$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

PAPUA TANAH DAMAI

KEPADA MEREKA YANG RIBUT UNTUK MENARIK APARAT KEAMANAN DARI NDUGA, SANGGUPKAH KALIAN MENJAMIN KEAMANAN WARGA SIPIL DISANA? ATAU ADA MAKSUD TERTENTU DARI TERIAKAN KALIAN?

Oleh. Johan Efraim Rumbino.

Sengaja tulisan saya kali ini mengangkat pertanyaan yang begitu besar terhadap saudara – saudara saya sesama orang Papua yang mempunyai jabatan dan kewenangan yang tinggi namun memiliki pola pikir yang kerdil, mengapa saya katakan demikian? Dimanakah otak anda ketika situasi keamanan di Nduga yang tidak kondusif akibat ulah OPM sehingga mengundang kehadiran Negara untuk menjamin keamanan setiap warga Negara dianggap sebagai sesuatu yang salah dan mengundang ketakutan bagi masyarakat di Nduga? Sehingga dengan berambisi kalian menuntut agar aparat keamanan ditarik dari Nduga. Mari kita lihat kembali apa yang menyebabkan harus hadirnya aparat keamanan sebagai representasi Negara di Nduga.

Sanggupkah kalian (para penuntut penarikan aparat keamanan) menjamin keamanan warga Negara disana?

Dalam Negara yang berdaulat, masalah keamanan warga Negara menjadi tanggung jawab Negara dalam hal ini aparat keamanan, ketika situasi di kabupaten Nduga bergejolak yang diawali dengan serangan oleh OPM terhadap pesawat yang selama ini membantu masayrakat Nduga, maka kehadiran aparat keamanan diperlukan demi menjalankan perintah undang – undang dalam menjamin keamanan setiap warga, kembali lagi saya tekankan bahwa awal permasalahan di Nduga diawali oleh aksi kejahatan oleh OPM, saya ulangi “diawali oleh aksi kejahatan yang dilakukan oleh OPM!”dengan alasan yang tidak masuk akal yaitu, menolak adanya kegiatan Pilkada yang dianggap sebagai kegiatan yang illegal bagi bangsa Papua, sungguh sebuah alasan yang menurut saya sangat lucu dan tidak masuk akal. Ini Negara Republik Indonesia dan Kab. Nduga pun wilayah kedaulatan Indonesia oleh sebab itu Pilkada di Nduga bahkan di Papua adalah hal yang sah dalam roda pemerintahan, malah sebaliknya aksi OPM lah yang Ilegal dan melanggar hukum di Negara ini.

Bukan sampai disitu saja, aksi kejahatan yang dilakukan OPM lebih sadis lagi ketika membantai 3 warga sipil yang tidak bersalah dengan dalih mereka adalah intelijen Negara, salah satu anak pun menjadi korban dalam aksi tersebut. Dalam hal ini nyawa warga Negara Indonesia telah hilang begitu saja maka Negara wajib hadir dalam melakukan penegakkan hukum, hal inilah yang dilakukan oleh aparat keamanan sebagai representasi Negara di tengah – tengah masyarakat. Ketika kejadian pembantaian terhadap 3 warga sipil terjadi, seluruh tokoh masyarakat di Papua yang sekarang berteriak kencang dengan menuntut ditariknya aparat keamanan dari Nduga menjadi bisu dan tidak ada yang menanggapi masalah pelanggarann HAM tersebut yang telah dilakukan oleh OPM, dimana hati nurani kalian sebagai seorang yang beragama? Apakah mereka yang dibunuh dengan keji oleh OPM ini bukanlah manusia dan umat Tuhan? apakah kalian menganggap bahwa hanya kita orang Papua saja yang manusia dan umat Tuhan? Kalau pemikiran kalian seperti begitu maka pola pikir kalian sangat sempit karena ditutupi oleh ambisi pribadi kalian. 

“Dalam kitab Matius 22 ayat 39 firman Tuhan berkata : Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Mengutip ayat firman Tuhan diatas, saya yakin dan percaya bahwa kalian yang berteriak kencang demi menuntut penarikan aparat keamanan dari Nduga secara tidak langsung ingin menghalangi proses penegakkan Hukum terhadap kasus pelanggaran HAM yang akan dilakukan oleh OPM yang telah dianggap sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),  seandainya ketika permintaan kalian dikabulkan dan aparat keamanan ditarik dari Nduga, maka kalian yang selalu menuntut dengan berteriak ini, apakah sanggup menjamin keamanan bagi masyarakat di Nduga? Apakah kalian dapat menjamin bahwa tidak akan ada lagi masyarakat yang dibantai oleh OPM dengan alasan yang tidak masuk akal?

Lihat saja kejadian yang telah saya sebutkan diatas, kejadian tersebut nyata terjadi walaupun aparat keamanan ada disana. Lalu pernahkan kalian berpikir apa yang akan terjadi ketika aparat keamanan tidak ada? Kalian yang sekarang lagi berteriak kencang menuntut penarikan aparat keamanan adalah saudara saya juga, marilah saya mengajak agar kita semua bisa berpikir rasional dan jangan hanya asal bicara, ibarat pepatah “Tong Kosong Nyaring Bunyinya” kalian adalah orang – orang Papua yang telah terpelajar dan memiliki pola pikiri yang maju, maka mari kita tunjukan bahwa kita orang Papua adalah orang yang beradab dan memiliki rasa kasih yang sangat besar. Jangan kita hanya berteriak menuntut sesuatu yang sudah jelas salah dan menunjukan kebodohan kita karena membela yang salah, apalagi kalian semua yang berteriak hingga sekarang masih memiliki status yang sah sebagai warga Negara Indonesia dan mendapatkan penghidupan dari bangsa dan Negara ini. Jangalah kita menjadi seorang pengecut dan penghianat Negara hanya karena ambisi dan pemikiran yang salah.


“ORANG PAPUA ADALAH ORANG YANG MEMILIKI CINTA, KASIH DAN TOLERANSI YANG SANGAT BESAR. JANGAN RUSAK ITU DENGAN POLA PIKIR YANG SEMPIT”


Jakarta. 15 Juli 2018.
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: PAPUA TANAH DAMAI
PAPUA TANAH DAMAI
https://3.bp.blogspot.com/-jMCcWs19Yqk/W0v1uE4x2tI/AAAAAAAALVg/L1xsoIVz2z4mvOykeXiRTHpQ2aS0tw-zgCEwYBhgL/s400/P_20180330_175814.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jMCcWs19Yqk/W0v1uE4x2tI/AAAAAAAALVg/L1xsoIVz2z4mvOykeXiRTHpQ2aS0tw-zgCEwYBhgL/s72-c/P_20180330_175814.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2018/07/papua-tanah-damai.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2018/07/papua-tanah-damai.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content