$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K., Kapolsek Penjaga Situasi Kondusif dan Aman di Banyumanik



Banyumanik merupakan salah satu kecamatan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru yang berkembang di kota Semarang. Dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan Banyumanik maka kepolisian menempatkan Polsek Banyumanik sebagai pelaksana fungsi kepolisian di kawasan tersebut. Kapolsek Banyumanik yang saat ini dijabat oleh Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K., perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 ini telah melakukan berbagai upaya dalam melaksanakan tugas pokok Polri diantaranya berupa melakukan upaya preventif kamtibmas dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan penegakan hukum, serta tugas-tugas Polri lain dalam daerah hukumnya. Berikut ini beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Polsek Banyumanik di bawah kepemimpinan Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K.

Melakukan Patroli KRYD Guna Cipta Kondisi Wilayah


Persiapan melakuan suatu kegiatan Kepolisian terlebih dahulu dilakukan apel kesiapan operasi cipta kondisi, yang dipimpin oleh Kapolsek Banyumanik Polrestabes Semarang Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. dan diikuti oleh personil piket Polsek Banyumanik dari semua fungsi.

Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. mengatakan, bahwa apel dan pengarahan diberikan sebelum pelaksanaan kegiatan cipta kondisi (cipkon) yang digelar secara rutin untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Disampaikan oleh Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. mengatakan, “Kepada personil diberikan juknis, juklak dan jukrah dalam pelaksanaan kegiatan agar personil mengetahui sasaran pelaksanaan tugasnya dan tidak ada yang melakukan pelanggaran."

“Gabungan seluruh Personil Polsek Banyumanik dari semua fungsi telah diberikan arahan tentang sasaran pelaksanaan tugas sesuai dengan program tetap (protap) yang telah ditentukan dan diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa adanya gangguan apapun,” pungkas Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K.

Dijelaskan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Abioso Seno Aji, S.I.K. melalui Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K., “Penggelarang apel KRYD memang tengah digancarkan oleh Polri mulai tingkat pusat Mabes Polri hingga sampai Polsek jajaran.” “ Sasaran patrol KRYD ini adalah tempat rawan, objek vital, perkantoran, hingga pemukiman penduduk dan kediaman para penjabat. Ini merupakan instruksi terpusat dari tingkat Mabes Polri,” kata Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. “ Para personel langsung berpatroli sesuai sasaran dan hasil Patroli langsung dilaporkan ke pimpinan, dalam hal ini Kapolrestabes Semarang,” ucap Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K.

Melakukan Upaya Untuk Menciptakan Kamtibmas


Keselamatan pejabat dan keluarga adalah hal yang sangat vital, sehingga memerlukan pengamanan optimal. Bhabinkamtibmas Kelurahan Ngesrep Polsek Banyumanik Polrestabes Semarang Bripka Sulistiawan, SH atensi terhadap tugas dimaksud, dengan melaksanakan patroli sambang di Pos Penjagaan kediaman Wakapolda Jateng di Jalan Bukit Indah No. 18 Bukit Sari Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Bhabinkamtibmas Bripka Sulistiawan, SH melakukan dialog dengan anggota Polda Jateng yang melaksanakan pengamanan di kediaman Wakapolda Jateng mengenai sistem pengamanan yang ada dikediaman orang nomor dua di Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

“Untuk antisipasi tindak kejahatan, Bhabinkamtibmas selalu melaksanakan patroli di wilayah binaannya dengan sasaran obyek-obyek vital, yang salah satunya kediaman Wakapolda Jateng, hal ini bertujuan untuk menjaga situasi yang tetap kondusif di wilayah hukum Polsek Banyumanik.” kata Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. “Patroli adalah salah satu tugas yang rutin dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas baik siang hari maupun malam hari untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif.” tegas Kapolsek Banyumanik.

Selain itu, Kompol  I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. mengatakan, “Apel pagi setiap hari Selasa yang langsung saya pimpin tersebut bukanlah hanya sekedar untuk berkumpul, berbaris rapi, hormat, laporan dan tata urutan protokoler lain seperti pada umumnya, namun dalam apel tersebut digunakan untuk pengecekan personil dan anev kinerja seluruh personil Polsek Banyumanik serta menyampaikan arahan dari pimpinan Polri.”

“Dan juga digunakan sebagai media positif untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaan seluruh personil Polsek Banyumanik, di mana selain untuk mengecek kehadiran anggota juga menggali informasi yang ada.” tegas Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. “Tujuan dilaksanakannya apel pagi setiap pagi ini di antaranya untuk meningkatkan disiplin para anggota seiring tuntutan perubahan pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culture set) aparatur negara dalam pelaksanaan reformasi birokrasi,” pungkas Kompol  I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K.

Melaksanakan Bakti Sosial Pendistribusian Air Bersih


Polsek Banyumanik Polrestabes Semarang melaksanakan Bakti Sosial Pendistribusian Air Bersih untuk warga yang mengalami dampak kekeringan di Kelurahan Jabungan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Kegiatan Bhakti Sosial ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. beserta anggota dalam rangka menjalin kemitraan dengan masyarakat.

Pendistribusian air bersih untuk warga ini Polsek Banyumanik bekerjasama dengan PDAM Banyumanik Kota Semarang. Kapolsek Banyumanik berharap dengan adanya pendistribusian air bersih ini dapat membantu dan meringankan warga yang mengalami kekeringan dampak dari kemarau panjang. Salah satu Tokoh Masyarakat Kelurahan Jabungan menuturkan kedatangan bantuan air bersih dari Polsek Banyumanik di sambut antusias oleh warga setempat, air bersih tersebut digunakan warga untuk keperluan masak, cuci dan kebutuhan lain lain sehari harinya. Dan warga mengucapkan terima kasih kepada Polsek Banyumanik dengan bantuan air tersebut, pungkasnya.

Melakukan Pengamanan Jemaat Gereja

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sumurboto Polsek Banyumanik Polrestabes Semarang Aipda Bobi Andrea Susanto, SH melakukan pengamanan jalannya Ibadah Raya Sore di Gereja GBT Kristus Alfa Omega Jalan Ngesrep Timur V No. 50 RT 03 RW 03 Kelurahan Sumurboto Kecamatan0 Banyumanik Kota Semarang. Bhabinkamtibmas Aipda Bobi Andrea Susanto, SH memberikan pelayanan kepada masyarakat, kegiatan kebaktian rutin di Gereja GBT Kristus Alfa Omega yang dipimpin oleh Pendeta Fredrik Sormin, dengan tema "Percaya Tuhan" dan dihadiri 150 jamaat. Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan Kamtibmas kepada penjaga Gereja agar mewaspadai para Jamaat yang akan memasuki gereja serta para jamaat lebih berhati hati terhadap orang yang belum di kenal.

Dan di harapkan petugas gereja tidak lengah terhadap lingkungan terus melakukan pengawasan secara ketat setiap jemaat yang datang, hal tersebut salah satu upaya Kepolisian untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah hukum Polsek Banyumanik. Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. menyampaikan bahwa, "Kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas dengan pengamanan di Gereja untuk memberikan pelayanan dan jaminan keamanan kepada masyarakat, agar dalam ibadahnya lebih khusuk dan lebih nyaman, serta menciptakan situasi yang aman dan kondusif.”

Selain itu, pengamanan juga dilakukan pada perayaan Natal di Gereja Pantekosta Indonesia (GPI) yang berlokasi di Wilayah RW 01 Kelurahan Pudak Payung Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Dalam pengamanan tersebut sebelumnya dilakukan sterilisasi, dan setiap orang yang akan masuk gereja juga diadakan penggeledahan terhadap barang bawaan. Ditemui di tempat yang terpisah Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. mengatakan, “Kegiatan pengamanan seperti ini diharapkan dapat mewujudkan hubungan yang baik dengan pihak gereja serta harmonis saat berkomunikasi dengan pihak gereja guna berikan rasa aman kepada para jemaat yang melakukan kebaktian.” “Pengamanan seperti ini diharapkan mampu memberikan efek positif kepada para jemaat agar waspada terhadap semua orang yang ada di gereja dan sekitarnya dari segala bentuk gangguan kejahatan dan gangguan kamtibmas lainya.” pungkas Kapolsek Banyumanik.

Melaksanakan Program Unggulan Polrestabes Semarang “Ayo Takziah”

Bhabinkamtibmas Kelurahan Srondol Kulon Polsek Banyumanik Polrestabes Semarang Aiptu Wahyu Ponco Bintoro, SH melaksanakan Program Unggulan Polrestabes Semarang “Ayo Takziah”, atas meninggalnya salah seorang warga bernama Almarhum Bapak Abdul Rosyid, umur 64 tahun, agama Islam, alamat Jalan Potrosari Lapangan RT 01 RW 02 Kelurahan Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

Almarhum Bapak Abdul Rosyid meninggal dunia karena sakit dan rencana dimakamkan di TPU Tanjung Kelurahan Srondol Kulon. Ditempat terpisah, Kapolsek Banyumanik Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. mengatakan, “Kita selaku anggota Polri, juga sebagai makhluk sosial, untuk turut berduka cita dan rukun tetangga, ikut srawung bersama masyarakat setempat, melaksanakan takziah.” “Selain itu juga untuk menumbuhkan kedekatan serta kecintaan antara Polri khususnya Polsek Banyumanik dengan masyarakat.” imbuh Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K.

Bekerjasama dengan Panwascam Jelang Pilkada Kota Semarang 2020


Jalin koordinasi jelang Pilkada Kota Semarang tahun 2020, Kapolsek Banyumanik Polrestabes Semarang Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. menerima kunjungan Panwascam Kecamatan Banyumanik. Kapolsek Banyumanik menerima kunjungan 3 (tiga) anggota Panwascam Kecamatan Banyumanik yang di ketuai oleh Saudara Willy yang didampingi oleh 2 (dua) anggota Panwascam lainnya, diterima diruang kerjanya. Saudara Willy bersama rombongan sengaja mengadakan kunjungan pertamanya setelah dilantik di Hotel Pandanaran Semarang, kemudian jalin silaturahmi untuk koordinasi sehubungan Pilkada Kota Semarang 2020.

Pada kesempatan tersebut Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K. mengajak agar Panwascam Kecamatan Banyumanik bersama untuk membangun suasana yang harmonis dan bersama mengajak jaga harkamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada Kota Semarang. Terakhir Kapolsek Banyumanik mengajak Panwascam Kecamatan Banyumanik untuk senantiasa jalin koordinasi dan bersinergris dalam menjaga Kamtibmas pada pemilihan Walikota Semarang tahun 2020 agar tetap aman dan kondusif.

Menangkap Pelaku Pencurian Motor

Pelaku pencurian motor di Semarang.

Seorang pria ditangkap polisi karena mengambil motor di kios grosir telur di Semarang. Pelaku bernama Anwar Noer Hamzah (45) itu mengaku hanya menyembunyikan motor untuk nge-prank. Peristiwa ini terjadi di kios telur milik Imbang Varlender Silitonga (38) di Pasar Rasamala. Sedangkan pelaku merupakan warga yang tinggal di dekat pasar tersebut.

Dari pengakuan pelaku, aksi pencurian motor milik Imbang itu dilakukan karena jengkel. Anwar mengaku jengkel karena motor miliknya sering disembunyikan oleh karyawan di kios grosir telur itu. "Dari keterangan pelaku, aksi pencurian ini dilakukan karena ia geram lantaran sepeda motornya sering disembunyikan oleh karyawan pemilik grosir telur," katanya.

Meski demikian, pengakuan pelaku belum bisa dipercaya polisi. Sebab dalam aksinya pelaku sudah menyiapkan kunci duplikat serta berusaha menghilangkan bukti dengan membuang plat nomor motor. "Pelaku sengaja membuang plat nomor sepeda motor di tempat sampah dan stiker yang menempel untuk menghilangkan jejaknya. Memang niat mencuri," jelas Krisna.

Dalam kesempatan yang sama, Anwar berdalih dendam pada karyawan kios telur yang sering menyembunyikan motornya. "Saya jengkel sama yang kerja di situ, jadi saya ingin membalas dengan cara mengambil motor. Saya mau nge-prank, malah begini" ujar Anwar. Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Mengevakuasi Penemuan Korban Pembunuhan


Diduga korban tewas lebih dari riga hari ini merupakan korban pembunuhan. Penemuan mayat wanita yang sudah mulai membusuk ini kali pertama yang mendatangi di tkp adalah Polsek Banyumanik lantaran mendapat laporan dari warga pudak payung menginformasikan penemuan mayat seorang pria. "Betul mas, awalnya anggota kami yang mendatangi TKP. Dilokasi ditemukan sesosok mayat yang sudah mulai membusuk. Namun setelah kami cek detail ternyata masuk wilayah desa Susukan, Polsek Ungaran, Polres Semarang," ungkap Kapolsek Banyumanik Kompol Putu Krisna saat dikonfirmasi RMOLJateng.

Dari informasi dilapangan, dan keterangan saksi di TKP menyebutkan bahwa wanita nahas yang belum teridentifikasi ini merupakan korban pembunuhan yang sengaja dibuang dari jalan tol.



Source :

Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K., Kapolsek Penjaga Situasi Kondusif dan Aman di Banyumanik
I Putu Bagus Krisna Purnama, S.I.K., Kapolsek Penjaga Situasi Kondusif dan Aman di Banyumanik
https://1.bp.blogspot.com/-4QYV6Dd-RAQ/XiGHcJG07AI/AAAAAAAAMTc/ttnxMW5OgDIn7-e97yPbG-Fm5Qqh-bzlwCEwYBhgL/s320/3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4QYV6Dd-RAQ/XiGHcJG07AI/AAAAAAAAMTc/ttnxMW5OgDIn7-e97yPbG-Fm5Qqh-bzlwCEwYBhgL/s72-c/3.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/01/i-putu-bagus-krisna-purnama-sik.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/01/i-putu-bagus-krisna-purnama-sik.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content