$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Tips Aman Memilih Pengasuh Bayi


Pengasuh bayi dan anak sangat banyak, akan tetapi jumlah pengasuh bayi yang kredibel dirasa masih belum cukup, ada-ada saja kasus kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh para pengasuh abal-abal.

Berikut ini 10 Tips Memilih Pengasuh Bayi dan Anak, semoga bermanfaat.

1. Buat daftar tentang kriteria pengasuh yang kita perlukan.  Termasuk anggaran, waktu kerja, karakter orang yang diinginkan. Setia pada kriteria ini membuat kita tak mudah menerima orang yang tak sesuai harapan.

2. Cari referensi terpercaya dari teman, kerabat, tetangga, atau orang terpercaya lainnya yang pernah memakai jasa pengasuh. Dari mana mereka mendapatkan pengasuh tersebut, meminta informasi dengan detail sebagai referensi sangat diperlukan agar anak kita tak salah mendapat pengasuh.

3. Jika ingin mengambil pengasuh dari lembaga atau agensi pastikan untuk mengajukan pertanyaan detail mengenai cara mereka menyeleksi pengasuh, seberapa dalam pemeriksaan latar belakang para pengasuh tersebut, adakah dilakukan tes pemeriksaan penggunaan narkoba, sudah berapa lama lembaga atau agensi tersebut beroperasi, jangan lupa juga minta testimoni dari keluarga yang pernah memakai jasa agensi pengasuh tersebut.

4. Wawancara langsung dengan calon pengasuh, jangan tergesa-gesa menilai. Buat terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin diketahui dari calon pengasuh. Biarkan anak kita juga menilai apakah cocok dengan calon pengasuhnya jika anak sudah balita. Sebisa mungkin miliki beberapa calon pengasuh, jangan hanya 1 saja, agar punya beberapa pilihan.

5. Pastikan kita mengetahui benar latar belakang calon pengasuh yang telah dipilih. Termasuk riwayat kesehatan mereka di masa lalu.

6. Buat perjanjian tertulis dengan pengasuh mengenai apa yang diharapkan darinya dan apa yang ia harapkan dari pihak kita. Pastikan setiap tugas yang harus dilakukan pengasuh tertera di dalam perjanjian tersebut, dan juga kompensasi yang akan mereka dapatkan.

7. Setelah pengasuh bekerja, selalu ajak buah hati kita bicara mengenai pengasuhnya tersebut, apakah perlakuannya baikatau tidak.
Untuk bayi yang belum bisa berkomunikasi lisan, perhatikan bahasa tubuhnya, apakah ia terlihat nyaman dengan sang pengasuh atau justru kelihatan tidak nyaman.

8. Amati langsung saat si kecil bersama pengasuhnya
Anak-anak selalu jujur berekspresi, bila menyukai seseorang ia akan langsung merangkak dan menghampirinya. Lalu lihat pula respon pengasuh ketika anak kita ngambek atau menolak, apakah pengasuh tersebut bisa membujuknya?
Lihat juga apakah si pengasuh ini jujur terhadap apa yang terjadi pada si kecil. Misalnya jika si kecil susah makan, terjatuh, atau mengalami sesuatu di hari itu, apakah ia menceritakannya atau hanya bercerita jika kita tanya?

9. Catat perkembangan si buah hati
Anak yang tertekan dan merasa tak bahagia bisa mengalami kemunduran, yang tadinya sudah bisa pipis sendiri di toilet jadi malah ngompol di celana lagi, mungkin ia sedang mengalami masa-masa sulit dan membuatnya tertekan. Periksa juga berat badan dan kondisi fisik anak, apakah ia normal saja atau terlihat banyak memar, luka, dan tanda-tanda ada kekerasan.
10. Perhatikan sang pengasuh mengetahui cara pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), misalnya mengetahui apa yang perlu dilakukan jika anak tersedak, kena luka bakar, terjatuh, atau keracunan makanan.

Memilih pengasuh yang baik untuk anak memang cukup sulit. Kadang, untuk memastikan apakah suster atau babysitter melakukan pekerjaannya dengan benar, para orangtua memasang kamera cctv. Namun, ada cara untuk mengenali pengasuh yang buruk tanpa harus memata-matainya. Perhatikan tanda-tanda berikut ini:

1. Anak tampak takut dan cemas

Terkadang anak butuh penyesuaian untuk membiasakan diri dengan pangasuh baru. Mereka mungkin menangis, cemberut, atau mengamuk pada awalnya. Ini normal. Tapi jika anak terlihat sering menghindar dan menarik diri dari pengasuhnya bahkan setelah beberapa lama, maka Bunda harus waspada. Kenali juga ciri-ciri pengasuh yang melakukan kekerasan terhadap anak berikut ini: Anak Mengalami Kekerasan Oleh Pengasuh? Kenali Tanda-tandanya

2. Pengasuh tampak tertutup terhadap rutinitas sehari-hari

Bagaimana anak Anda dan pengasuhnya menghabiskan waktu sehari-hari seharusnya tidak menjadi rahasia. Ketika pulang ke rumah, Anda tentunya ingin mendengar tentang kegiatan si kecil di hari itu.Jika pengasuh tidak terbuka atau terkesan menyembunyikan sesuatu, bisa jadi ia melakukan hal-hal yang tidak seharusnya ia lakukan ketika bersama anak Anda.

3. Anak terlalu sering mengalami kecelakaan kecil yang harusnya bisa dihindari

Tugas pengasuh adalah menjaga dan mengawasi gerak-gerik anak, dan tahu apa yang sedang dilakukan anak untuk mencegah kecelakaan. Jika anak sering cedera, bisa jadi pengasuh sering meninggalkan anak bermain tanpa pengawasan.

4. Pengasuh tidak melakukan permintaan Anda

Anda dan pengasuh bekerjasama dalam merawat anak, sehingga pengasuh tidak seharusnya bertindak seolah-olah ia tahu lebih banyak tentang cara membesarkan anak dan mengabaikan saran Anda.

5. Pengasuh sering mengkritik cara parenting Anda
Sekali lagi, mengasuh anak adalah kerja tim. Memang kita harus bisa menerima saran-saran yang konstruktif dari pengasuh, terutama karena ia menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak kita.Namun jika Anda dan pengasuh sering tidak sepakat, terutama untuk masalah-masalah dasar seperti nutrisi, tidur, dan keselamatan, kerja tim akan sulit dilakukan.

6. Sering terlambat
Keterlambatan atau ketidakhadiran adalah salahsatu tanda orang tidak berkomitmen terhadap pekerjaannya. Selain itu bisa jadi pertanda ia juga tidak dapat diandalkan dalam hal-hal lain.

7. Anak terlalu sering kotor dan berantakan
Anak-anak memang akan kotor dan berantakan jika sedang bermain. Tetapi jika anak sering terlihat secara konsisten memiliki tangan yang kotor bekas makanan di pagi hari sampai sore, atau popoknya selalu kotor ketika Anda pula, ini bisa menjadi masalah. Jika pengasuh si kecil tidak dapat mengurus hal-hal dasar, bisa menjadi tanda ia tidak sungguh-sungguh dalam memenuhi kebutuhan anak.

8. Ceritanya sering tidak cocok
Jangan pernah mentolerir orang yang suka mencuri, berbohong, atau menipu Anda dengan cara apapun. Anda harus mempercayai pengasuh 100% untuk bisa mempekerjakannya.

9. Anak sering terlihat lapar dan lelah
Saat pulang ke rumah dan melihat anak Anda makan seperti sangat kelaparan atau terlalu lelah sampai tak bisa membuka mata, waspadai hal ini. Pengasuh mungkin saja tidak mengikuti waktu makan atau tidur siang yang seharusnya.

10. Ada perasaan tak enak
Dalam kondisi ragu, percaya saja pada insting Anda sebagai orangtua. Seringkali intuisi orangtua tepat sasaran, jadi jika Anda merasa si pengasuh tidak baik, cari saja orang lain.

Yang pasti percayakan menitipkan sementara anak anak anda dalam pengawasan keluarga  yang benar benar anda percaya dan ketahui sifatnya , atau kepada orang yang benar benar bekerja untuk mengasuh dan sesuai dengan tips diatas.

Ingat untuk  selalu waspada dan jangan lalai menitipkan anak anda pada orang yang salah.
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Tips Aman Memilih Pengasuh Bayi
Tips Aman Memilih Pengasuh Bayi
https://1.bp.blogspot.com/-DK5FaoXcVzU/Wfce-hFghnI/AAAAAAAACkM/XEMJDRn7ITwFkbSVwlhqY1gk2N8xLlQ_wCLcBGAs/s200/images.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DK5FaoXcVzU/Wfce-hFghnI/AAAAAAAACkM/XEMJDRn7ITwFkbSVwlhqY1gk2N8xLlQ_wCLcBGAs/s72-c/images.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/10/tips-aman-memilih-pengasuh-bayi.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/10/tips-aman-memilih-pengasuh-bayi.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content