$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Perayaan Perdana Hari Jadi SDM POLRI Pada Tanggal 13 Maret 2019




Penulis :
AKP I MADE REDI HARTANA, SH, SIK, MIK
PAUR SUBBAGRENPERS BAGREN
BIRO JIANSTRA SSDM POLRI

Gegap gempita dan sorak sorai terdengar riuh menyelimuti kebahagiaan para personel SDM Polri karena pada tanggal 13 Maret 2019 diperingati sebagai hari jadi SDM Polri, tak hanya itu ucapan selamat dan doa teriring dari seantero personel Polri dari sabang sampai merauke agar SDM Polri tetap terus berprestasi dan inovasi dalam menghadapi segala bentuk dinamika perubahan kehidupan masyarakat nasional maupun internasional. Perlu diketahui bahwa peringatan hari jadi SDM Polri pada hari ini adalah momen yang sangat monumental bagi perjalanan pengemban fungsi SDM Polri karena baru pertama kali dilakukan dalam sejarah Polri ini berdiri. Adapun maksud ditetapkannya hari jadi SDM Polri adalah 1. Dalam rangka pembinaan tradisi dilingkungan SDM Polri, 2. Untuk menumbuhkan rasa kebanggaan personel SDM Polri dan 3. Sebagai upaya dalam meningkat soliditas internal SDM Polri. Adapun tema yang dibuat dalam peringatan HUT SDM Polri T.A. 2019 adalah 68 tahun SDM Polri inspirasi menuju era prestasi dan inovasi.
    Sebagai wujud rasa syukur dan kebanggaan dalam menyambut hari jadi SDM Polri ke 68, keluarga besar SDM Polri telah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan seperti anjangsana/silahturahmi kepada keluarga besar SDM Polri, olahraga bersama, bhakti sosial, donor darah dan berbagai macam perlombaan lainnya. Tentu tujuan dan maksud dari acara itu semua adalah untuk penguatan dan internalisasi Tribrata, Catur Prasetya dan 9 Komitmen SDM Polri dalam melaksanakan tugas pembinaan SDM Polri khususnya dalam rangka penerimaan terpadu anggota Polri T.A. 2019 yang bersih transparan, akuntabel dan humanis.
    Adanya hari jadi SDM Polri saat ini telah mengalami proses panjang dalam penentuannya karena harus kilas balik sejarah berdirinya Djawatan Kepolisian Negara, adapun hasil dari penelusuran sejarah hingga ditentukan hari jadi SDM Polri pada tanggal 13 Maret yaitu diawali dengan melihat surat Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 4/2/28/UM tanggal 13 maret 1951 yang menyebutkan bahwa Djawatan Kepolisian Negara, salah satunya terdiri dari : Bagian Urusan Pegawai.  Dengan terbentuknya bagian tersebut, maka terjadi perubahan mendasar pada fungsi SDM Polri yang sebelumnya tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik dikarenakan masih bergabung dengan pengemban fungsi lainnya (bagian organisasi), akibat kondisi perang kemerdekaan tahun 1945-1949 dan bentuk pemerintahan RIS tahun 1949-1950 dan berubah menjadi bagian organisasi kepolisian yang mandiri dan dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya.
Pemotongan tumpeng oleh AS SDM Kapolri

    Bertepatan dengan tanggal dimaksud pun untuk pertama kalinya Bagian Urusan Pegawai memiliki pimpinan yaitu Komisaris Besar Polisi R. Djen Moch. Soeryopranoto, yang pada saat itu Bagian Urusan Pegawai berkedudukan langsung dibawah Kepala Kepolisian Negara. Dari rangkaian penjelasan diatas yang dapat dinilai valid dengan pendekatan historis mengenai hari jadi SDM Polri maka kemudian ditetapkan secara legalitas dengan dituangkan dalam Keputusan Kapolri nomor : Kep/269/II/2019 tanggal 12 Februari 2019 tentang Hari Jadi Sumber Daya Manusia Polri.
Moment ini adalah waktu yang tepat bagi personel SDM Polri untuk melakukan kontemplasi sejenak guna meningatkan kembali rasa cinta dan kebanggaan menjadi bagian dari personel SDM Polri, karya nyata perlu dibuktikan dengan torehan prestasi dan inovasi yang harus diimplementasikan oleh setiap personel SDM Polri agar eksistensi kinerja baik SDM Polri mendapat legitimasi dari pemerintah maupun masyarakat. Tentu hal tersebut tidak mudah perlu perjuangan dan niatan yang tulus untuk mau berbuat dan berkarya demi kemajuan SDM Polri yang lebih baik lagi.
Pemberian ucapan selamat AS SDM kapolri kepada personel SSDM Polri yang berulang tahun di bulan Maret

Disaat ini dan di masa yang akan datang SDM Polri mempunyai tugas yang cukup berat dalam melakukan pembinaan SDM terutama ketika dihadapkan dengan kehadiran Revolusi Industri 4.0 yang memiliki ciri adanya big data, pemanfaatan teknologi dan penggunaan internet secara masif yang harus disikapi secara serius oleh seluruh personel SDM Polri dengan cara mengubah mind set, culture set dan pola kerja yang efektif dalam setiap lini tugas dan tanggung jawabnya dalam mengemban fungsi pembinaan dan operasional SDM Polri. Karena kehadiran Revolusi Industri 4.0 telah menjadi disrupsi sehingga semua personel SDM Polri harus mau berdamai dengannya melalui peningkatan kompetensi dan profesionalitas dalam bekerja agar segala bentuk perubahan kebijakan dilingkungan SDM Polri yang ditetapkan oleh pimpinan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dapat tepat guna dan tepat sasaran sehingga tercapai tujuan organisasi.
Pengangkatan tumpeng oleh personel SSDM termuda dan tertua

Akhir dari tulisan ini saya mengutip penyampaian dari Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D dalam Rakernis SDM T.A. 2019 Di Makasar yaitu “sumber daya manusia adalah aset utama Polri”, oleh karena itu personel Polri yang melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan SDM harus berkomitmen terhadap diri sendiri dan organisasi untuk senantiasa berbuat yang terbaik agar dapat mengelola SDM Polri dengan baik dan benar guna terwujudnya SDM Polri yang unggul dan kompetitif. (DIP)


Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Perayaan Perdana Hari Jadi SDM POLRI Pada Tanggal 13 Maret 2019
Perayaan Perdana Hari Jadi SDM POLRI Pada Tanggal 13 Maret 2019
https://1.bp.blogspot.com/-2tVe3HyPqF0/XIi6tEv9LBI/AAAAAAAALkQ/GPqvjMNUpksw3Kxnq5PqP2CPofw_ztOqwCLcBGAs/s320/IMG-20190313-WA0065.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2tVe3HyPqF0/XIi6tEv9LBI/AAAAAAAALkQ/GPqvjMNUpksw3Kxnq5PqP2CPofw_ztOqwCLcBGAs/s72-c/IMG-20190313-WA0065.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2019/03/perayaan-perdana-hari-jadi-sdm-polri.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2019/03/perayaan-perdana-hari-jadi-sdm-polri.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content