$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kisah Bhayangkara Setia Dalam Misi Perdamaian Dunia

AKP Agung Pranajaya, SIK
AKPOL 2006 / 38 SETIA
SATGAS GARBHA II FPU 9
DARFUR, SUDAN


Kepolisian Negara Republik Indonesia mengirimkan personel-personel terbaiknya yang tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara (Garbha) II Formed Police Unit (FPU) Indonesia 9 menggantikan Satgas Garbha II FPU Indonesia 8. Salah satu personelnya adalah AKP Agung Pranajaya, SIK.  Perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 ini berbagi sedikit kisah perjalanan tugas selama di Sudan. 


 Penjagaan Area Of Responsibility (AOR) sebagai salah satu misi yang dijalankan Pasukan FPU.

Formed Police Unit (FPU) adalah sebuah satuan tugas yang terdiri dari 140 personel polisi berseragam yang memiliki keterampilan khusus kepolisian, seperti dalam pengendalian massa, menggunakan persenjataan dengan dibekali teknik dan taktik pertempuran kota, pembebasan sandera, serta mampu mengatasi gangguan keamanan bersenjata dalam tingkat intensitas resiko yang tinggi, dan mampu bergerak dengan cepat di dalam lingkup area penugasan misi perdamaian PBB.

Kontingen Garba II, dilepas secara langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam sebuah apel pemberangkatan di halaman Gedung Baharkam, Mabes Polri, Jakarta, pada Januari lalu. Mereka ditugaskan dalam misi pemeliharaan perdamaian di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Uni Afrika dalam misi UNAMID (United Nations African Mission In Darfur) di Darfur, SudanDalam amanat bapak kapolri yang akan selalu kami pegang yaitu "jaga nama baik institusi polri dan bangsa indonesia serta jaga selalu soliditas." pesan Kapolri kepada pasukan.

Konflik di Darfur sendiri meletus pada tahun 2003, yang menyebabkan ribuan manusia terpaksa mengungsi di IDP (Internally Displaced Persons) camps, dan sekitar ribuan orang terbunuh akibat konflik berkepanjangan yang melibatkan faksi-faksi pemberontak yang melawan pemerintah Sudan.

Personel yang tergabung dalam Satgas Garbha II FPU Indonesia 9 ini melaksanakan tugas-tugas taktis seperti patroli, pengawalan, monitoring, perlindungan terhadap aset PBB dan masyarakat, serta membuat jalinan hubungan silaturahmi yg baik kepada penduduk lokal setempat.
Silaturahmi kepada tokoh Masyarakat Syeh Ibrahim, salah tokoh ulama besar di Sudan dan pemilik pondok pesantren

Salah satu bentuk apresiasi kepada penduduk setempat diadakan kegiatan kegiatan sosial dan bantuan kepada masyarakat setempat, salah satu tempat yang pernah kita kunjungi dan kita berikan bantuan adalah Pondok Tahhfiz Al Quran di El Fasher pada bulan februari silam. "Piihatin kita melihat mereka para santri disini mereka tidur hanya beralaskan tikar dan pelepah daun, sebagian mereka tidak menggunakan alas kaki ,pakaian yg mereka kenakan lusuh,  kayu mereka jadikan buku dan arang mereka jadikan alat tulisnya walaupun dalam keadaan sulit dan serba sederhana baik tempat maupun fasilitas akan tetapi mereka semangat dan sungguh sungguh untuk belajar dan menghafalkan Al Quran apabila mereka mulai melantunkan ayat-ayat Al- Quran, Subhanaallah terharu kita mendengarnya"  ujar AKP Agung Pranajaya SIK. Jabatan yang keseharian diemban sebagai Danton Alpha Fpu 9 sekaligus ketua DKM Masjid At Taqwa Garuda Camp Unamid Headquarter. "Selain memberikan dan menyalurkan bantuan dan, kita juga memberikan bantuan seperti alat tulis, pakaian gamis dan tikar, kita harus banyak bersyukur kepada allah menjadi orang indonesia dan tinggal di indonesia atas curahan nikmat yang besar dari allah kepada kita bangsa indonesia, jauh sekali dengan keadaan saudara saudara kita yang ada disini " tambahnya.

Silaturahmi dan sekaligus memberikan bantuan kepada Pondok Tahfiz Al Quran di Al Pasher, Sudan.

"Tidak semua anggota polri mendapat ke sempat seperti ini,  jadi kesempatan yang sudah di berikan oleh negara kepada kita harus kita jalankan dengan penuh kesungguhan, amanah dan ikhlas" ungkap AKP Agung.

Bersama dengan santri pondok Tahfiz Al Quran. Sebagian santri yang ada di pondok pesantren adalah anak yatim dan anak yang terlantar.

Menurut pengakuan AKP Agung Pranajaya, SIK, pasukan FPU Indonesia mendapatkan perlakuan yang yang akrab dari  penduduk setempat dan secara kasat mata pun sangat terlihat keakraban itu contoh kecil sapaan penduduk sudan apabila berjumpa dengan kontingen Indonesia mereka akan mengucapkan indonesia  "TAMAM" yang artinya Indonesia baik, terlebih lagi anak anak kecil di zone C area tempat kita patroli mereka bisa berbahasa indonesia walaupun hanya ucapan sapaan seperti "abang apa kabar,  selamat pagi, dan Garuda" dan ada juga yang bisa menyanyikan lagu lagu indonesia .

Indonesis "TAMAM", bertenu dengan anak-anak di lokasi pengungsian sebagai salah satu bentuk kegiatan Bakti sosial

Bagi perwira yang terakhir menjabat Wakaden Gegana Satuan Brimob Polda maluku ini, cuaca dingin di Sudan yang mencapai 3° C dan cuaca panas mencapai 51 derajat  C merupakan tantangan tersendiri buatnya, karena harus bersusah payah untuk beradaptasi. Namun hal itu tidak menjadi halangan untuk kami memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara

Dijelaskannya, tugas tugas yang diemban Satgas Garbha II FPU Indonesia 9 di Sudan antara lain adalah memberikan dukungan kepada Individual Police Officer PBB untuk melaksanakan program-programnya, memberikan perlindungan kepada personel PBB, termasuk fasilitas, instansi, perlengkapan, serta memberikan keamanan untuk pergerakan staf PBB dan pekerja kemanusiaan Internasional. Juga memberikan perlindungan kepada komunitas sipil yang rentan terhadap ancaman tindak kekerasan dengan melakukan patroli “Confidence Building "serta tugas-tugas kepolisian lain seperti patroli ,pengendalian massa (riot control ) dan pengawalan VIP/VVIP.
Bersama dengan Bapak Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritria  Bapak Drs. H. Budrahuddin Badruzaman, saat kunjungan ke camp pengungsi lokal. Salah satu bagian tugas pengawalan VIP / VVIP

Selama menjalankan tugas di Sudan, pasukan FPU 9 mendapat kunjungan sekaligus supervisi bapak Kadiv Hubinter yang pada saat itu dijabat oleh  Irjend Pol HS Maltha. "Seberat apapun tugas kita, di manapun kita berada tingkatkan terus ketakwaan kita kepada Allah SWT jangan pernah lupa untuk melaksanakan ibadah karna tidak kekuatan yang lebih dari kekuatan Allah SWT " pesan dari Irjend pol MS Malta kepada pasukan FPU 9.

“Semoga apa yang telah kami lakukan yang didasari niatan mulia kami dalam menjalankan misi  memelihara perdamaian dunia sebagai peacekeeper dapat kami dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dan semoga Allah SWT meridhoi apa yang telah kami perbuat serta harapan kami  mendapatkan berkah dari Nya" tutup AkP Agung Pranajaya, SIK. 
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kisah Bhayangkara Setia Dalam Misi Perdamaian Dunia
Kisah Bhayangkara Setia Dalam Misi Perdamaian Dunia
https://2.bp.blogspot.com/-GUfbDQvws44/WnagQe4b-sI/AAAAAAAAKOY/bwfgXFptJJMqj5T0Wlp6Od7Pv-RX-MXVgCLcBGAs/s200/38%2BAgung%2BPranajaya%2B20180204_125414.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-GUfbDQvws44/WnagQe4b-sI/AAAAAAAAKOY/bwfgXFptJJMqj5T0Wlp6Od7Pv-RX-MXVgCLcBGAs/s72-c/38%2BAgung%2BPranajaya%2B20180204_125414.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2018/02/kisah-bhayangkara-setia-dalam-misi.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2018/02/kisah-bhayangkara-setia-dalam-misi.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content