$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Onlineshop Penjual Orangutan Ditangkap Satuan Polisi Hutan Kalimantan Barat



Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Bekantan menggerebek sebuah rumah tempat penyimpanan dua orangutan di Jalan Komyos Sudarso Gang Timun, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin, 21 Agustus 2017.  Dua orangutan tersebut masing-masing berjenis kelamin jantan dengan usia sekitar satu tahun dan betina dengan usia sekitar delapan bulan.

Kepala Seksi Balai Gakkum KLHK Kalimantan Seksi Wilayah III Pontianak, David Muhammad mengungkapkan, operasi tangkap tangan tersebut berawal ketika Tim SPORC mendapat laporan dari masyarakat terkait sebuah rumah yang menjadi tempat menyimpan satwa langka.

"Setelah dilakukan penyelidikan terlebih dahulu sekitar pukul 08.30 WIB, tim melakukan penggerebekan disaat pelaku berinisial TAR (19) sedang berada di rumah," demikian diungkapkan David , 22 Agustus 2017.

David menambahkan, petugas kemudian menggeledah garasi rumah TAR dan memukan dua individu orangutan dalam keranjang packing dan kandang yang siap jual kepada pemesan (pembeli). Tersangka, sambung David, sudah lama jual beli satwa langka yang dilindungi baik secara online maupun transaksi Iangsung.

"Beberapa satwa langka didapat dari pemasok di daerah untuk selanjutnya dijual kembali melalui 16 akun (media sosial) dengan memajang foto satwa beserta tarif harganya dan via chatting melalui Instragram dan WhatsApp untuk tawar menawar harga satwa.” Demikian ditambahkan David.

Terkait dua orangutan yang disita petugas, kedua satwa tersebut diperoleh dari wilayah Kabupaten Sintang. Satwa tersebut dipesan pelaku dari pemburu lokal untuk kemudian dijual kembali. Satwa tersebut diduga diperoleh dengan cara membunuh sang induk. Karena pada usia tersebut, Orangutan masih menempel dengan induknya.Pelaku mengaku akan menjual dua individu otangutan tersebut dengan harga Rp 3 juta per individunya.  Selain menjual orangutan, pelaku juga mengaku pernah menjual satwa langka lainnya seperti elang dan owa. Satwa tersebut kebanyakan dijual keluar pulau Kalimantan dan keluar negeri.

"Saat ini penyidik SPORC masih terus mendalami sindikat penjualan satwa langka Orangutan untuk mengungkap keterlibatan pihak lainnya yang merupakan bagian dari sindikat internasional penjualan satwa langka Orangutan di Kalimantan Barat," tegas David Muhammad. 

Perdagangan satwa langka Orangutan ini merupakan kasus kedua yang pernah ditangani SPORC. Semua satwa yang disita akan direhabilitasi di International Animal Rescue (IAR) Ketapang.
Sementara itu, Staf Humas Media IAR Ketapang, Heribertus Suciadi mengatakan, awalnya kondisi kedua orangutan tersebut dalam keadaan sehat. Namun salah satu orangutan ada yang stres. "Salah satu orangutan ada yang stress, dia ada kelainan dengan memeluk dirinya sendiri yang mengindikasikan jika mengalami stres," ungkap Heribertus Suciadi.

Tim dokter dari IAR juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap kedua orangutan tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan, satwa tersebut mengalami dehidrasi ringan dan sudah ditangani dengan pemberian cairan dan oralit.

"Ini tadi pagi kondisinya sudah bagus dan sudah mau makan buah-buahan yang kita berikan," tuturnya.


Saat ini pelaku sudah ditahan di rutan Kelas IIA Pontianak. Tersangka dijerat dengan Pasal 21 Ayat (2) huruf a jo pasal 40 ayat (2) UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Kumber Daya Alam dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta.


Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Onlineshop Penjual Orangutan Ditangkap Satuan Polisi Hutan Kalimantan Barat
Onlineshop Penjual Orangutan Ditangkap Satuan Polisi Hutan Kalimantan Barat
https://4.bp.blogspot.com/-x8K45lSF1Vo/WZvb5LhF3jI/AAAAAAAACJw/AzCXZ5U1ZD4Zg0JwZJuJDmMPghtYiZSPgCLcBGAs/s200/Orangutan-Ketungau-Tengah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-x8K45lSF1Vo/WZvb5LhF3jI/AAAAAAAACJw/AzCXZ5U1ZD4Zg0JwZJuJDmMPghtYiZSPgCLcBGAs/s72-c/Orangutan-Ketungau-Tengah.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/08/onlineshop-penjual-orangutan-ditangkap.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/08/onlineshop-penjual-orangutan-ditangkap.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content