$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Pansus Hak Angket dan Polemik Pembekuan Anggaran Polri dan Kpk


Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan bahwa Polri sebenarnya tidak bisa membantu Pansus hak angket KPK untuk mendatangkan Miryam karena berdasarkan KUHAP, polisi harus memiliki dasar hukum untuk membawa seseorang dari satu tempat ke tempat lain.

"Harus ada surat perintah membawa di dalam rangka pro yustisia. Artinya harus dalam rangka proses hukum. Nah ini (yang dilakukan Pansus hak angket KPK) kan proses politik," ujar Tito di Kompleks PTIK, Jakarta Selatan, Selasa 20 Juni 2017.

Namun, di sisi lain, Tito mengakui, permintaan Pansus hak angket untuk membawa Miryam itu didasarkan pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Dalam salah satu pasal, disebutkan bahwa kepolisian bisa membantu DPR untuk menghadirkan seseorang yang dibutuhkan.

Meski demikian, Kapolri  mengatakan, UU tersebut tidak secara jelas mengaturnya sehingga Polri tidak bisa melampaui tugas dan wewenangnya sesuai KUHAP.

"Acara di MD3 itu apakah untuk mendatangkan seseorang itu lewat surat perintah membawa atau paksa atau apa? Kalau penyanderaan, apakah ada surat perintah penyanderaan?Karena itu akan dibentuk tim khusus untuk mengkaji kerancuan dasar aturan “ demikian ditegaskan secara obyektif oleh Kapolri .


"Kami nanti ada tim yang dipimpin Wakapolri melaksanakan konsultasi hukum dengan teman-teman di DPR. Apakah ada kesepakatan mengenai interpretasi hukum ini," demikian ditambahkan Kapolri .
"Kalau ada kesepakatan, kita lihat nanti. Tapi kalau tidak ada kesepakatan, saya pikir kami perlu meminta fatwa kepada instansi berwenang untuk interpretasikan ini, di antaranya MA," lanjut Kapolri .
Sebelumnya salah satu anggota pansus, Mukhamad Misbakhun mengusulkan menahan anggaran KPK dan Polri tahun 2018 jika tidak mematuhi perintah undang-undang untuk membantu kinerja pansus dalam menghadirkan Miryam. Padahal, menurut Misbakhun, aturan itu merujuk pada UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Tak hanya Kapolri yang memberikantanggapan , dalam kesempatan berbeda Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, tugas utama Polri yakni melayani masyarakat untuk menjaga rasa aman. Sebanyak 420.000 personel Polri punya beban tugas yang besar untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Kegiatan tersebut tentunya harus ditunjang dengan anggaran yang memadai. Jika anggaran Polri ditahan, maka fungsi tersebut akan terganggu.


"Ini kan sistem yang sudah berjalan. Bilamana ini terhenti, berarti ada simpul lain yang nanti terhenti. Pelayanan masyarakat efeknya juga akan terhenti. Belum lagi biaya untuk penanganan perkara, mulai dari penyelidikan, pemeriksaan saksi, hingga pemberkasan. Khususnya dalam kejahatan konvensional dan transnasional.Karena  tidak ada lembaga lain yang melakukan penegakan hukum, kecuali dalam kasus pidana khusus korupsi ada lembaga lain," demikian diungkapkan Kombes Pol Martinus Sitompul .
 
Selain itu, pengurusan Surat Izin Mengemudi dan administrasi kendaraan juga ditangani oleh Polri. Jika anggaran ditahan, maka banyak masyarakat yang terganggu kepentingannya. Menahan anggaran Polri sama saja merugikan masyarakat.
“Kembali lagi pada masyarakat yang dirugikan," demikian tutup Kabag Penum Div Humas Polri .

Bagaimana menurut anda atas peristiwa ini ?


Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Pansus Hak Angket dan Polemik Pembekuan Anggaran Polri dan Kpk
Pansus Hak Angket dan Polemik Pembekuan Anggaran Polri dan Kpk
https://3.bp.blogspot.com/-va9QSvci-Og/WUo_4UmqRfI/AAAAAAAAB7I/J_4xIUgt0Woex0tibN0iZuetD7puuqaiwCLcBGAs/s320/MIRYAM%2BTAHANAN%2BKPK.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-va9QSvci-Og/WUo_4UmqRfI/AAAAAAAAB7I/J_4xIUgt0Woex0tibN0iZuetD7puuqaiwCLcBGAs/s72-c/MIRYAM%2BTAHANAN%2BKPK.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/06/pansus-hak-angket-dan-polemik-pembekuan.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/06/pansus-hak-angket-dan-polemik-pembekuan.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content