$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Karakteristik Pemimpin


Pemimpin Atau Penunggu Perintah ?

Seorang pemimpin sadar bahwa dirinya merupakan penjuru, motor penggerak sekaligus inspirator yang mengetahui peran dan fungsi kepemimpinan. Sang pemimpin memiliki visi dalam menjabarkan apa yang menjadi kebijakkan dan memahami tujuannya, bukan sebatas cara-caranya. Apa yang dilakukan sang pemimpin bukanlah dilihat dari gebyar-gebyar penampilanya melainkan dari kepiawaianya mewujudkan visi atau mimpinya menjadi kenyataan. Apa yg dilihat dan dinilai keberhasilan bagi sang pemimpin adalah bagaimana mampu belajar dan memperbaiki kesalahan di masa lalu. Siap di masa kini dan dari kemampuanya menyiapkan masa depan yang lebih baik. Sang pemimpin bukanlah matahari namun sejatinya justru mejadi bulan. Rendah hati tidak narsis demi kepentingan pribadinya melainkan menerangi dalam kegelapan. Menjadi ikon inspirasi bagi yang haus atau membutuhkan dukungan bantuan dan pelayananya. Pemimpin yang narsis egois menonjol- nonjolkan dirinya sebenarnya sebatas pemimpin yang berdasarkan perintah atau pemimpin penunggu perintah. Hebat hanya sebatas materinya keduniawianya sedang sisi humanis dan kemanfaatnya mungkin hanya segelintir orang saja menikmati yang tergolong nyantrik dan kroninya saja. Nah apalagi dilihat dari kerelaan dan keberanianya berkorban mungkin saja nilainya minus karena semua pendekatanya uang atau pamrih materiil semata. Apa yang dikerjakan mungkin saja sebatas ndoronya senang persetan rakyat susah atau efek kebijakanya bikin pusing kelilingpun tetap dihajarnya.  

Pemimpin  tidak menunggu perintah adalah pemimpin sejati yang belajar panjang yang memang menunjukkan ciri-ciri dari indikator pemimpin. Pemimpin memiliki keunggulan dan mampu mejadi ikon terutama yang dapat dikategorilan dalam otak otot dan hati nuraninya. Pemimpin-pemimpin sepeti ini memang sering dikalahkan pemimpin cantrik atau sebatas penunggu perintah, tatkala birokrasinya patrimonial dan lebih mengutamakan pendekatan-pendekatan personal. Para pemimpin yang dikarbit biasanya akan menjadi kutu loncat pengejar jabatan-jabatan yang dianggap basah. Menuntut mengharap dan sebatas mencari keseanangan dan menyenang-nyenangkan diri dan kroni serta ndoro-ndoronya. 

Bagai air dan minyak antara pemimpin karbitan hutang budi dengan pemimpin yang menjadi ikon dan inspiratif baik dari pemikiranya, mimpinya kompetensinya sampai sisi kemanusiaanya. Pemimpin penunggu perintah mungkin kelas kerupuk yang gampang melempem atau mengempis ketika disiram air. Merasa dirinya paling dari paling benar sampai paling ngawur semua dihajarnya. Parahnya lagi kesalahan-kesalahan ketidak jujuran dan bahkan ketololan-ketoloannya malah ikut dibangga-banggakanya.

Pemimpin Itu Menghidupkan

Pemimpin selain menjadi penjuru dan inspirator tugas utamanya adalah menghidupkan. Segala sesuatu yang di bawahnya akan menjadi hidup tumbuh dan berkembang. Memberi kehidupan bukanlah bagi-bagi uang bukan pula menjadi debt collector atau menjadi koordinator berbagai penyimpangan. Tatkala pemimpin permisive dengan penyimpangan sebenarnya menunjukkan kelemahanya. Tatkala pemimpin melakukan penyimpangan bahkan memimpinya sekaligus ini sebenarnya gejala kehancuran. Pemimpin menjadi batu penjuru memang bukan malaikat yang tanpa dosa melainkan sumber kewarasan. Bagaimana jadinya ketika sumber warasnya justru menjadi sumber kegilaan. Bagaimana membangun peradaban ketika sang pemimpin justru melakukan kebiadaban? 

Sang pemimpin dapat menjadi sumber kehidupan sekaligus kematian. Dari berbagai kajian kehancuran suatu bangsa tatkala pemimpinya lemah tatkala pemimpinya tidak mampu memberi kehidupan. Dan kematian suatu bangsa tatkala pemimpinya justru mejadi panglima korupsi kolusi dan nepotisme. 

Pemimpin yang menghidupkan inilah pemimpin yang  sebenarnya atau yang sejati. Hidup tumbuh dan berkembang akan terjadi tatkala ada : 
  1. Kewarasan atau sehat jasmani dan rohani  instutusi beserta para punggawa serta tata kelolanya . Di era digital tentu didukung dengan IT. 
  2. Ada spirit memperbaiki kesalahan, keberanian mewujudkan mimpi-mimpi kewarasan dan menjadi keunggulan. 
  3. Penggunaan sumber daya bukan untuk penjarahan atau rayahan atau bancakkan melainkan untuk siap di masa kini dan mampu menyiapkan masa deoan yang lebh baik. 
  4. Ada budaya malu. Core value yang dianut adalah yang ideal atau setidaknya yg normatif. Yang tidak jujur, manipulatif, kroniisme dan berbagai konspirasi jahat akan mejadi sesuatu yang memuakkan menjijikkan dan memalukan.
  5. Sadar dan bertanggung jawab atas amanah dan kepercayaan yang diberikan sehingga senantiasa kreatif dan inovatif membangun sistem-sistem yang prima.
  6. Passion mencintai dan bangga akan pekerjaan menjadi suatu gairah memajukkan memberdayakan meningkatkan kualitas dan pembangunan. 
  7. Ada semangat saling memberdayakan saling menguatkan saling membantu dan tidak berebut sumber daya dengan cara-cara ilegal dan irasional. 
  8. Spirit membangun integritas yang berbasis komitnen kompetensi dan keunggulan. 

setidaknya 8 point di atas mejadi acuan dan refleksi dari sang pemimpin dan kepemimpinanya yang hidup dan memberi kehidupan. Waras sadar bertanggung jawab dan disiplin inilah passion sang pemimpin untuk melayani bukan dilayani


Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Karakteristik Pemimpin
Karakteristik Pemimpin
https://3.bp.blogspot.com/-qqM2NSMwZr8/WhrcUrNoyWI/AAAAAAAAGBg/-FBDvBw_x6Uy3Jd7cX4w1eHarRWuD7GDwCLcBGAs/s1600/Brigjen-Crisnanda-Dwi-Laksana-2.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-qqM2NSMwZr8/WhrcUrNoyWI/AAAAAAAAGBg/-FBDvBw_x6Uy3Jd7cX4w1eHarRWuD7GDwCLcBGAs/s72-c/Brigjen-Crisnanda-Dwi-Laksana-2.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/11/karakteristik-pemimpin.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/11/karakteristik-pemimpin.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content