$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol Dika Yosep Anggara, S.I.K. Kapolsek Penjaga Kawasan Pelabuhan Semayang



Pelabuhan Semayang adalah sebuah pelabuhan laut yang terletak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pelabuhan ini dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia IV. Pelabuhan ini berada pada Alur Laut Kepulauan Indonesia II di tepi Selat Makassar. Pelabuhan Semayang terletak di Kecamatan Prapatan, yang bisa dijangkau dengan menggunakan angkutan umum dari Terminal Damai. Pelabuhan ini adalah pelabuhan yang paling sibuk di Balikpapan karena merupakan pelabuhan barang maupun penumpang ke kota-kota bagian barat Indonesia, seperti Jakarta atau Surabaya.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kawasan Pelabuhan Semayang, maka kepolisian menempatkan Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang sebagai pelaksana fungsi kepolisian di kawasan tersebut. Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang saat ini dijabat oleh seorang perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 yaitu Kompol Dika Yosep Anggara, S.I.K. yang telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Kawasan Pelabuhan Semayang baik upaya preventif maupun penegakan hukum. Berikut ini beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang dibawah kepemimpinan Kompol Dika Yosep Anggara, S.I.K. dalam memberikan pelayanan, pengayoman, dan perlindungan masyarakat di Kawasan Pelabuhan Semayang

Menggelar Acara Nobar Dalam Memperingati Hari Ibu


Giat nonton bareng film Surga Kecil di Bondowoso dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-91 digelar di halaman Mako Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan. Nonton bareng (Nobar) film Surga Kecil di Bondowoso ini mengajak puluhan warga di dua RT di sekitar Mapolsek Semayang yakni RT 8 dan RT 9 Kelurahan Perapatan, termasuk anggota Polsek dan Bhayangkari Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Kapolsek Semayang Kompol Dika Yosep Anggara, S.I.K. mengatakan, nobar ini juga digelar serentak di Polres maupun Polsek di jajaran Polda Kaltim ini dalam rangka memperingati Hari Ibu, dengan Tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. “Film Surga Kecil di Bondowoso berdurasi 15 menit ini merupakan sarana efektif untuk mengingatkan masyarakat, terutama generasi muda tentang kesetaraan gender antar pria dan wanita dalam kehidupan keluarga,” kata Dika.

Dia menambahkan, film dokumenter garapan Nia Dinata (sutradara film Arisan) itu mengangkat kisah kehidupan seorang ustad di Bondowoso, bersama isterinya yang berprofesi sebagai guru SMP dan juga kepala sekolah di sebuah Taman Kanak-Kanak. Dalam film itu, sang ustad memutuskan untuk mengajar ngaji di rumah dan mengemban tugas-tugas domestik rumah tangga yang tidak dapat dilakukan oleh istrinya.

“Film ini membawa pesan yang sangat penting bagi masyarakat yakni keterlibatan pria sebagai seorang ayah, suami dan pribadi yang anti kekerasan,” ujarnya. Di acara nobar ini, juga dilaksanakan pembagian sembako berupa gula dan minyak oleh personel Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Bhayangkari Polsek Semayang kepada warga.

Melaksanakan Kegiatan Jumat Berkah


Dua warga miskin yang tidak memiliki penghasilan tetap yakni, Sukesi (47) warga RT 69 No. 16, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan dan Rosdiana Bunga (73) warga RT 23 No. 56 Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan mendapat perhatian oleh jajaran Kepolisian. Kedua warga yang tinggal bersama anaknya ini tidak cukup untuk membiayai kehidupannya. Apalagi, Bunga baru menjalani operasi lutut dan hidup aebatang kara. Melihat itu jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang menyambangi kedua warga miskin tersebut untuk melihat langsung kondisinya.

Salah satu warga kurang mampu yang disambangi oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang.

“Ya, setelah kami lihat memang kedua warga ini sangat perlu sekali diberikan bantuan, karena kondisinya sangat kekurangan,” ungkap Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang, Kompol Dika Yosep Anggara. Tak hanya mengungjungi, petugas polsek yang datang ke sana terdiri dari Kanit Binmas Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang Iptu Sudarto didampingi ,Ps. Panit 2 Sabhara Aiptu Edi Wijaya, Aiptu SYAHRIL, Ps Kasium Bripka Farida dan Bripka Sitinjak, juga memberikan sembako kepada kedua keluarga yang kurang mampu tersebut.

“Di mana dalam Jumat berkah ini kami bersama Komunitas Avangers selalu eksen kepada warga, melaksanakan Jumat berkah dengan peduli kepada warga yang kurang mampu, dengan memberi sumbangan berupa uang, sembako, telur dan barang – barang yang bermanfaat lainnya guna untuk meringankan beban kehidupan,” pungkasnya. Kegiatan, Jumat Berkah seperti ini akan terus dilaksanakan, selain untuk meringankan beban warga kurang mampu, juga sekaligus memantau situasi wilayah.

Meningkatkan Pengamanan di Kawasan Pelabuhan Semayang

Aparat Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang memeriksa barang bawaan penumpang KM Bukit Siguntang di Pelabuhan Semayang.

Peningkatan pengamanan di kawasan Pelabuhan Semayang terus dilakukan. Setiap kedatangan kapal, jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang selalu melakukan pengamanan dan pengecekan terhadap para penumpang yang turun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sejumlah barang bawaan yang diduga melanggar hukum, di antaranya, narkoba, senjata tajam, senjata api, hingga minuman keras. Pasalnya, jalur laut kebanyakan dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk melakukan penyelundupan barang-barang tersebut. Seperti dalam kegiatan kepolisian yang ditingkatkan di Pelabuhan Semayang. Kedatangan KM Bukit Siguntang langsung disambut puluhan personel Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang. Karena ada dugaan kapal yang berlayar dari wilayah timur, seperti Maumere ini, sebagian penumpangnya ada membawa barang terlarang. 

“Kegiatan kami ini untuk melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang turun di Balikpapan. Kami mengantisipasi miras, narkoba, sajam, dan barang berbahaya lainnya,” ujar Plt Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang AKP Ratno. Puluhan personel yang dilibatkan langsung disebar di area pintu keluar pelabuhan. Para penumpang yang dicurigai membawa barang terlarang langsung diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, ada lima warga yang diamankan lantaran kedapatan membawa miras tradisional. “Total miras yang kami amankan ada 15 liter, itu dari lima orang yang kami amankan,” bebernya. Kelima warga tersebut, yaitu Julio De Diua (69) membawa dua botol berisi 3 liter moke, Nikodemua Tanaem (31) membawa satu jeriken berisi 5 liter moke. Kemudian, Tarsisius Yosef Ola (42) membawa dua botol berisi 3 liter moke, Edi Tafalu (34) membawa dua botol berisi 3 liter moke, dan Servasiana Beda (25) membawa satu botol berisi 1 liter moke. 

Mereka beserta barang buktinya langsung digiring ke Mapolsek Semayang untuk dilakukan pendataan dan pembinaan. Mereka juga diminta untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya membawa barang terlarang, di antaranya, miras seperti ini. “Barang bukti miras kami sita, sementara kelima pemiliknya kami berikan pembinaan,” tegasnya. Dalam pengakuan kelima pembawa miras tersebut, mereka membawa sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di perkebunan, lantaran mereka merupakan para pekerja perkebunan kelapa sawit di wilayah Kaltim. “Katanya sebagai oleh-oleh, tetap saja tidak diperbolehkan. Makanya di sini kami lakukan penyitaan miras-miras tersebut,” tandasnya. Pihak polsek akan terus meningkatkan pengawasan dan pengamanan di wilayah pintu-pintu masuk Kaltim, khususnya melalui jalur laut yang kerap dimanfaatkan untuk menyelundupkan barang-barang terlarang.

Mengevakuasi Pemuda yang melompat di Kolong Jembatan Pelabuhan Semayang

Saldi (tengah) ditemukan selamat setelah terjun bebas ke laut. Sumber: Basarnas Balikpapan.

Seorang pemuda bernama Saldi (23) melakukan aksi tak biasa. Warga Sulawesi Selatan itu terjun bebas ke laut dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Saat ditemukan, dia malah menolak untuk dievakuasi. Setelah melakukan aksi terjun bebas ini, Saldi menghilang. Tim SAR Gabungan pun segera menggelar pencarian Saldi. Mulai dari Basarnas, TNI, Polri hingga relawan semua dikerahkan untuk mencari keberadaan pria kelahiran Batu Menteng itu.

Upaya Tim SAR gabungan mencari Saldi sebelum ditemukan. Sumber: Basarnas Balikpapan

Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, Octavianto mengatakan, pencarian Saldi baru membuahkan hasil pada Senin pagi. Dia ditemukan di bawah kolong Pelabuhan Semayang dalam keadaan selamat. “Diinformasikan korban atas nama Saldi berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan dalam kondisi selamat,” katanya kepada awak media di lokasi penemuan.

Petugas gabungan berhasil mengevakuasi Saldi. Sumber: Istimewa

Saat ditemukan, Octa – panggilan Octavianto – menjelaskan, Saldi seperti mengalami ketakutan yang luar biasa. Dia pun sempat tak mau untuk dievakuasi. Sebab, dia enggan bertemu dengan petugas. “Korban mengalami pobhia atau traumatis, karena ketika ditemukan dia tidak mau diajak ke ambulans untuk dimintai keterangan dan memeriksa kesehatan,” jelasnya. Namun, melalui pendekatan yang humanis, petugas akhirnya bisa mengevakuasi Saldi ke tempat yang lebih aman. “Saat ini korban telah dibawa ke KP3 (Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang) untuk penanganan dan proses lebih lanjut. Dengan demikan operasi SAR ini dinyatakan ditutup,” tandasnya.

Pelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/M.Idris)

Sementara itu, Kasat Polair Polresta Balikpapan, Iptu Alfon Pasaribu mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Saldi. Berdasarkan pengakuannya kepada kepolisian, ia nekat meloncat ke laut lantaran akan dibunuh oleh seseorang. “Korban mengaku akan dibunuh, dia ada ketakutan luar biasa mau dibunuh,” katanya kepada awak media. Hal inilah yang diduga kuat menjadi motif Saldi menceburkan diri ke laut dan bersembunyi di bawah kolong Pelabuhan Semayang. Sebab, Alfon menduga, Saldi menderita gangguan psikis. “Karena memang ada sedikit tekanan pikiran dan batin dari korban. Jadi, mungkin korban akan kami bawa ke psikolog RS Bhayangkara untuk pengobatannya,” pungkas perwira balok dua di pundak itu.

Meringkus Pelaku Pencurian Kotak Infaq Masjid

Pencuri isi kotak infak di masjid saat diamankan di Mapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang.

Setelah viral di media sosial (medsos) terkait aksi pencurian isi kotak infak di Masjid Al-Muna yang berlokasi di Pantai Melawai, Balikpapan Kota, akhirnya pelaku berhasil terdeteksi keberadaannya. Pelaku bernama AS (18) diposting salah satu media sosial, dalam kondisi terlelap tidur di Masjid Nurul Ikhsan, kawasan Gunung Sari, Balikpapan. Pelaku pencuri kotak infak itu dipastikan AS, karena pakaian yang dikenakan sama persis saat dia terekam kamera CCTV di Masjid Al-Muna. Berbekal postingan tersebut, sejumlah warga yang geram langsung mencari dimana keberadaan pelaku. Setelah berkeliling mencari, akhirnya AS ditemukan sedang bermain game online di salah satu warnet di Gunung Sari. 

Tak ayal warga berusaha meringkusnya. Akan tetapi pelaku coba melarikan diri, sehingga warga tambah geram. Hingga akhirnya sejumlah bogem mentah mendarah ke tubuh pelaku. Beruntung saat itu petugas kepolisian dari Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang turut melakukan pencarian terhadap pelaku. Melihat itu, pihak kepolisian langsung bertindak cepat mengamankannya. "Dia ini merupakan pelaku pencurian kotak infak di Masjid Al-Muna yang terekam CCTV. Saat dilakukan penyelidikan oleh anggota di lapangan, pelaku berhasil diamankan saat bermain warnet di kawasan Gunung Sari," terang Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi melalui Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang, Kompol Dika Yosep Anggara. 

Dari tangan pelaku polisi juga mengamankan barang bukti sebatang besi pahat yang digunakan untuk menyongkel kotak infak. Dari pengakuan AS, uang hasil curian di dalam kotak infaq tersebut sebesar Rp 180 ribu, habis digunakan untuk bermain game online. "Dari pengakuan pelaku, uangnya habis digunakan untuk bermain game di warnet," jelas Yosep. Akibat perbuatannya, AS harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang. Dia kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Diketahui, aksi tidak patut ditiru tersebut terekam CCTV masjid dan viral di jagat media sosial Balikpapan. Video berdurasi 2 menit 2 detik tersebut memperlihatkan seorang pria memakai celana pendek berkaos warna kombinasi biru, merah dan putih dengan memakai peci hitam masuk ke dalam Masjid Al Muna. Pria tersebut masuk dari pintu depan masjid dan langsung menuju lokasi kotak infak. Sesekali pria itu melihat ke kanan dan kiri untuk memastikan aksinya tidak terlihat orang. Setelah berada di depan kotak infak yang menempel di dinding masjid, pria itu mengambil barang. Dari sakunya dikeluarkan sebuah besi untuk menyongkel gembok yang terpasang di kontak infak.

Dia sempat kewalahan membongkar kotak. Aksinya baru berhasil satu setengah menit. Tangannya pun langsung merogoh ke dalam kotak infak dan mengambil uang, serta memasukkan dalam saku celana. Salah seorang jemaah Masjid Al-Muna, Mohamed Abdel membenarkan jika aksi pencurian kotak infak tersebut di masjid tersebut. "Ya benar kejadian di Masjid Al-Muna Melawai, saya jemaah di situ," ujar Abdel sambil menambahkan kalau peristiwa pencurian sudah 3 kali terjadi di Masjid Al-Muna.



Source :
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol Dika Yosep Anggara, S.I.K. Kapolsek Penjaga Kawasan Pelabuhan Semayang
Kompol Dika Yosep Anggara, S.I.K. Kapolsek Penjaga Kawasan Pelabuhan Semayang
https://1.bp.blogspot.com/-IRwbrFOlqy8/Xivt3a20Q0I/AAAAAAAAMik/3Mlt4PyaLOUtcM1ZAXW6w8TU6nsg2sNpgCEwYBhgL/s320/7.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IRwbrFOlqy8/Xivt3a20Q0I/AAAAAAAAMik/3Mlt4PyaLOUtcM1ZAXW6w8TU6nsg2sNpgCEwYBhgL/s72-c/7.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/01/kompol-dika-yosep-anggara-sik-kapolsek.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/01/kompol-dika-yosep-anggara-sik-kapolsek.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content