$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H., S.I.K. Dalam Memberikan Pelayanan dan Pengayoman Masyarakat



Jetis adalah sebuah kecamatan di Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kecamatan ini terletak di arah utara dari pusat kota Yogyakarta, dan terdiri dari tiga kelurahan yaitu Kelurahan Bumijo, Kelurahan Cokrodiningratan, dan Kelurahan Gowongan. Tugu Yogyakarta yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Yogyakarta berlokasi di kecamatan ini. Dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan Jetis maka kepolisian menempatkan Polsek Jetis sebagai pelaksana fungsi kepolisian. Kapolsek Jetis yang saat ini dijabat oleh Kompol Bayu Dewasto, S.H., S.I.K., perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 ini telah melakukan beberapa upaya dalam memberikan pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat di Kawasan Jetis, baik upaya preventif maupun penegakan hukum. Berikut ini beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Polsek Jetis dibawah kepemimpinan Kompol Bayu Dewasto, S.H., S.I.K.

Mengadakan Kegiatan Pembinaan dan Silaturahmi

Kapolsek Jetis sedang memberikan pembinaan terhadap siswa.


Kegiatan Pembinaan kepada 4 (empat) Siswa yang kedapatan membawa benda berbahaya (Gir) oleh Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H.,S.I.K.,M.M. Masing-masing mengikuti pembinaan dengan mengaji Al Qur’an di Musholla Polsek Jetis Polresta Yogyakarta. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesadaran dan motivasi untuk lebih tekun dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah, tidak mudah terpengaruh ke arah kegiatan yang negative.


Kapolsek Jetis bersama seorang personel Den Bekang Bumijo.


Kegiatan Silaturahmi Kamtibmas Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H.,S.I.K.,M.M, di wilayah kelurahan Bumijo Jetis Yogyakarta. Kapolsek Jetis menyapa Personel Den Bekang Bumijo Jetis Yogyakarta sekaligus berdialog, saat berkunjung di markas Den Bekang. Kegiatan ini sebagai wujud sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam menjaga dan mengawal NKRI.


Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto bersama Danramil Jetis Kapten Kav. Yohanes Sutarna.


Personel Polsek Jetis dipimpin Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H.,S.I.K.,M.M silaturahmi ke Koramil Jetis dengan agenda utama memberikan ucapan selamat Hari TNI Ke-74. Hadir mendampingi Kapolsek Jetis, Kanit Sabhara AKP Supianto, Kanit Binmas Iptu Anwar Manani, Kanit Intelkam Iptu H. Darmini, Ka SPKT Ipda Agustinus Supriyadi, Bhabinkamtibmas Kelurahan Bumijo, Gowongan dan Cokrodiningratan serta perwakilan personel Polsek Jetis. Kapolsek Jetis disambut dan diterima Danramil Jetis Kapten Kav. Yohanes Sutarna berserta personel Koramil Jetis.



Kapolsek Jetis pada kesempatan ini menyampaikan Ucapan ”Selamat Hari TNI Ke-74, TNI Profesional Kebanggaan Rakyat ” tetap solid bersama Polri untuk mengawal NKRI, terangnya.” Jalinan komunikasi dan kekompakan TNI Polri yang selama ini sudah baik, kedepan semakin Solid dalam upaya menjaga Keutuhan NKRI, Imbuh Danramil Jetis. . Acara tiup lilin dan pemotongan kue oleh Danramil Jetis disaksikan Kapolsek Jetis serta anggota Polsek Jetis dan Koramil Jetis diiringi lagu selamat ulang tahun dilanjutkan ramah tamah. Kegiatan ditutup dengan foto bersama di depan Kantor Koramil Jetis.


Kapolsek Jetis melantik salah satu anggota Patrolis Keamanan Sekolah (PKS) di SDN Jetis 1.


Jetis-Terlihat senyum bahagia di wajah para siswa-siswi SD Negeri 1 Jetis Kota Yogyakarta, Saat Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto,S.H,S.I.K.,MM melantik mereka menjadi anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah). Sebanyak 30 siswa PKS (Patroli Keamanan Sekolah) SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta dilantik, yang diawali dengan pelantikan perwakilan PKS setelah itu pembacaan janji PKS. 30 siswa sebelumnya mengikuti Pelatihan PKS selama 10 hari dibawah bimbingan Unit Binmas dan Unit Lalu Lintas Polsek Jetis dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Jetis Iptu Anwar Manani didampingi Panit Lantas Ipda Wireno Atmojo, Bripka Agus Tri Isworo dan Bhabinkamtimas Kelurahan Cokrodiningratan Bripka Fajar Yuli Wibowo, S.H.

Selama mengikuti Pelatihan PKS Siswa dilatih Baris Berbaris dan 12 Gerakan Pengaturan dengan Isyarat Tangan, selesai pelantikan ditampilkan peragaan Baris Berbaris dan 12 Gerakan Pengaturan dengan Isyarat Tangan oleh PKS SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta, dilanjut acara ramah tamah dan foto bersama Guru dan anggota PKS. Kapolsek Jetis dalam amanatnya menyampaikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) merupakan suatu wadah dari partisipasi pelajar di bidang lalulintas di lingkungan sekolah masing-masing, oleh karena itu perlu menanamkan kebiasaan yang benar serta tertib berlalulintas sejak dini. Selain itu Kapolsek Jetis juga berpesan utuk menjalankan tugas mulia menjadi PKS ini dengan sebaik mungkin, tanamkan displin dalam setiap pelaksanaan tugas serta selalu memperhatikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.



Melakukan Sosialisasi kepada Masyarakat




Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H.,S.I.K.,M.M, sambang di Pasar Pingit Jl. Kyai Mojo Jetis Yogyakarta. Kapolsek Jetis dialogis dengan pedagang los pasar, sekaligus menyampaikan pesan Kamtibmas. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menampung keluhan atau permasalahan Kamtibmas yang kemungkinan ada dari para pedagang pasar disamping menjalin komunikasi mendekatkan Polri dengan masyarakat.



Sosialisasi Kesehatan tentang HIV AIDS yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bersama Puskesmas Gedong Tengen dan Puskesmas Jetis. Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H.,S.I.K.,M.M didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Bumijo Aiptu Triyana hadir dalam acara ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Zero Survey yang akan berlangsung di 2 (dua) Kecamatan yakni Gedong Tengen dan Jetis.


Mengamankan Remaja Yang Akan Melakukan Tawuran



Petugas Polsek Jetis mengamankan dua orang remaja yang diduga hendak melakukan tawuran di salah satu SMA swasta di Kota Yogyakarta. Kedua remaja yang diamankan tersebut yakni RYP (15) dan FRP (16). Dari lokasi kedua remaja diamankan, petugas kepolisian menemukan gear sehingga langsung dibawa ke Polsek Jetis. "Mereka kebetulan ada di sekitar sekolah, kami khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka kami lakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Kami temukan gear, diduga milik salah satu dari mereka," kata Kapolsek Jetis, Kompol Bayu Dewasto.



Bayu menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan, kedua remaja tersebut kemudian dikembalikan kepada pihak orang tua. Kepolisian akan melakukan pembinaan terhadap kedua remaja tersebut supaya nantinya tidak mengulangi perbuatannya lagi. Rencananya, pembinaan akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni pada Senin, Rabu dan Jumat. "Tidak ditahan, mereka masih sekolah. Intinya kami memberikan pembinaan saja. Rencananya akan dilakukan pembinaan Senin, Rabu, dan Jumat," lanjutnya.



Pihaknya berkomitmen untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Jetis. Yang menjadi sasaran utama, terutama malam hari adalah razia miras, remaja nongkrong hingga larut malam, dan alat berbahaya. "Kami rutin lakukan patroli, selalu monitor situasi. Kalau menemukan yang mencurigakan tentu kami tindaklanjuti," kata dia.



Meringkus Pelaku Kasus Pengeroyokan dan Penganiayaan Remaja




Petugas Polsek Jetis, Kota Yogyakarta menangkap lima pemuda lantaran diduga merusak sepeda motor dan menganiaya pengendaranya di tengah jalan. Polisi juga mengamankan senjata tajam yang dipakai oleh para pelaku. Lima tersangka yang diamankan masing-masing berinisial MEP (17), BA (17), YA (17), RA (17), dan SCAK (17). Semuanya warga Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebenarnya jumlah total pelaku enam orang, tapi satu lagi masih dalam pengejaran polisi. Mereka ditangkap setelah menganiaya korban Iqbal dan Seto. 

Tak hanya itu, pelaku juga merusak sepeda motor yang dikendarai korban. "Kita amankan lima pelaku dan satu pelaku lain masih dalam pencarian," kata Kapolsek Jetis, Kompol Bayu Dewasto di kantornya. Kelima pelaku awalnya bermaksud mengejar seseorang yang melempari batu di wilayah Sendoro. Mereka berangkat dari Gapura Sendoro dan mengejar pelaku ke arah perempatan Jetis. MEP yang membonceng BA membawa celurit. RR yang masih buron membonceng RA sembari membawa sebilah pedang. Sementara YA berboncengan dengan SCAK membawa bambu.

Sampai di perempatan Jetis, mereka berpapasan dengan korban dan langsung mengayunkan senjata tajam namun korban berhasil menghindar. Tak puas, pelaku lalu melempar botol ke arah korban. Botol tersebut mengenai jari kelingking hingga memar dan retak. Korban yang ketakutan berusaha kabur dengan masuk ke kampung. Sayangnya mereka terjatuh, akibatnya sepeda motornya dirusak oleh pelaku. Korban juga sempat dipukul mengenai bahu sehingga harus menjalani perawatan di RS Bethesda karena luka-luka yang diderita. Korban akhirnya melaporkan kasus ini ke polisi. Dalam penangkapan pelaku, polisi juga mengamankan satu buah celurit, dua pedang, botol serta tiga unit sepeda motor sebagai barang bukti.


Barang bukti yang berhasil diamankan oleh Polsek Jetis.


Atas perbuatanya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 2 UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang Membawa senjata Tajam Tanpa Hak dengan ancaman 12 tahun penjara. Selain itu mereka juga akan dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang Kekerasan, pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan jo 55 KUHP dengan ancama hukuman maksimal 5 tahun penjara. "Motifnya para pelaku ini balas dendam, namun dilakukan pada korban yang tidak tahu-menahu. Tanpa ditanya dulu, mereka melakukan penganiayaan," kata Bayu.





Source :

Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H., S.I.K. Dalam Memberikan Pelayanan dan Pengayoman Masyarakat
Kapolsek Jetis Kompol Bayu Dewasto, S.H., S.I.K. Dalam Memberikan Pelayanan dan Pengayoman Masyarakat
https://1.bp.blogspot.com/--l--wvAvNk4/XinCVH8AT4I/AAAAAAAAMd0/jobDkIHj01sdQ5VNQGlEM6239w7rEKq5wCEwYBhgL/s1600/4.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--l--wvAvNk4/XinCVH8AT4I/AAAAAAAAMd0/jobDkIHj01sdQ5VNQGlEM6239w7rEKq5wCEwYBhgL/s72-c/4.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/01/kapolsek-jetis-kompol-bayu-dewasto-sh.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/01/kapolsek-jetis-kompol-bayu-dewasto-sh.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content