$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Curat Terhadap Alat Berat

Curat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana  memiliki pengertian pencurian dengan pemberatan atau Pencurian Khusus atau Pencurian dengan Kualifikasi (gequalificeerde deifstal) diatur dalam KUHP pasal 363. Yang dimaksud dengan pencurian dengan pemberatan adalah pencurian biasa yang dalam pelaksanaannya disertai oleh keadaan tertentu yang memberatkan. Pasal 363 KUHP berbunyi :
(1) Diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun:
1e.    pencurian hewan
2e.  pencurian pada waktu kebakaran, letusan, kebanjiran, gempa bumi, atau gempa laut, letusan gunung berapi, kapal selam, kapal terdampar, kecelakaan kereta api, huru-hara, pemberontakan atau kesengsaraan di masa perang
3e.  pencurian pada waktu malam dalam sebuah rumah atau pekarangan yang tertutup yang ada rumahnya, dilakukan oleh orang yang ada di situ tiada dengan setahunya atau bertentangan dengan kemauannya orang yang berhak (yang punya)
4e.    pencurian dilakukan oleh dua orang bersama-sama atau lebih
5e.  pencurian yang dilakukan oleh tersalah dengan masuk ke tempat kejahatan itu atau dapat mencapai barang untuk diambilnya, dengan jalan membongkar, memecah atau memanjat atau dengan jalan memakai kunci palsu, perintah palsu atau pakaian jabatan palsu
(2) Jika pencurian yang diterangkan dalam No.3 disertai dengan salah satu hal yang tersebut dalam No.4 dan 5, dijatuhkan hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun

Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali. Pemanfaatan alat berat telah dilakukan sejak aman Romawi. Vitruvius dalam bukunya De architectura tercatat menggunakan derek sederhana. (id.wikipedia.org).

Anggota Unit Reskrim Polsek Muara Jawa di TKP Curat

Pencurian terhadap alat berat merupakan sesuatu yang kerap terjadi di Indonesia, terutama terhadap komponen alat berat tersebut. Seperti yang terjadi di Kelurahan Muara Kembang, Kecamatan Muara Jawa. unit reserse kriminal Kepolisian Sektor Muara Jawa berhasil mengamankan dua orang pelaku.
"Untuk pelaku sementara sudah 2 orang kita amankan, dan pelaku yang lain masih dalam pengejaran Tim Reskrim Polsek Muara Jawa," terang Kapolres Kukar melalui Kapolsek Muara Jawa AKP Triyanto, SIK yang merupakan perwira lulusan Akpol tahun 2006 Detasemen 38 Setia.
Diungkapkan Triyanto, tersangka berinisial DS ditangkap dirumahnya beberapa saat setelah petugas Polsek Muara Jawa mendapatkan laporan pencurian tersebut.
"Kronologis penangkapan sendiri berawal dari laporan pencurian alat berat yang diterima anggota yang kemudian bergerak cepat mendatangi TKP, dan memeriksa saksi-saksi," ujar Triyanto.
Hasil penyelidikan mengarah ke rumah pelaku, DS pun berhasil ditangkap beserta barang bukti lainnya yang berada didalam rumahnya.
"Hasil pengembangan dari pelaku DS, anggota unit Reskrim juga berhasil meringkus pelaku lainnya yakni SY di rumah kontrakannya, di daerah Bentuas Kelurahan Palaran, Samarinda," beber Triyanto.
Dari hasil interogasi yang dilakukan petugas, diketahui pelaku baru pertama kali melakukan pencurian komponen alat berat tersebut di Muara Jawa.
"Akibat tindakan kejahatan yang dilakukan para pelaku, pihak perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp 211,8 juta," sebutnya.
Saat ini, kata Triyanto, para tersangka telah diamankan di Polsek Muara Jawa untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. "Bersama para tersangka turut diamankan barang bukti beberapa buah kunci yang digunakan untuk melakukan pencurian," demikian jelasnya
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Curat Terhadap Alat Berat
Curat Terhadap Alat Berat
https://1.bp.blogspot.com/-yhFLbEOr5D4/WhENTXxpz3I/AAAAAAAAFwQ/_TieejFDZ4YQUZzoK-nhi_iaH3CZ4-gpACEwYBhgL/s320/curat.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-yhFLbEOr5D4/WhENTXxpz3I/AAAAAAAAFwQ/_TieejFDZ4YQUZzoK-nhi_iaH3CZ4-gpACEwYBhgL/s72-c/curat.jpeg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/11/curat-terhadap-alat-berat.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/11/curat-terhadap-alat-berat.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content