$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

AKP Tommy Aruan, S.I.K. Kepala Sat Reskrim Penyidik Tindak Pidana di Polresta Manado


Satuan Reserse Kriminal adalah unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf polres yang berada dibawah Kapolres. Sat Reskrim dipimpin oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal disingkat Kasat Reskrim yang bertanggungjawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Waka Polres. Kasat Reskrim Polresta Manado saat ini dijabat oleh AKP Tommy Aruan, S.I.K, yang merupakan anggota IKATAPAN SETIA. AKP Tommy Aruan, S.I.K, ini telah melakukan berbagai upaya dalam melaksanakan upaya represif segala bentuk tindak pidana/kejahatan, berdasarkan ketentuan perundang–undangan yang berlaku.


Meringkus Tukang Parkir Membawa Senjata Tajam




Seorang tukang parkir berinisial R (22), warga Kelurahan Tikala Baru, Lingkungan V, Kecamatan Tikala, kedapatan membawa senjata tajam (Sajam) jenis pisau badik di depan Alfamart, tepatnya di kompleks Lapangan Tikala. Dari informasi yang dirangkum dari data dan laporan pihak kepolisian, penangkapan bermula setelah Tim Rayon Cheetah yang dipimpin oleh Ipda Bintang Yudha Gama, mendapat informasi dari masyarakat dimana di kompleks lapangan Tikala ada beberapa anak muda yang sedang melakukan balapan liar. Mendengar laporan tersebut, tim pun langsung merespon dengan cepat dan langsung menuju ke lokasi kejadian. Benar saja, sampainya disana anak-anak muda yang melihat kedatangan polisi langsung berhamburan meninggalkan lokasi. Sedangkan pelaku R meninggalkan lokasi kejadian. Tim pun mengejar dan berhasil mengamankan pelaku.



Salah satu saksi Mario Sinaga melihat ada benda mencurigakan yang disimpan di ibagasi motornya. Anggota tim Cheetah pun melakukan pemeriksaan dan didapati satu buah sajam yang disimpan. Setelah ditanyai oleh anggota, pelaku membenarkan bahwa sajam tersebut miliknya, tanpa tunggu lama, pelaku langsung digiring ke Polresta Manado. Saat dikonfirmasi, Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel melalui Kasat Reskrim AKP Tommy Aruan membenarkan adanya penangkapan itu. “Pelaku yang diduga melakukan balap liar dan membawa senjata tajam sudah diamankan. Dan kini pelaku akan diproses sesuai hukum berlaku,” singkatnya.



Mengungkap Kasus Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil


Kapolresta Manado, Kombes Pol Benny Bawensel bersama AKP Tommy Aruan kupas pengungkapan kasus pencurian bermodus pecah kaca mobil yang terjadi di ruas Jalan R.E. Martadinata, Kairagi.

Dikatakan Kapolresta dalam jumpa pers di depan sejumlah awak media, kejadian tersebut mengakibatkan korban mengalami kerugian sekitar Rp 5 juta. “Awalnya, pelaku dari Bitung dan melihat mobil Nissan Grand Livina milik korban yang terparkir di pinggir jalan. Kedua pelaku mendekat lalu memecahkan kaca mobil menggunakan obeng, kemudian mengambil tas berisi dompet, handphone dan buku service mobil,” ujarnya, didampingi Kasatreskrim, AKP Tommy Aruan, di aula Mapolresta. Usai beraksi, pelaku melarikan diri ke Bitung yang akhirnya berhasil ditangkap oleh Tim Resmob Polresta Manado saat akan menjual barang hasil curian.



“Tersangka berinisial ATA alias Vikar (25), oknum warga Halmahera Utara, dan merupakan residivis spesialis pecah kaca mobil. Tersangka ini baru keluar dari Lapas,” jelas Kapolresta. Sedangkan tiga tersangka lainnya, lanjut Kapolresta, saat ini dalam proses hukum di Polres Minahasa Utara atas kasus yang sama. Ia pun mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat meninggalkan kendaraannya. “Kami menghimbau masyarakat apabila meninggalkan mobil agar dalam keadaan terkunci serta tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil,” pungkas mantan Kapolres Minahasa Selatan ini.



Mengungkap Kasus Pembobolan ATM




Salah satu ATM di Kecamatan Mapanget telah dibobol orang. Akhirnya, Satreskrim Polresta Manado dan Unit Reskrim Polsek Sario berhasil meringkus 3 pembobol mesin ATM di Kecamatan Mapanget, Manado. Mereka berinisial RM (31, GW (29), dan WP (28). WP adalah teknisi PT Swadharma Sarana Informatika (SSI). Lalu ia didatangi RM yang adalah petugas monitoring PT SSI. WP dimintai kunci induk mesin ATM oleh RM. Pada Rabu dini hari RM bersama saudaranya, GW mendatangi salah satu mesin ATM di Kecamatan Mapanget. Lalu membukanya dengan kunci yang diperolehnya dari WP.



Uang yang digasak sejumlah Rp 200 juta. Kemudian keduanya mengembalikan kunci yang dipinjamnya kepada WP yang sedang memperbaiki mesin ATM di Airmadidi. Lalu uang hasil membobol itu dibagi. RM nendapat Rp 90 juta, WP Rp 60 juta, dan GW Rp 50 juta. Setelah memperoleh laporan, tim Satreskrim Polresta Manado dan Unit Reskrim Polres Sario mengejar pelaku. Dari ketiga pelaku uang yang tersisa yang dapat disita berjumlah Rp130 juta. “Menurut pelaku, uang sejumlah Rp 70 juta telah digunakan untuk berfoya-foya,” kata Kombes Pol Benny Bawensel yang diampingi Kasat Reskrim Polresta Manado, AKP Tommy Aruan. “Motifnya adalah masalah ekonomi. Pasal yang dapat dikenai pada mereka adalah pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Ketiganya dan barang bukti telah diamankan. Kasus ini masih ditangani lebih lanjut,” pungkas Kombes Pol Benny Bawensel.


Menangkap Pelaku Penipuan

Indriwati (korban) saat mendatangi Polresta Manado


Indriwati, (31) warga Kelurahan Sindulang Satu Lingkungan II Kecamatan Tuminting Kota Manado, terpaksa mendatangi Polresta Manado. Kedatangannya tak lain untuk melaporkan kasus dugaan penipuan yang dilakukan pelaku perempuan berinisial WK alias Wiwi (21) Warga Kelurahan Banjer Lingkungan I Kecamatan Tikala. Dihadapan Polisi, Korban menuturkan, kejadian itu bermula, terlapor meminta pertemanan kepada korban dan mengajak korban untuk mengikuti arisan yang di buat oleh terlapor, karena termakan rayuan pelaku, korban akhirnya mengikuti arisan yang di buat pelaku. Selang berjalannya waktu, terlapor mengambil arisan pertama, namun terlapor sudah tidak lagi membayar arisan tersebut.



“Saya sudah berusaha menghubungi dia (terlapor-red) untuk meminta pengembalian uang. Namun tidak ada hasil,” tutur Korban sembari menambahkan, akibat kejadian ini saya bersama korban lainnya mengalami kerugian sebesar Rp 85 juta. Kapolresta Manado, Kombes Pol Benny Bawensel, saat dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Tommy Aruan, membenarkan adanya laporan tersebut. “Laporannya sudah kami terima, dan sedang dalam proses penyelidikan,” ujar Aruan.



Mengamankan Pelaku Penganiayaan


Para pelaku manikam-nikam tubuh korban dengan sajam, dan mengenai bagian punggung, kepala, serta kaki.


Polresta Manado berhasil mengamankan pelaku penganiayaan menggunakan senjata tajam (sajam), secara bersama-sama terhadap lelaki IK alias Iklas (16), warga Titiwungan Selatan, Lingkungan 5, Kecamatan Sario, Manado. Keempat tersangka yang diamankan tersebut yakni MT alias Marcel (15), warga Tanjung Batu, Lingkungan IV, Kecamatan Wanea. IO alias IM (14) warga Kelurahaan Ranotana, Lingkungan 1, Kecamatan Sario, FP alias Nando (15) dan JL alias Jovan (17) keduanya warga Mahakeret Barat, Lingkungan III, Manado. Para tersangka yang diketahui 3 orang masih ber status siswa ini, diamankan oleh Tim Rimbas 1 yang dipimpin Aipda Ray winata, bersama Unsur Macan, serta Rayon Ambon Polresta Manado.



Berdasar informasi yang diperoleh dari korban, korban dan rekan-rekannya hendak pulang kerumah di lorong kapal sandar. Kemudian berpapasan dengan para pelaku yang tidak diketahui identitasnya ini. Tanpa alasan yang jelas, para pelaku yang menggunakan sepeda motor tersebut, menghadang korban di depan ATM Bank Mandiri, Kelurahan Titiwungan Utara, Manado. Saat itu juga, para pelaku menganiaya korban dengan menggunakan batu dan menikam dengan sajam jenis badik. “Para terlapor manikam-nikam tubuh korban dengan sajam, dan mengenai bagian punggung, kepala, serta kaki,” tutur Arfan Simbogolo yang juga orang tua korban saat melaporkan kejadian tersebut kepada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Manado.



Menerima laporan ini, tim khusus yang dimiliki Polresta langsung melakukan pengembangan di lapangan, dan hasilnya satu orang pelaku berhasil diamanakan Unsur Rayon. Sedangkan pelaku lainnya ditangkap Tim Macan bersama Tim Rimbas di sekitar SPBU wanea, dan Mahakeret. Selain mengamankan para pelaku, Polisi juga menyita barang bukti berupa dua buah sajam besi putih jenis badik. Kasat Reskrim Polresta Manado AKP Tommy Aruan membenarkan adanya Kejadian dan penangkapan tersebut “Pelaku telah diamankan untuk diperiksa lebih lanjut,” jelas Tommy.



Meringkus Tersangka Pemukulan Mahasiswa Demonstran




Polresta Manado menetapkan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, BM alias Bartholomeus sebagai tersangka kasus pemukulan terhadap demonstrasi di Kantor DPRD Sulut. Dalam rekaman video berdurasi 6 detik terlihat BM melayangkan tinju keras ke arah kepala Rayen Rizky Ontu, mahasiswa semester VII Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, yang sudah diamankan aparat kepolisian. Rayen kemudian membuat laporan resmi di Polresta Manado atas kejadian tersebut.



"Proses penyidikan kasus penganiayaan, di mana terlapornya BM alias Bartholomeus. Kita sudah memeriksa saksi-saksi. Setelah dilakukan gelar perkara, kita sudah tetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," ujar Kasat Reskrim Polresta Manado AKP Tommy Aruan. Selanjutnya penyidik akan memanggil BM. Lalu terkait penahanannya, jelas Tommy, ada beberapa hal yang akan dilihat. Pertama, BM berpotensi melarikan diri; kedua, menghilangkan barang bukti; dan ketiga, mengulangi perbuatannya. "Jadi tiga hal ini saya akan kaji dengan penyidik, apakah yang bersangkutan akan ditahan atau tidak," terang mantan Kapolsek Sario tersebut.


Membongkar Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi




Polresta Manado sukses membongkar kasus penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi yang digunakan untuk kepentingan industri. Kali ini, aparat kepolisian berhasil mengamankan RCT alias Rafly (32) warga Desa Taima Jaga 1, Kecamatan Romboken, Kabupaten Minahasa, di Jalan Ringroad, Kelurahan Winangun 1. Penangkapan itu berawal saat Tim Macan Polresta Manado, mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa sering terjadi kelangkaan bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar. Berdasarkan informasi tersebut, Tim Macan langsung melakukan peninjauan ke beberapa pertamina. Saat dalam perjalanan menuju pertamina jalan Ringroad, Tim bertemu mobil truk tangki warna hijau dan di curigai sedang mengakut BBM jenis solar bersubsidi.



Tim langsung memberhentikan truk tangki tersebut dan langsung dilakukan pengeledahan. Akhirnya, polisi menemukan truk tersebut mengakut BBM bersubsidi jenis solar. Tanpa menunggu lama, sopir dan barang bukti satu unit truk tangki warna Hijau dengan nomor Polisi DB8550 AS berserta 2700 liter BBM jenis solar langsung di bawa ke kantor Polresta manado untuk proses hukum sesuai yang berlaku. Sementara itu, Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel, saat dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Tommy Aruan, membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Pelaku berserta barang bukti sudah kami amankan, dan sedang dalam proses penyelidikan pihak kami,” ujar Aruan.



Meringkus Pelaku Pembunuhan


Siswa SMK Ichtus Manado, FL memeragakan adegan saat menikam gurunya Alexander Pangkey hingga tewas dalam rekonstruksi yang digelar di sekolah itu.


Polresta Kota Manado menetapkan satu tersangka baru dalam kasus penikaman guru oleh muridnya hingga tewas. Tersangka berinisial OU tersebut merupakan siswa SMK Ichtus Manado, yang juga teman dari FL, pelaku penikaman Alexander Pangkey (54). Kasat Reskrim Polresta Manado AKP Tommy Aruan mengatakan, penetapan tersangka baru itu setelah proses penyidikan dan pengumpulan keterangan-keterangan dari saksi-saksi. Polisi juga mendapat petunjuk-petunjuk baru mengenai peran siswa lain dalam kasus penganiayaan yang menewaskan guru itu. “Makanya kami menetapkan satu lagi tersangka sehingga dalam kasus pembunuhan guru ini, kami tetapkan untuk sementara dua tersangka,” kata Tommy Aruan di Manado.



Dari hasil rekontruksi kasus penikaman guru oleh murid hingga tewas di SMK Ichtus Manado di Kecamatan Mapanget, Kota Manado, terungkap peran tersangka baru OU. OU turut serta membantu temannya FL menganiaya korban Alexander Pangkey. “Saat adegan rekonstruksi tadi kita perhatikan tersangka melakukan pemukulan pada saat korban dengan pelaku penikaman sedang bergumul, tersangka yang baru memukul di bagian belakang korban,” kata Tommy. Tommy mengatakan, dalam proses rekonstruksi itu, kedua tersangka dan saksi-saksi melakukan sekitar 27 adegan, dimulai dari saat siswa ditegur korban saat kedapatan merokok hingga korban ditolong. Adegan pertama, diawali saat tersangka baru mengisi tanah dalam polybag. Dia kemudian ditegur gurunya karena kedapatan merokok. Adegan terakhir, korban ditolong dua orang saksi dan dibawa ke rumah sakit.


Dua siswa SMK Ichtus Manado, FL dan OU memeragakan adegan-adegan penikaman dan pemukulan gurunya Alexander Pangkey hingga tewas saat rekontruksi.


Aksi tersangka FL yang menikam korban dengan membabi-buta, baru terlihat pada adegan ke-12. FL menikam korban di atas sepeda motor. Korban kemudian kembali ke halaman sekolah dan ditusuk kembali oleh pelaku. Setelah itu, pisau pelaku terjatuh. Di saat itu, tersangka lain, OU menghampiri dan memukul korban. Korban berusaha melarikan diri. Namun, tersangka dikejar tersangka utama FL. FL kembali menikam korban dengan membabi buta. “Untuk hari ini kami melaksanakan rekontruksi, kami juga mengundang dari jaksa penuntut umum sehingga pelaksanaan rekontruksi ini cukup satu kali. Rekontruksi ini sangat dibutuhkan dalam proses persidangan nanti,” kata Tommy. 



Aksi penikaman yang dilakukan siswa SMK Ichtus Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), terhadap gurunya. Pelaku FL (16), menikam Alexander Pangkey (54), hingga berkali-kali. Penyebabnya pun sepele, karena korban menegur pelaku yang kedapatan merokok. Detik-detik saat pelaku menikam korban Alexander Pangkey di halaman sekolah SMK Ichthus di Kecamatan Mapanget, Kota Manado, sempat direkam oleh siswa. Dalam video amatir yang beredar luas di aplikasi WhatsApp itu, pelaku yang memakai seragam sekolah, terlihat bertubi-tubi menusukkan pisau dapur ke tubuh korban.


Lokasi siswa SMK di Manado menikam gurunya karena emosi ditegur saat merokok


Meringkus Pelaku Judi Togel


Barang bukti yang diamankan petugas.


Tim Paniki Rimbas 3 Polresta Manado, kembali mengamankan seorang wanita atas kasus judi togel. Diketahui CP alias Coony (38) warga Kelurahan Wenang Utara, Lingkungan III, Kecamatan Wenang ini diamakan petugas dirumahnya. Informasi yang dirangkum Suarapembaharu.com, penangkapan itu berawal saat Tim Paniki Rimbas 3 Polresta Manado menerima laporan dari masyarakat. Dimana, ada seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang sering merekap judi togel dirumahnya. Dari informasi tersebut, Tim Paniki Rimbas 3 Polresta Manado yang dipimpin Aiptu Karimudin langsung bergerak menuju lokasi yang dimaksud.



Tiba dilokasi, petugas mendapati IRT tersebut sedang merekap judi togel dirumahnya. Pelaku kemudian langsung diamankan dan digiring ke Mapolresta Manado beserta barang bukti. Kapolresta Manado, Kombes Pol Benny Bawensel saat dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Polresta Manado, AKP Tommy Aruan membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Iya benar, tadi petugas mengamankan seorang IRT atas kasus judi togel. Saat ini pelaku dan sejumlah barang bukti,” kata Tommy Aruan. “Adapun arang bukti yang diamankan antara lain Handphone Samsung J7, uang tunai Rp 876.000 serta beberapa lembar kertas rekapan,” pungkas Aruan.



Mengungkap Kasus Penemuan Pasutri Tewas


Pasutri yang ditemukan tewas di dalam kamar kontrakan mereka di Kota Manado, Sulawesi Utara


Kepolisian Resort Kota Manado terus melakukan penyidikan terkait dengan kasus kematian Gung Akbar dan Rosna Sartika Kandong, pasangan suami istri (Pasutri) yang ditemukan tewas di kamar kontrakan di Kelurahan Komo Luar Lingkungan II, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Setelah dilakukan autopsi dan memastikan kematian keduanya diakibatkan luka tikam dan sayatan di leher, dada dan tangan, kepolisian juga melakukan serangkaian olah tempat kejadian perkara (TKP), tempat keduanya ditemukan yakni di kamar kontrakan. Tim inafis Polres Kota Manado yang melakukan olah TKP, hingga saat ini belum menemukan adanya jejak kehadiran orang lain atau pihak ketiga di dalam kamar selain jejak kedua korban sendiri. Hal ini diungkapkan Kasat Reskrim Polres Kota Manado AKP Tommy Aruan.


Kasat Reskrim Polres Kota Manado AKP Tommy Aruan

Menurut Aruan, pihaknya masih tetap mencari dugaan-dugaan lain, apakah memang ada keterlibatan pihak lain. Walaupun, hingga saat ini belum ada ditemukan jejak lain selain punya kedua korban. "Sejauh ini kita simpulkan belum ada temuan ada orang luar yang masuk ke dalam kamar, hingga akhirnya kedua korban ditemukan," tutur Aruan. Aruan mengatakan, saat ini pihaknya sudah memeriksa enam orang saksi. Keenam saksi itu menurut Aruan, diperiksa secara bergantian untuk mendapatkan keterangan yang nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan kasus tersebut. "Saksi yang diperiksa diantaranya penjaga kamar, teman kerja korban yang datang hingga tamu yang datang menginap di tempat tersebut sehari sebelum kejadian dan beberapa orang penghuni lainnya," kata Aruan. "Saat ini, melihat temuan-temuan yang ada, kami masih menduga jika ini adalah persoalan keluarga. Tetapi, kita tidak bisa memberikan asumsi, selama ini masih dalam penyidikan," tutur Aruan kembali.


Suasana di lokasi tempat kejadian perkara di Kelurahan Komo Luar Lingkungan II Kecamatan Wenang, Kota Manado.




Source :
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: AKP Tommy Aruan, S.I.K. Kepala Sat Reskrim Penyidik Tindak Pidana di Polresta Manado
AKP Tommy Aruan, S.I.K. Kepala Sat Reskrim Penyidik Tindak Pidana di Polresta Manado
https://1.bp.blogspot.com/-GsUO-CQ_BtY/XjeKaAy7YrI/AAAAAAAAM18/n0GgAjPHG9sMsxiUudcifClAQo656_TDgCLcBGAsYHQ/s320/15.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GsUO-CQ_BtY/XjeKaAy7YrI/AAAAAAAAM18/n0GgAjPHG9sMsxiUudcifClAQo656_TDgCLcBGAsYHQ/s72-c/15.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/02/akp-tommy-aruan-sik.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/02/akp-tommy-aruan-sik.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content