$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Polsek Cidadap Ringkus Dua Kelompok Pelaku Curanmor Spesialis Week End dan Modus Check In



AKP Rina Perwitasari saat jumpa press di Polsek Cidadap

Kapolsek Cidadap AKP Rina Perwitasari mengungkapkan keberhasilan satuannya meringkus dua komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor dengan dua modus yang berbeda, satu komplotan dengan modus spesialis beraksi pada akhir pekan (week end) dan satu komplotan lagi dengan modus memanfaatkan kelengahan korban saat menginap di kamar hotel (check in).

Para pelaku curanmor spesialis week end

Komplotan dengan modus week end yang berhasil ditangkap adalah CI alias AP (35), SP (32), dan WA (26). Sebelum beraksi, tersangka CI alias AP, SP, dan WA mengobservasi penghuni rumah yang menjadi target. Setelah mengetahui kebiasaan korban, mereka menyusun rencana dan waktu beraksi.
 AKP Rina Perwitasari, yang merupakan periwira lulusan Akpol tahun 2006 ini mengungkapkan bahwa, para komplotan spesialis week end ini selalu beraksi pada dini hari. Rina mengemukakan, ketiga tersangka memiliki kemampuan sama dalam mencuri motor dalam waktu singkat. Saat beraksi mereka berangkat bersama menggunakan angkutan kota (angkot).
Barang bukti alat yang digunakan oleh para pelaku curanmor modus spesialis week end

"Mereka selalu beraksi dini hari sekitar pukul 04.00 WIB dan akhir pekan. Komplotan ini residivis kasus yang sama. Mereka berkomplot semlama tiga bulan terakhir melakukan aksi pencurian kendaraan roda dua (motor)," kata Rina di Mapolsek Cidadap, Kota Bandung.
“Waktu pencurian di malam hari pada akhir pekan dipilih mereka karena asumsi penghuni rumah lelah setelah bekerja atau sesudah liburan. Hal tersebut membuat penghuni rumah mudah kehilangan fokus dan konsentrasi,” ujar AKP Rina.

Setelah tiba di lokasi sasaran, mereka turun. Selanjutnya, salah seorang tersangka mengeksekusi atau menggasak sepeda motor. Sedangkan dua lainnya mengawasi situasi. "Mereka kerap berganti peran sebagai pemetik dan pengawas situasi," ujar Rina yang pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Majalengka. 

Anggota Unit Reskrim langsung bergerak melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya anggota berhasil menangkap tiga tersangka saat hendak mencuri motor di sebuah rumah di Jalan Ciumbuleuit. "Target operasinya kendaraan yang terparkir di depan rumah. Mereka ditangkap saat tepergok mencuri motor di sebuah rumah di kawasan Ciumbuleuit, akhir pekan lalu," tutur Kapolsek. Berdasakan hasil penyidikan, ungkap Rina, komplotan CI alias AP, SP, dan WA menjual motor hasil curian dengan harga murah sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta perunit. Uang hasil penjualan motor curian digunakan para tersangka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Barang bukti hasil kejatahan para pelaku curanmor modus week end

"Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 ayat (1) 3e, 43, 5e KUHP. Ancaman hukumannya 10 tahun penjara," ungkap Rina. “Pelaku ini berstatus residivis dan sudah bekerjasama selama tiga bulan terakhir melakukan aksi pencurian kendaraan roda dua di wilayah Cidadap, Kota Bandung,” paparnya.


Komplotan lain yang berhasil diringkus menggunakan modus check in dengan memanfaatkan kelengahan korban saat berada dalam kamar hotel. Seorang pria berusia 80, berinisial GH pada suatu malam bermaksud untuk melepas nafsu sesaat dengan memboyong seorang perempuan berinisial A (25). Untuk maksud itu maka GH menyewa kamar  hotel di kawasan jalan Setiabudi. Di sela-sela GH membersihkan diri di kamar hotel. Sang perempuan yang juga di kamar, mengendap-endap perlahan‎. Memeriksa saku celana dan isi tas milik GH dan mendapati kunci mobil ditaruh di meja kamar hotel. Diambilah kunci mobil Ginawan dan A meninggalkan kamar hotel, kabur bersama mobil milik Gunawan dibantu rekan-rekannya. Gunawan yang sudah berumur kemduain terbingung-bingung mencari sang perempuan, dan bertambah kaget manakala mencari kunci mobil tidak ada dan saat diperiksa di tempat parkir mobilnya telah hilang.  GH pun melaporkan kasus itu ke Polsek Cidadap.

Barang bukti mobil hasil kejahatan para pekaku modus check in


"Yang bersangkutan melapor kehilangan mobil setelah membawa seorang perempuan‎ berinisial A di hotel Jalan Setiabudi. Saat check in di hotel tersebut, ketika pelapor sedang mandi kunci mobil dan mobilnya hilang," ujar Kapolsek Cidadap, AKP Rina Perwitasari di kantornya.

Para pelaku curanmor modus check in

Laporan itu diterima dan ditindak lanjuti Unit Reserse Polsek Cidadap. Penyelidikan dilakukan hampir dua pekan. Polisi mengecek CCTV di area hotel dan halaman parkir. "Memang ada seorang perempuan bersama korban baik saat masuk maupun saat si A keluar hotel sendirian," ujar Kapolsek. Dari bukti awal itulah polisi berhasil menangkap A. Ternyata tidak sendirian, A dibantu tiga rekan ‎laki-lakinya, Aj, Ih, dan Ar serta satu rekan perempuanya berinisial Ew. "Tim menangkap rekan A, yakni Aj di wilayah Gempol Setiabudi. Dari penangkapan Aj, dikembangkan hingga diungkap pelaku lainnya termasuk A di Kota Cimahi" kata Rita. ‎Saat ini, kelima orang sudah ditetapkan tersangka kasus pencurian dan ditahan di Mapolsek Cidadap.
Kepada penyidik, para tersangka mengaku sudah menjalankan aksinya dua kali.
"Modus check in ini sudah dilakukan dua kali oleh para tersangka. Mobil Gunawan yang dicuri merek Honda Brio," ujar dia. Kelima komplotan pencurian ini dijerat pasal 363 ayat 4 e KUH Pidana. Ancaman pidana di pasal ini maksimal 10 tahun pidana penjara.

Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Polsek Cidadap Ringkus Dua Kelompok Pelaku Curanmor Spesialis Week End dan Modus Check In
Polsek Cidadap Ringkus Dua Kelompok Pelaku Curanmor Spesialis Week End dan Modus Check In
https://1.bp.blogspot.com/-BkWph-Pb5sM/Xc9nK819rYI/AAAAAAAAL40/S1bialcszigoqubeRZ22TqeWIJEt0yfxACLcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2019-11-16%2Bat%2B11.34.45%2B%25283%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-BkWph-Pb5sM/Xc9nK819rYI/AAAAAAAAL40/S1bialcszigoqubeRZ22TqeWIJEt0yfxACLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-11-16%2Bat%2B11.34.45%2B%25283%2529.jpeg
38 Setia
http://www.38setia.com/2019/11/polsek-cidadap-ringkus-dua-kelompok.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2019/11/polsek-cidadap-ringkus-dua-kelompok.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content