$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Leadership Success Profile (LSP)


AKP Galih Wisnu Pradipta, S.IK., M.Si

Leadership Success Profile atau biasa disingkat LSP adalah sebuah kerangka yang dikembangkan oleh Victoria University dan digunakan oleh Lembaga Pemerintahan di NZ yang merupakan Lembaga Pelayan Masyarakat (public servant) dan sukses menjadikan pemerintahan NZ sebuah pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, serta memiliki indeks penilaian yang tinggi dibanding negara - negara lain di dunia. New Zealand telah menetapkan jargon LSP ini dalam setiap sendi agencies pelayanan publik mereka, apa yang dicari mereka adalah bibit - bibit pemimpin yang dapat bekerja dalam sebuah grup pemimpin yang dapat memimpin organisasinya dan bekerja sama dengan pemimpin organisasi pemerintahan lain untuk membangun New Zealand dan berdampak kepada seluruh bagian sektor pemerintah New Zealand.
LSP telah dirancang sedemikian rupa menjadi sebuah hal yang inklusif diantara kepemimpinan di New Zealand, bermetafora melalui sebuah desain kompas ‘true north’ guides yang mengacu kepada konsumen atau masyarakat sebagai acuan utamanya. Pada akhirnya tujuannya adalah kepada masyarakat itu sendiri yang menggunakan pelayanan daripada organisasi pelayan publik yang ada, setiap harinya bagi New Zealander (sebutan bagi masyarakat New Zealand). Setiap aspek yang terdapat di kompas harus berorientasi dan seimbang untuk mendapatkan sebuah hasil berupa strategi, hal yang akan dicapai, dan orang itu sendiri sebagai sebuah subjek. Di bagian luar LSP adalah sebuah ring, yang merupakan pedoman. Sedangkan yang berada di tengah adalah pemimpin itu sendiri, yang karakternya dijelaskan melalui atribut mereka. Sebuah kepemimpinan seseorang akan terlihat berbeda berdasarkan kepribadiannya dan lingkungan sekitarnya (peran, pengalaman, kebudayaan, gender, maupun umur). Namun setiap pemimpin harus menguasai atribut dasar tersebut yaitu :
1. Honest and courageous (Jujur dan berani)
2. Curious (memiliki rasa ingin tahu)
3. Self Aware and Agile (tangkas dan mawas diri)
4. Resilient (fleksibel)


LSP sebelumnya telah digunakan sebagai sebuah titik poin melihat bahwa strategi dan
penyampaian adalah aspek kunci didalam profil tersebut. Manajemen pengembangan bakat
anggota dan aspek sistem kepemimpinan adalah baru dan merefleksikan permintaan mengenai
dasar kepemimpinan yang ada.
Aspek inti dari kerangka tersebut ditranslasikan melalui ‘pipa’ kepemimpinan dan area fungsional
maupun profesional.

Key Leadership Question (1) :
Where are we going? And how do we get there?
Kemana arah tujuan kita dan bagaimana kita menuju kesana?
Leadership sebagai sebuah strategi, kamu akan menempatkan tim, organisasi dan sektor untuk dibentuk, ditetapkan, serta untuk merespons masa depan. Menjadi sebuah kebijakan, anda bekerja secara efektif dengan orang lain untuk mengetahui bagaimana masa depan organisasi nantinya dan bagaimana mencapainya.
Kapabilitasnya ada tiga sebagaimana tersebut di bagan diatas.

Key Leadership Question (2) :
How do we together build for a better Indonesia?
Bagaimana kita membangun Indonesia bersama - sama?
Kepemimpinan yang membangun secara keberlanjutan, resilian, dan saling berkaitan. Anda memastikan kapabilitas, aset dan inisiatif yang dibangun di masa mendatang melalui pemikiran public sector system. Anda mengetahui kapan dan bagaimana menggunakan sebuah hubungan, ICT, keuangan, menyediakan market dan mengungkit tuas di masyarakat. mengatur tensi sebuah hubungan dan anda membuat sebuah keputusan yang baik pada sebuah sistem dalam jangka waktu yang lama.
Kapabilitasnya ada tiga sebagaimana tersebut di bagan diatas.

Key Leadership Question (3) :
How will we turn what we know into what we do
Bagaimana kita merubah apa yang kita tahu menjadi apa yang kita lakukan?
Kepemimpinan yang menghantarkan sebuah hasil. Anda memastikan sebuah hal berjalan dengan menerjemahkan strategi yang ada menjadi sebuah tindakan. Anda fokus untuk menyelesaikan pekerjaan, melalui dan bersama orang atau organisasi lain - tahu kapan harus mengambil keputusan kunci yang harus kamu buat, kapan harus mempengaruhi, dan bekerja sama, serta kapan harus mendelegasikannya. Kamu membuat tim yang kuat yang mengantarkan sebuah hasil.
Kapabilitasnya ada tiga sebagaimana terdapat dalam bagan diatas.

Key Leadership Question (4) :
How am i buiding talent for the future - for my agency and others?
Bagaimana saya membangun sebuah talenta untuk masa depan - untuk organisasi saya
dan yang lain. Kepemimpinan yang membangun kapabilitas seseorang. Anda menarik, menahan, dan
mengembangkan individu - individu dengan sikap, kemampuan, dan potensi untuk mencapai hasil - untuk hari ini maupun besok. Anda menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mengetahui apa yang orang butuhkan untuk mencapai hasil dan bagaimana mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya.

Mengapa kita harus memiliki kemampuan kepemimpinan dalam mengembangkan
personel kita?


  • Kita membutuhkan orang - orang hebat yang dapat ditempatkan sekarang maupun nantinya demi masa depan, sehingga pemerintah dapat menentukan prioritas kebijakannya da membuat Indonesia menjadi lebih maju.
  • Banyaknya pilihan secara besar dan mendalam bagi orang dengan kemampuan dan kedalaman skill, dan pengalaman untuk mengisi peran penting dan posisi kunci.
  • Meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi untuk merespons kebutuhan sebagai seorang pelayan publik.
  • Meningkatkan keberagaman pilihan pemimpin kita agar pelayan publik dapat selalu merefleksikan komunitas yang kita layani
  •  Orang pasti ingin disupport agar lebih sukses dalam pekerjaan dan karir mereka
  •  Kita membutuhkan data yang akurat mengenai calon - calon pemimpin masa depan

LSP juga merupakan sebuah indikator penilaian terhadap diri kita sendiri melalui indikator kinerja
yang terdapat dalam website LSP berikut ini https://mylsp.ssc.govt.nz/start
Anda bisa mengukur kapabilitas kepemimpinan anda melalui website ini, bangun karakter
kepemimpinan anda untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Leadership Success Profile (LSP)
Leadership Success Profile (LSP)
https://2.bp.blogspot.com/-QB1fsP-TvOs/WhWtAaWyI9I/AAAAAAAAF6M/XsqqGjhkc7wAMq7mxIyTVJFBMFQLeNcDACEwYBhgL/s320/IMG-20171122-WA0063.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-QB1fsP-TvOs/WhWtAaWyI9I/AAAAAAAAF6M/XsqqGjhkc7wAMq7mxIyTVJFBMFQLeNcDACEwYBhgL/s72-c/IMG-20171122-WA0063.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2017/11/leadership-success-profile-lsp.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2017/11/leadership-success-profile-lsp.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content