$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Salam Jemkok : Identitas Pemersatu 38



Identitas Pemersatu 38

Kita sering mendengar kata identitas, bahkan sebagai seorang anggota kepolisian, kita sering kali menanyakan identitas seseorang, namun apa itu sebenarnya yang dinamakan identitas. Identitas umumnya dimengerti sebagai suatu kesadaran akan kesatuan dan kesinambungan pribadi, suatu kesatuan unik dari diri seseorang atau sebuah kelompok yang memelihara kesinambungan arti masa lampaunya sendiri atau kelompok itu  bagi diri sendiri dan orang lain; kesatuan dan kesinambungan yang mengintegrasikan semua gambaran diri, baik yang diterima dari orang lain maupun yang diimajinasikan sendiri tentang apa dan siapa dirinya serta apa yang dapat dibuatnya dalam hubungan dengan diri sendiri dan orang lain.

Identitas diri seseorang juga dapat dipahami sebagai keseluruhan ciri-ciri fisik, disposisi yang dianut dan diyakininya serta daya-daya kemampuan yang dimilikinya. Kesemuanya merupakan kekhasan yang membedakan orang tersebut dari orang lain dan sekaligus merupakan integrasi tahap-tahap perkembangan yang telah dilalui sebelumnya.

Fromm (1947), menyatakan bahwa Identitas diri dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan dari identitas sosial seseorang dalam konteks komunitasnya. Selain mahkluk individual yang membangun identitas dirinya berdasarkan konsep atau gambaran dan cita-cita diri ideal yang secara sadar dan bebas dipilih, manusia sekaligus juga mahkluk sosial yang dalam membangun identitas dirinya tidak dapat melepaskan diri dari norma yang mengikat semua warga masyarakat tempat ia hidup dan peran sosial yang diembannya dalam masyarakat tersebut.



Masyarakat yang ada di Indonesia terdiri dari berbagai macam,  suku, ras, agama serta bahasa yang berbeda-beda. Namun dalam perbedaan itu ada satu kelompok yang menyatukan dirinya dalam sebuah kelompok yang terbentuk pada tahun 2003. Sebuah kelompok anak muda pada masa itu yang berkumpul dalam suatu tempat di sebuah akademi yang diinginkan oleh ratusan ribu anak muda Indonesia untuk berada di dalamnya. Akademi Kepolisian, di sanalah mereka berkumpul, anak- anak muda laki-laki dan perempuan terbaik dari hasil seleksi yang ketat bergabung dalam suatu kelompok yang kemudian diberi nama Angkatan 38 Setia. Anak- anak muda ini menjalani pendidikan selama 3,5 tahun di Akademi Kepolisian dan berhasil lulus pada tahun 2006 untuk menjadi perwira muda pada masa itu. Kumpulan anak-anak muda yang berasal dari berbagai masyarakat itu kemudian kembali berpisah dan menjalani tugas di seluruh wiayah indonesia bahkan juga di luar negeri. Identitas kelompok yang dibentuk selama 3,5 tahun di Akademi Kepolisian, setelah sekian tahun berdinas dirasakan agak mengendur.

Namun, pada tahun 2018 ini, setelah 12 tahun berdinas di kesatuan masing-masing, kelompok ini kemudian membuat suatu identitas baru bagi kelompoknya yaitu Salam Jempol Bengkok yang dikenal dengan Salam Jemkok. Salam yang ditunjukkan dengan genggaman tangan dan jempol yang dibengkokkan.  Salam yang mempersatukan, mengeratkan dan mengencangkan kembali identitas 38 untuk selamanya saling hormat, saling asah, asih dan asuh sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh Sang Maha Penguasa Waktu.


Salam Jemkok

Salam jemkok saat ini menjadi sebuah gerakan yang fenomenal di angkatan 38 setia. Bagaimana tidak ? dengan wujud Gerakan yang simpel namun unik telah berhasil menyedot  perhatian para “sahabat setia” untuk mempraktekanya.

Salam jemkok yang telah diakui di internal para “sahabat setia”  yang menurut  terbagi dalam 3 bagian utama yaitu :

1. bagian 4 jari (telunjuk, tengah, manis dan kelingking) yang tergenggam memiliki makna yaitu : jari telunjuk dilambangkan sebagai masyarakat dari berbagai elemen atau struktur sosial yang harus diayomi, dilindungi dan dilayani. Jari tengah dilambangkan sebagai keimanan (kar jari yang paling panjang/hal yang  hrs diutamakan), jari manis adalah integritas dan jari kelingking adalah keilmuan.   Sedangkan jari yang tergenggam diartikan 3 hal tersebut (iman, integritas dan ilmu) wajib dimiliki oleh setiap sahabat setia sehingga dapat menjadi sebuah kekuatan besar guna melindungi, mengayomi dan mengayomi masyarakat.

2. Bagian jempol yang bengkok memiliki makna yaitu : jari jempol/ibu jari  adalah simbol dari pemimpin. Sedangkan bengkok artinya kerendahan hati. 

3. Bagian lekukan yang dimulai dari jempol yang membengkok hingga ujung ruas kedua dari jari telunjuk mewakili angka 6 yang mengartikan angkatan  akpol 2006 (38 setia).

Oleh karena itu jika dimaknai secara keseluruhan (komprehensif) bahwa salam jempol bengkok (jemkok) adalah seorang pemimpin dari angkatan 2006 (38 setia) yang memiliki keimanan, integritas dan kelimuan, namun tetap mengedepankan kerendahan hati sebagai sebuah kekuatan besar guna melaksanakan tugas utamanya melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. 



Jayalah Detasemen Tercinta

Angkatan 38 Setia


























































Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Salam Jemkok : Identitas Pemersatu 38
Salam Jemkok : Identitas Pemersatu 38
https://1.bp.blogspot.com/-qLYflmFQr2c/WobEj7Y2sRI/AAAAAAAAK-0/yJtxaCPmUg0BPmypR-ONye0Ynsav5-41wCEwYBhgL/s320/2018-02-16_18.44.51.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qLYflmFQr2c/WobEj7Y2sRI/AAAAAAAAK-0/yJtxaCPmUg0BPmypR-ONye0Ynsav5-41wCEwYBhgL/s72-c/2018-02-16_18.44.51.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2018/02/salam-jemkok-identitas-pemersatu-38.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2018/02/salam-jemkok-identitas-pemersatu-38.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content