$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kinerja Kapolsek Batu Ampar Kompol Reza Morandy Tarigan, S.I.K., Dalam Memberikan Perlindungan dan Pelayanan Masyarakat



Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan Batu Ampar maka kepolisian menempatkan Polsek Batu Ampar sebagai pelaksana fungsi kepolisian di kawasan tersebut. Kapolsek Batu Ampar saat ini dijabat oleh Kompol Reza Morandy Tarigan, S.I.K, yang merupakan perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 ini telah melakukan berbagai upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, pemberian perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Batu Ampar. Berikut ini beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Polsek Batu Ampar dibawah kepemimpinan Kompol Reza Morandy Tarigan, S.I.K.

Melakukan Gotong Royong bersama Personil Polsek



Kegiatan Gotong royong di Mako Polsek Batu Ampar yang dilaksanakan oleh Personil polsek Batu Ampar dipimpin langsung oleh Kapolsek Batu Ampar Kompol Reza Morandy Tarigan, S.I.K. Kapolsek Batu Ampar menyampaikan kepada awak media bahwasannya Kegiatan Gotong royong tersebut dilaksanakan setiap minggunya guna menjaga kebersihan di Mako Polsek Batu Ampar.”tutur Kanit Intelkam IPTU Trimanta. Selain melaksanakan gotong royong bersama Personil Polsek Batu Ampar sekaligus melakukan panen lele, yang mana pembuatan tambak lele yang berada di Mako Polsek Batu Ampar merupakan Ide dari Kapolsek Batu Ampar”. pungkas Kanit Intelkam Iptu Trimanta.


Berbagi Takjil Gratis


Personil Polsek Batu Ampar beserta ibu-ibu bhayangkari Berbagi Asih dengan cara berbagi takjil kepada para pengendara di Lampu Merah depan Hotel Planet Holiday Batam, .

Kegiatan bagi-bagi takjil gratis tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Batu Ampar Kompol Reza Morandy Tarigan, S.I.K. bersama Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Batu Ampar Ibu Maya Reza. “Kami Ingin Berbagi dengan sesama, dan harapan kami melalui takjil gratis ini bisa membantu masyarakat untuk dijadikan sebagai buka puasa sementara” ungkap Kapolsek Batu Ampar. Selain berbagi takjil atau makanan berbuka puasa tersebut tidak lupa juga personil Polsek Batu Ampar menyampaikan beberapa pesan berupa himbauan tentang tertib dalam berlalu lintas dan untuk tetap tenang,damai,aman, dan kondusif pasca pemilu tahun 2019. Setelah berbagi takjil kepada pengendara, acara dilanjutkan dengan Buka Puasa bersama Personil dan bhayangkari Polsek Batu Ampar.


Mengungkap Kasus Penyeludupan Narkotika


Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo didampingi Kasat Resnarkoba Polresta Barelang, AKP Abdul Rahman dan Kapolsek Batu Ampar, Kompol Reza Morandy Tarigan memperlihatkan barang bukti narkotika jenis sabu di Mapolresta Barelang.

Dalam waktu sepekan, jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Barelang berhasil mengamankan dua dari tiga orang pelaku penyeludupan narkotika jenis sabu dari tiga lokasi kejadian.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, didampingi Kasat Resnarkoba Polresta Barelang, AKP Abdul Rahman dan Kapolsek Batu Ampar, Kompol Reza Morandy Tarigan, saat ekspose yang digelar di Mapolresta Barelang. Dijelaskannya, kronologi pertama, Polsek Batu Ampar berhasil mengamankan seorang tersangka inisial (BA) diamankan di daerah pelabuhan Tanjung Sengkuang. Setelah dilakukan pemeriksaan dari tersangka ditemukan kristal yang diduga narkotika jenis sabu seberat 250 gram.


“Ini terus akan kita kembangkan, tersangka mendapatkan barang tersebut dari negara lain kemudian akan diedarkan di Batam,” ucap Kapolres. Selanjutnya, kronologi kedua jajaran Satresnarkoba Polresta Barelang berhasil mengamankan seorang nelayan inisial (S) yang membawa sabu-sabu seberat 3.140 gram atau setara 3,1 kg di pelabuhan rakyat Nongsa, Batam. Prasetyo menyebutkan, penangkapan tersangka ini berdasarkan informasi dari masyarakat yang berada di Nongsa dan rencananya akan menjual barang tersebut di wilayah Batam.


“Dari pengakuan tersangka, dirinya menemukan barang haram tersebut di atas perairan laut Nongsa. Dimana, sabu-sabu yang dibungkus dalam 3 paket besar itu dalam posisi terapung di perairan laut Nongsa,” imbuhnya. Untuk barang bukti yang diamankan, yakni sabu-sabu seberat 3.140 gram yang dikemas 3 paket besar, 1 unit boad fiber mesin 15 PK dan karung beras. Atas kejadian yang dilakukan pelaku, Satresnarkoba Polresta Barelang berhasil menyelamatkan jiwa masyarakat Batam sekitar 9.500 jiwa hingga 12.500 jiwa dengan estimasi 1 gram Sabu bisa digunakan untuk empat orang.


Kemudian kronologi kasus ketiga yakni, berawal dari gelagat yang mencurigakan seorang pengendara motor, maka polisi langsung menghentikannya. Pas digeledah motornya, polisi menemukan Kristal yang diduga sabu seberat 893 gram. “Yang bersangkutan melarikan diri, sehingga yang tinggal hanya kendaraan dan barang bukti sabu. Namun kita sudah mengantongi nama dan terus akan kita laksanakan pemburuan terhadap tersangka,” tambahnya lagi. Atas perbuatannya, pelaku diancam pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba dengan hukuman minimal enam tahun penjara dan maksimal seumur hidup atau hukuman mati,” tutupnya.


Menangkap Pelaku Pemerkosaan

Kapolsek Batu Ampar, Kompol Reza Morandy Tarigan saat konferensi pers terkait pemerkosaan


Satu orang tersangka berhasil diamankan Opsnal Polsek Batu Ampar dengan tindak pidana pemerkosaan dan pencurian di Kampung Seraya Batu Ampar. Kapolsek Batu Ampar, Kompol Reza Morandy Tarigan, mengatakan kronologis kejadian saat itu tersangka yang berinisial DM (18) melihat korban berinisial NJ (25) hendak buang air kecil ke kamar mandi yang berada di luar kos-kosan. "Saat itu tersangka yang dalam kondisi mabuk melihat korban sedang buang air kecil ke kamar mandi,"ucap Kapolsek Batu Ampar, Kompol Reza Morandy Tarigan saat konferensi pers.

Usai korban dari kamar mandi, tersangka ngikutin korban dari belakang hingga korban masuk kedalam kosannya. "Saat korban sudah berada di dalam kamar, tersangka mengetuk pintu kamar kos korban. Setelah korban membukakan pintu, tersangka langsung masuk kedalam kamar kos dan menduduki korban di atas kasur,"ungkapnya. Di dalam kamar kos, tersangka mengancam korban hingga membunuh korban jika melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian. "Tersangka memberikan ancaman kepada korban agar tidak melapor kepolisi, dan apabila melapor korban akan dibunuh,"tuturnya.


"Setelah tersangka melakukan perbuatannya di kamar kos korban, sebelum pergi tersangka mengambil satu buah handphone milik korban dan mengancam kembali agar tidak melapor kepolisi. Atau dia balik dan akan membunuh si korban,"tambahnya.


Kapolsek Batu Ampar, Reza Morandy Tarigan

Tersangka berhasil ditangkap pada hari itu juga pukul 19.00 wib. Untuk barang bukti 1(satu) pcs daster, 1 (satu) pcs sprei alas kasur, 1 (satu) pcs celana dalam, 1 (satu) ikat pinggang tersangka, beberapa lembar tisu, serta 1 (satu) pcs handphone merek Oppo milik korban. Pasal yang dilanggar yaitu pasal 285 KUHPidana tentang pidana pemerkosaan dengan ancaman hukuman 12 tahun dan pasal 362 KUHPidana tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.


Menangkap Pelaku Penganiayaan



Seorang pengamen berinisial RS diamankan Polisi karena diduga menganiaya temannya sesama pengamen berinisial NZ di depan salah satu warung di Kawasan Jodoh, Batuampar, Batam. Akibat penganiayaan tersebut, korban NZ mengalami luka berat di bagian kepala. Hal tersebut disampaikan Kapolsek Batuampar, Kompol Reza Morandy Tarigan kepada wartawan di Mapolsek Batuampar. Tarigan menjelaskan, peristiwa tersebut berawal ketika pelaku dan korban duduk di depan salah satu warung di Jodoh. Korban kemudian meminjam sebuah gitar milik AM kepada pelaku, lalu pelaku meminjamkan gitar tersebut kepada korban. “Menurut keterangan pelaku, setelah gitar diberikan, tiba-tiba korban memukul pelaku dengan gitar tersebut,” ujarnya.



Lantaran tidak terima atas perlakuan korban NZ, pelaku RS mengatakan kepada korban “Ko tunggu disini sebentar”, dan NZ menjawab “Iya aku tunggu ko disini”. RS pun pergi kesebuah tempat sampah dan mengambil parang yang sudah disimpannya. “Ketika kembali ke tempat kejadian perkara (TKP), pelaku RS langsung mengejar korban NZ dan melayangkan parang tersebut kepada korban NZ.” ujarnya. “Layangan pertama berhasil ditangkis oleh NZ dengan menggunakan gitar tersebut. Pada saat layangan kedua parang yang dibawa oleh RS lepas dari gagangnya dan mengenai bagian kepala NZ hingga mengeluarkan darah yang cukup banyak,” lanjut Tarigan.


Melihat korban dalam kondisi berdarah, pelaku langsung melarikan diri kerumahnya yang berada di Tanjunguma. Menurut Tarigan, setelah mengetahui ada korban yang berdarah di sekitar warung di kawasan Jodoh, aparat Kepolisian Polsek Batuampar bersama Satreskrim Polresta Barelang mengejar tersangka yang diketahui bertempat tinggal di Tanjunguma. “Kami menangkap tersangka di kediamannya, dan sudah berganti baju untuk berusaha melarikan diri,” ujar Tarigan.



Kata dia, korban RZ belum bisa diminta keterangan karena masih dirawat di salah satu rumah sakit. Polisi mengamankan barang bukti satu bilah parang dengan sarung warna biru dan satu buah gitar warna coklat. Atas perbuatanya, tersangka dijerat dengan pasal 351 ayat 2 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun.


Menangkap Pelaku Pencurian


Kapolsek Batu Ampar Kompol Reza Morandy Tarigan saat konfrensi Pers di Mako Polsek Batu Ampar.

Tertunduk lesu dengan tangan terborgol, ketiga pelaku pencurian di gudang buah komplek MCP kecamatan Batu Ampar harus mempertanggung jawabkan perbuatanya di hadapan hukum, Batam. Akibat perbuatan ke 3 pelaku yang berinisial DS alias D, TA alias T, dan I , korban serta selaku pemilik dari toko buah yang memiliki nama Debi Sulistiani tersebut, mengalami kerugian materi berupa uang tunai sebanyak Rp.80.000.000,00-, perhiasan emas, 1 unit laptop, dan perangkat CCTV yang turut di bawa oleh pelaku.


Kapolsek Batu Ampar Kompol Reza Morandy Tarigan, menjelaskan kronologi awal kejadian pencurian tersebut berawal, saat korban mendapatkan informasi dari karyawan korban yang bernama Dedi Irawan, yang mendapati gudang buah milik korban sudah dalam keadaan terbuka. “saat korban di tempat kuliah, korban dihubungi oleh karyawan korban yang bernama Dedi Irawan yang mendapati gudang buah milik korban sudah dalam keadaan terbuka,” jelasnya.

Kapolsek Batu Ampar Reza melanjutkan, setelah mendapati gudang buah miliknya dalam keadaan terbuka, serta kantor korban dalam keadaan berantakan, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke polsek Batu Ampar. “korban yang mendapati gudang buah miliknya dalam keadaan terbuk, serta kantor korban dalam keadaan berantakan, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke polsek Batu Ampar untuk membuat laporan.




Dari ke 3 tangan pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Scorpio yang merupakan hasil dari Kejahatan, serta 2 buah Kaca Nako berwarna putih bening, yang dirusak oleh pelaku saat menjalankan aksinya. Akibat perbuatannya, ke 3 pelaku di ancam dengan pasal 363 ayat (3), ayat (4), ayat (5) KUHP Pidana tentang tindak pidana pencurian dan pemberatan.

Kasus selanjutnya, unit Reskrim Polsek Batu Ampar menangkap 4 orang pelaku pencurian Handphone (HP) di kawasan Sengkuang Kota Batam.


Kapolsek Batu Ampar Kompol  Reza Morandi Tarigan Saat Ekspose kasus Curat sedang menunjukan barang bukti alat yang digunakan pelaku untuk mencuri HP

Tidak tanggung-tanggung, selama tiga bulan beraksi, pelaku mampu mengambil sebanyak 32 unit HP berbagai merk. Kapolsek Batuampar Kompol Reza Morandy Tarigan, mengatakan, pelaku utama bernama Johan Widodi (20) dan Kurniawan (27). Sementara dua orang penadah bernama Rizal Samudra (28) dan Hermanto Sibarani (37).


Foto pelaku pencurian di tangkap polsek batu ampar

"Ada empat orang pelaku yang kita amankan. Awalnya kita menangkap dua orang dan mengembangkan ke penadah. Dua orang lagi kita tangkap," sebutnya menerangkan. Dalam aksinya pelaku menjalankan modus kejahatanya dengan cara yang unik. Pelaku memanfaatkan Gurita HP atau penempel HP yang ia modifikasi dengan menggunakan gagang sapu. Incaran mereka adalah kos-kosan yang jendela rumah mereka terbuka.

"Ketika Pemilik rumah sedang terlelap tidur atau tidak berada diruangan, ia memasukan gurita yang sudah dimodifikasi dengan menggunakan gagang sapu, kemudian mengambil HP," sebut Reza menerangkan. Dikatakan Reza, selama tiga bulan beraksi setidaknya ada 32 HP yang diambil pelaku dan berhasil dijual kedua orang penadah ini.


Pelaku kriminal yang tertangkap dan diborgol.

Dua pelaku jambret bernama Dedi, 37 dan Desta, 34 terpaksa dilumpuhkan polisi dengan timah panas. Keduanya melakukan perlawanan dan menyerang petugas saat hendak melakukan pengembangan kasus. Kapolsek Batuampar Kompol Reza Morandy Tarigan mengatakan, penangkapan terhadap dua tersangka ini bermula dari aksi mereka di kawasan Sei Agung, Jodoh, Kecamatan Batuampar. Di mana, dari kejadian itu korban mengalami kerugian sebesar Rp 3,8 juta. "Dari pengangkapan ini, kami amankan barang bukti satu buah tas, tiga unit ponsel, dua dompet dan satu unit sepeda motor yang digunakan pelaku saat beraksi," ujarnya.


Modus kedua tersangka berkeliling naik sepeda motor mencari mangsa. Saat melihat korban yang baru keluar dari dalam mobilnya, mereka langsung merampas tas korban. Namun, pelaku berhasil ditangkap setelah petugas mendapat informasi dari masyarakat. “Pelaku berhasil ditangkap setelah mendapatkan informasi dari warga," katanya. Namun, saat melakukan pengembangan kasus, pelaku berupaya melarikan diri dan melawan petugas. “Anggota pun memberikan tindakan tegas kepada pelaku dengan menembak kakinya,” ujarnya.


Dari keterangan yang didapat dari tersangka, mereka juga melakukan aksi penjambretan di hari yang sama, di Sei Agung itu. "Saat ini, keduanya masih kita mintai keterangannya lebih lanjut. Karena diduga masih ada lokasi lainnya. Mereka kita kenakan dengan pasal 365 ayat (2) KUH Pidana tentang pencurian dengan kekerasan yang ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara," imbuhnya.


Selanjutnya, polisi memburu tiga orang komplotan maling tabung gas elpiji 3 Kg yang beraksi di Perumahan Sakura Garden, Batu Ampar. Dari lima orang pelaku, dua orang diantaranya sudah lebih dulu diamankan Polisi di tempat kejadian perkara (TKP).


Kaca mobil komplotan maling gas elpiji yang dipecahkan sekuriti perumahan Sakura Garden.

“Untuk pelaku, sudah 2 orang yang kita amankan hasil dari pengembangan, inisialnya adalah MJ dan A. Sementara 3 orang lagi masih dilidik,” kata Kapolsek Batu Ampar, Kompol Reza Morandy Tarigan dikonfirmasi. Sebelumnya, komplotan maling ini beraksi menggunakan kendaraan roda empat. Mereka dipergoki warga setempat saat sedang melancarkan aksinya. Warga bersama sekuriti perumahan kemudian menutup akses jalan yang membuat komplotan maling ini terdesak dan tertahan. Kaca mobil yang digunakan komplotan maling akhirnya dipecahkan sekuriti. Para pelaku berhamburan lari keluar. Dua orang berhasil diamankan. Tiga lainnya kabur. “Soal pemecahan kaca mobil yang digunakan komplotan ini, pemiliknya sudah membuat laporan ke kita,” kata Reza.




Source :

Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kinerja Kapolsek Batu Ampar Kompol Reza Morandy Tarigan, S.I.K., Dalam Memberikan Perlindungan dan Pelayanan Masyarakat
Kinerja Kapolsek Batu Ampar Kompol Reza Morandy Tarigan, S.I.K., Dalam Memberikan Perlindungan dan Pelayanan Masyarakat
https://1.bp.blogspot.com/-RWUTZ_PSiZY/XiHQ6AAbHpI/AAAAAAAAMVM/lftGFFUCFSAke7dDkiLfrgzUDMY1BiqsQCEwYBhgL/s320/9.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RWUTZ_PSiZY/XiHQ6AAbHpI/AAAAAAAAMVM/lftGFFUCFSAke7dDkiLfrgzUDMY1BiqsQCEwYBhgL/s72-c/9.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/01/kapolsek-batu-ampar-kompol-reza-morandy.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/01/kapolsek-batu-ampar-kompol-reza-morandy.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content