$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Geliat Operasional Polres Bangka Tengah : Dari Zona WBK Sampai Pengungkapan Berbagai Kejahatan




AKP Andi Purwanto saat jumpa press di Polres Bangka Tengah


Zona WBK / WBBM

Kementerian Pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Kemenpan/RB) pada Tahun 2019 ini mengusulkan Polres Bangka Tengah untuk menyandang Predikat Zona Integritas Wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBK/WBBM). Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo melalui Kabag Ops, AKP Andi Purwanto mengatakan atas diraihnya predikat WBK/WBMM oleh Polres Bangka Tengah tersebut merupakan capaian seluruh personil Polres Bangka Tengah dalam rangka pelayanan publik.

Polres Bangka Tengah yang memiliki slogan ” Polisi mengerti Ready, exist, action ” siap berubah.
“Kami berkomitmen untuk menjadikan polres bangka tengah menjadi wilayah bebas korupsi / WBBM,” ujar Kabag Ops yang merupakan perwira lulusan Akpol tahun 2006.
Satuan kerja yang rentan terjadinya Pungli kami sudah memberikan penjelasan, keterangan, Pamplet, brosur dengan harapan ketika masyarakat membuat SKCK / SIM dapat membaca dan meengetahui alur pembuatan di bidang pelayanan.” AKP Andi menjelaskan.

Untuk praktek percaloan, pimpinan tertinggi sudah sangat tegas akan menindak tegas personil yang melakukan praktik Pungli di bidang pelayanan, tidak ada biaya – biaya lain yang dikeluarkan selain biaya yang diatur oleh perundang-undangan atau aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah di setiap kantor pelayanan sudah jelas kami cantumkan untuk biaya pembuatan SIM, biaya pembuatan SKCK, dan tidak ada pungutan biaya untuk membuat Laporan / pengaduan, ataupun besuk Tahanan.
Seluruh personil Polres Bangka Tengah  berkomitmen untuk menuju perubahan dan pelayanan yang humanis, Polres Bangka Tengah telah menerima beberapa penghargaan dari Kemenpan-RB tahun 2017 dan 2018, sebagai pelayanan kategori Baik, dan survey Mark Plus dengan tingkat kepercayaan terhadap pelayanan publik diatas 90 Persen dan menjadi yang terbaik di jajaran Polres Polda Babel, dan Polres Bangka Tengah membuka sarana masyarakat jangan sungkan dan jangan Takut untuk memberikan informasi apabila ada pelanggaran untuk melaporkan kepada kami di telp : 081273564197.

Pengungkapan Kasus Kejahatan

Aksi pencurian dengan pemberatan pembobolan counter  yang terjadi di wilayah hukum Polres Bangka Tengah berhasil diungkap. Kejadian yang dilakukan oleh ketiga kawanan yang diotaki Arsal tersebut, bermula pada Rabu (25/9/2019) lalu, Arsal datang ke konter handphone milik Alpian untuk mengajukan kredit handphone jenis J2 Prime seharga Rp1,2juta dengan uang muka Rp.500ribu, namun permintaan Arsal untuk memiliki handphone idamannya tersebut tak digubris oleh pemilik counter.  Akibat kesal dan sakit hati tak diberi kredit handphone (Hp), membuat Arsal nekad membobol counter milik Alpian di Desa Penyak Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) pada 30 September 2019. Namun aksi nekad Arsal bersama kedua rekannya Paul dan Ciboy, berakhir di balik jeruji besi Mapolres Bangka Tengah. Modus yang dilakukan  Arsal adalah mengajak kedua rekannya Paul dan Ciboy membobol counter handphone Alpian dengan cara mencongkel pintu bagian belakang dengan menggunakan sebilah linggis.

Hasil kejahatan yang berhasil di sita dari para pelaku curat

Dari aksi kawan tersebut, sejumlah hasil kejahatan berhasil digondol yakni 3 set speaker aktif merek GMC, Polytron dan Sharp, 1 unit radio merek X-Bass beserta kotak, 3 kotak handphone Android masing-masing merk Redmi 7, Samsung A2, Nokia 130, 1 buah kotak senter kepala, 1 buah lampu 12 volt, 1 unit kipas angin kecil merek GMC, kemudian 2 unit changer handphone warna hitam, serta 11 unit handphone anek jenis merek.

Dalam presrilis yang disampaikan Kabag Ops Polres Bateng AKP Andi Purwanto SIK didampingi Kasatreskrim AKP Robby Ansyari SIK di Mapolres, Rabu (13/11) pagi, membenarkan adanya pembekukan ketiga kawanan pelaku curat yakni Paul Ricardo alias Edoy, Sarliandi alias Cibot dan Arsal atas perkembangan laporan dari korban yang counter handphonenya dibobol ketiga pelaku.
Setelah dilakukan pengembangan sekian waktu, hingga akhirnya pada Senin (11/11/2019) malam sekitar pukul 22.00 WIB, anggota Opsnal Polres Bateng mendapatkan informasi bahwa salah seorang pelaku yakni Cibot tengah berada di Belinyu, Bangka dan akhirnya berhasil dibekuk. Kemudian, dari pengembangan selanjutnya pelaku Arsal berhasil dibekuk di Kurau, Kecamatan Koba, Bangka. Terakhir, pelaku Paul dibekuk di Desa Kace, Bangka," jelasnya.

Selanjutnya, karena ketiganya melakukan perlawanan kepada petugas sehingga ketiganya dilumpuhkan dengan masing-masing sebutir timah panas di bagian betis. "Ketiga pelaku berikut sejumlah barang bukti, langsung diamankan ke Mapolres Bateng untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ketiga pelaku diproses dengan UU 363 KUHP, dengan jeratan hukuman 7 tahun kurungan penjara," pungkas AKP Andi.


Polres Bangka Tengah (Bateng)  selama dua bulan terakhir berhasil mengamankan tiga orang tersangka tindak pidana narkotika di beberapa wilayah hukum Bateng yakni dari 1 tersangka dari Kecamatan Koba dan 2 tersangka lainnya dari Kecamatan Sungaiselan.

"Sejak bulan Oktober 2019 hingga memasuki pertengahan November ini, Polres Bateng melalui Satres Narkoba berhasil memproses dua Laporan Polisi (LP) yakni 1 LP dari Kecamatan Koba dan 1 lainnya dari Kecamatan Sungaiselan," ujar Kabag Ops Polres Bateng AKP Andi Purwanto SIK kepada Radar Bangka di Mapolres Bateng, Rabu (13/11) pagi.


Lanjutnya, dari kedua LP narkotika tersebut sebanyak tiga orang tersangka penyalahguna diamankan yakni Elyas Pikal alias Otong, Mulyadi alias Mul dan Ardi.  "Dari para tersangka, sejumlah barang bukti berhasil diamankan narkotika jenis sabu seberat 3,48 gram, 2 unit sepeda motor, 1 unit mobil dan 3 unit handphone," katanya.

Barang bukti narkotika yang berhasil diamanakan.


Menurut pengakuan tersangka kepada petugas, jika narkotika jenis sabu tersebut diperjualbelikan kepada para pekerja tambang inkonvensional di sekitar Kecamatan Koba dan Kecamatan Sungaiselan.
"Ketiga tersangka ini akan dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 114 KUHP ayat (1), pasal 112 ayat (1), pasal 132 Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," pungkas Andi.



Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Geliat Operasional Polres Bangka Tengah : Dari Zona WBK Sampai Pengungkapan Berbagai Kejahatan
Geliat Operasional Polres Bangka Tengah : Dari Zona WBK Sampai Pengungkapan Berbagai Kejahatan
https://1.bp.blogspot.com/-TAneanITmT8/Xc-CLVeIBCI/AAAAAAAAL6A/EsLDYOU7UmoK6uLyVHTn0wa10tkT59Z4QCLcBGAsYHQ/s320/30Sabu.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TAneanITmT8/Xc-CLVeIBCI/AAAAAAAAL6A/EsLDYOU7UmoK6uLyVHTn0wa10tkT59Z4QCLcBGAsYHQ/s72-c/30Sabu.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2019/11/geliat-operasional-polres-bangka-tengah.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2019/11/geliat-operasional-polres-bangka-tengah.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content