$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Menantikan Hasil Laporan PPATK dan Pengungkapan Polri tentang Siapa dibalik Saracen



Laporan tersebut akan menjadi babak baru untuk mengungkap dugaan pidana penyebaran ujaran kebencian dan konten berbau suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di media sosial oleh kelompok tersebut. Dalam laporan akan terlihat transaksi keluar dan masuk dari rekening-rekening yang ada. Dengan demikian, bisa diketahui siapa pihak pemesan dan yang membiayai aktivitas kelompok tersebut.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus mengatakan, laporan tersebut akan dianalisis dan dibandingan dengan alat bukti yang ada. "Hasilnya nanti dilihat apakah memang seperti dugaan selama ini, memunculkan ada orang yang menyerahkan dalam jumlah tertentu. Nanti bisa dibaca di situ, dilihat dari transaksi. PPATK sudah menyerahkan LHA pada Bareskrim tadi jam 14.00 WIB.    ” Demikian diungkapkan Kabag Penum Div Humas pada Rabu 13 September 2017.

Laporan tersebut akan dibandingkan dengan fakta-fakta yang ditemukan polisi selama penyidikan, baik dari keterangan saksi, tersangka, maupun jejak digital. Dalam laporan tersebut akan terlihat darimana saja aliran dana yang ditampung rekening Saracen. Kemana saja aliran dana berpindah dari rekening-rekening tersebut. Selain mengecek berkas perkara, penyidik juga menganalisis komunikasi antara tersangka dengan pihak lainnya. Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan pengurus Saracen, yakni JAS, MFT, SRN, dan AMH sebagai tersangka.

Kelompok Saracen menetapkan tarif sekitar Rp 72 juta dalam proposal yang ditawarkan ke sejumlah pihak. Mereka bersedia menyebarkan konten ujaran kebencian dan berbau SARA di media sosial sesuai pesanan. Media yang digunakan untuk menyebar konten tersebut antara lain di Grup Facebook Saracen News, Saracen Cyber Team, situs Saracennews.com, dan berbagai grup lain yang menarik minat warganet untuk bergabung. Hingga saat ini diketahui jumlah akun yang tergabung dalam jaringan Grup Saracen lebih dari 800.000 akun.

Ada sejumlah penangkapan terkait pelanggaran ujaran kebencian berlandaskan suku, agama, ras, dan antargolongan setelah kasus itu terungkap. Beberapa di antaranya ternyata anggota Saracen.Terungkapnya kelompok tersebut membuat intensitas ujaran kebencian di media sosial menurun. Sebanyak 20-30 persen ujaran kebencian menurun. Beberapa hasil patroli siber melihat cukup, meski tidak secara signifikan menurun . Para penyidik dan patroli siber menghimpun data siapa saja orang yang kerap di-bully atau yang banyak dibenci di media sosial. Menurut dia, pihak yang kerap dijadikan objek ujaran kebencian juga mengaku serangan pada dirinya berkurang. 

Masyarakat juga banyak yang memberi masukan kepada polisi bahwa saat ini konten ujaran kebencian, meski masih ada, namun sudah berkurang.

Pihak Kepolisian meminta partisipasi aktif masyarakat untuk turut andil dalam mengurangi angka ujaran kebencian di dunia maya. Masyarakat bisa melapor ke polisi jika menemukan konten yang terindikasi melanggar UU ITE tersebut. Sebab, lingkup dunia maya terlalu luas jika hanya mengandalkan cyber troops dari Polri.

Mari bersama saling mengedukasi untuk menahan diri untuk tidak mengunggah konten bernada negatif. Apalagi Indonesia adalah bangsa yang dikenal sopan santun dan memiliki dat istiadat yang luhur.

Ilustrasi

Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Menantikan Hasil Laporan PPATK dan Pengungkapan Polri tentang Siapa dibalik Saracen
Menantikan Hasil Laporan PPATK dan Pengungkapan Polri tentang Siapa dibalik Saracen
https://4.bp.blogspot.com/-0g12Ec0ebfM/WboOft7gRAI/AAAAAAAACQM/QyVs832_OSQhefTaJ12Fic84rSxA6L64ACLcBGAs/s200/ujaran%2Bkebencian.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-0g12Ec0ebfM/WboOft7gRAI/AAAAAAAACQM/QyVs832_OSQhefTaJ12Fic84rSxA6L64ACLcBGAs/s72-c/ujaran%2Bkebencian.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/09/menantikan-hasil-laporan-ppatk-dan.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/09/menantikan-hasil-laporan-ppatk-dan.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content