimbulkannya.

Beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari bermain petasan antara lain ancaman ledakan petasan yang dapat mengakibatkan luka secara fisik.Contoh kasus baru baru ini di Pamekasan , Madura , akibat terkena ledakan mercon dua anak balita di Dusun Sumber Gunung, Desa Ambender, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten pamekasan, Jawa Timur, meninggal, setelah rumah mereka meledak, Rabu 31 Mei 2017.

Kedua balita tersebut, yakni Alga (3) dan Anas (4). Satu korban selamat, yakni Dani (13) sedang dirawat di Puskesmas Pegantenan. Kapolsek Pegantenan, AKP Puryanto mengatakan, ledakan mercon terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. “Dugaan sementara, rumah mereka meledak akibat Mercon yang disimpan di dalamnya, namun kami akan selidiki untuk mengetahui apa penyebab pasti kejadian ini.” jelasnya kepada awak media di lokasi kejadian.

Puryanto menambahkan, dugaan itu muncul mengingat, Su’ud (35) ayah salah satu kedua balita itu menyimpan banyak Mercon di rumah tersebut. Selain rumah Su’ud, ledakan Mercon juga menyebabkan rumah tetangganya, Munir mengalami kerusakan. Gentengnya bocor dan pecah.

Menurut salah satu warga, Muarif, ledakan terdengar sampai radius 8 kilometer hingga ke perbatasan Desa Ambender. Dikira ledakan tersebut karena ada pesawat jatuh karena sangat keras sekali.“Saya kira ada pesawat jatuh karena dentumannya keras sampai ke perbatasan desa,” ungkapnya.

Sementara kondisi kedua korban tewas kondisinya sangat mengenaskan. Salah satu anggota tubuhnya luka parah karena terkena langsung ledakan.

Peristiwa ini menjadi satu gambaran dampak negatif dari petasan dan bukti nyata bahwa kerugian tak hanya sekedar materi namun juga petaka bagi orangorang yang dikasihi serta warga sekitar . Sangat keliru bila bermain petasan di bulan Ramadhan dianggap sebagai tradisi karena kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi.Peristiwa ini menjadi satu gambaran dampak negatif dari petasan dan bukti nyata bahwa kerugian tak hanya sekedar materi namun juga petaka bagi orangorang yang dikasihi serta warga sekitar . Sangat keliru bila bermain petasan di bulan Ramadhan dianggap sebagai tradisi karena kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi. 

Orangtua memiliki peran yang besar untuk mencegah kebiasaan bermain petasan dianggap sebagai tradisi. Orangtua perlu memberikan psikoedukasi bahwa bermain petasan tidak memberikan manfaat positif bagi anak-anak. Selain itu orangtua juga harus memberikan contoh untuk tidak bermain petasan. Perilaku orangtua adalah contoh terbaik bagi anak-anak. Orangtua jangan hanya sekadar memberikan materi kepada anak-anak dalam bentuk uang sebagai kompensasi cara membahagiakan anak-anak. Anak-anak masih perlu kontrol orangtua demikian juga remaja sehingga bermain petasan di bulan Ramadhan tidak lagi menjadi tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Mari bersama saling menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan di Bulan yang Suci bagi umat Muslim ini , jangan ragu untuk melaporkan kepada pihak berwajib  jika di sekitar rumah anda dijadikan tempat industri petasan.


Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kegaduhan Petasan di Bulan Ramadhan Menelan Korban Jiwa
Kegaduhan Petasan di Bulan Ramadhan Menelan Korban Jiwa
https://3.bp.blogspot.com/-GJIZ9Sm02D0/WTprO-i5ViI/AAAAAAAAB4s/GH8llu_mI54zHGAc4Nrne29UrEIvs1oKQCLcB/s200/LEDAKAN%2BPETASAN%2BDI%2BPAMEKASAN%2BMADURA.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-GJIZ9Sm02D0/WTprO-i5ViI/AAAAAAAAB4s/GH8llu_mI54zHGAc4Nrne29UrEIvs1oKQCLcB/s72-c/LEDAKAN%2BPETASAN%2BDI%2BPAMEKASAN%2BMADURA.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/06/kegaduhan-petasan-di-bulan-ramadhan.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/06/kegaduhan-petasan-di-bulan-ramadhan.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content