$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol Arga Dija Putra, S.I.K., M.Si Kasat Lantas Penjaga Kondusifitas Lalu Lintas Wilayah Polres Bandara Soekarno-Hatta


Kepolisian Resort (Polres) Bandara Soekarno-Hatta merupakan satuan pelaksana tugas kepolisian pada tingkat wilayah Bandara Soekarno-Hatta yang berada di bawah naungan Polda Metro Jakarta Raya. Tugas utama dari Polres yang bermarkas di lingkungan Bandara Soekarno-Hatta ini yaitu memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di seluruh wilayah hukumnya yang meliputi seluruh wilayah Bandara Soekarno-Hatta. Secara total wilayah hukum yang menjadi tanggung jawab Polres Bandara Soekarno-Hatta terdiri dari 5 Subsektor yang meliputi Subsektor Cargo, Subsektor Terminal Satu, Subsektor Terminal Dua, Subsektor Soewarna dan Subsektor Terminal Tiga.

Dalam menjalankan roda organisasi sehari-hari khususnya di bidang lalu lintas, Polres Bandara Soekarno-Hatta dibantu oleh kepala satuan kerja yang membawahi satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) sebagai unsur pelaksana yang bertugas memberikan bimbingan teknis atas pelaksanaan fungsi Lalu Lintas di lingkungan Polres serta menyelenggarakan dan melaksanakan fungsi tersebut yang bersifat terpusat. Sat Lantas Polres dipimpin oleh Kasat Lantas Polres yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Kapolres. Kasat Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta saat ini dipimpin oleh seorang perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006, yakni Kompol Arga Dija Putra, S.I.K., M.Si. Berikut ini merupakan beberapa upaya yang telah dilakukan Sat Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta dalam melaksanakan operasi Kepolisian di bidang lalu lintas dalam rangka penegakan hukum dan ketertiban lalu lintas di kawasan Bandara Soekarno-Hatta di bawah kepemimpinan Kompol Arga Dija Putra, S.I.K., M.Si.

Mengadakan Kegiatan Millenial Road Safety Festival



Guna meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas (lantas) di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Sat Lantas Polresta Bandara Soetta menggelar patroli sekala besar. Patroli tersebut digelar bersama dengan Garnisun, Aviation Security (Avsec) dan security. Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Arga Dija Putra mengatakan, patroli gabungan tersebut selain bertujuan untuk menjaga keamanan wilayah Bandara juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas). “Hari ini kita melaksanakan salah satu program Polri yakni Millennial Road Safety Festival yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kaum millennial agar lebih peduli dalam keselamatan berlalu lintas,” kata Kompol Arga.


Menurut Arga, tingginya angka laka lantas didominasi oleh kaum millennial. “Berdasarkan survey, 55% angka kecelakaan lalu lintas didominasi oleh kaum millennial. Maka dari itu kami Satuan Lalu lintas Bandara Soetta mengajak masyarakat khususnya kaum millennial agar lebih berhati – hati dalam berkendara,” ujar Kompol Arga. Ia berharap, angka laka lantas dapat menurun dari tahun sebelumnya. Ia juga mengajak kaum millenial agar mematuhi rambu dan marka lalu lintas selama berkendara. “Semoga di tahun 2019 ini angka kecelakaan lalu lintas dapat menurun,” kata Kompol Arga.

Mengelar Operasi Patuh Jaya


Polisi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta akan menggelar Operasi Patuh Jaya di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Operasi tersebut akan berlangsung mulai. Razia selama 14 hari itu bertujuan untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar. Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Arga Dija Putra mengatakan, pihaknya akan menindak pengendara atau pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas. “Kita concern pada pengendara yang melawan arus, pengendara di bawah umur, pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi yang tidak memakai sabuk pengaman,” kata Kompol Arga kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang.

Selain pelanggaran tersebut lanjut Arga, Polisi juga akan menindak pengendara kendaraan yang menyalahgunakan lampu rotator ataupun sirine. Tentu saja, Polisi akan memeriksa kelengkapan surat berkendara seperti SIM dan STNK. Pelanggaran lalu lintas lain seperti mengemudi dalam pengaruh minuman beralkohol dan melanggar rambu juga akan ditindak. Untuk operasi ini, Polresta Bandara Soetta akan menerjunkan 75 personel. Mereka akan dibantu oleh petugas Aviation Security (Avsec). “Kekuatan 75 personel yakni gabungan Polantas, Sabhara dan Provost. Avsec juga kita libatkan dalam operasi ini” kata Arga. Arga menyebut, pihaknya akan menggelar operasi di sejumlah titik. Mulai dari jalan utama, kawasan kargo hingga jalan perimeter. “Mulai dari Perimeter Selatan, Utara dan jalan – jalan utama lainnya. Kawasan soewarna, Kargo dan jalan utama tetap kita gelar. Untuk terminal penumpang, kita lihat situasi nanti. Supaya tidak mengganggu aktivitas pengguna jasa bandara yang mau berangkat,” pungkasnya.

Membagikan Sticker Call Center Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) di Bandara Soetta


Sejumlah polisi wanita (Polwan) mendatangi para supir angkutan umum yang tengah menunggu penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Selain sopir Bus dan taksi, para Polwan juga mendatangi pengguna jasa Bandara. Kedatangan para Polwan tersebut bukan untuk menindak para pengandara melainkan membagikan sticker Call Center Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Arga Dija Putra.


“Kegiatan tersebut merupakan inovasi kami yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat guna mempermudah apabila ada yang melihat terjadinya laka lantas di wilayah bandara dapat segera menghubungi nomor call centre tersebut,” kata Kompol Arga. Sehingga, lanjut Arga, petugas dapat dengan cepat mendatangi lokasi kecelakaan dan memberikan pertolongan ke korban. Menurut Arga, inovasi tersebut juga berkaitan dengan progam Polri yakni Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). “Inovasi tersebut juga berkaitan dengan program Polri yang Promoter dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandas Arga.

Memasang Spanduk Himbauan atau Peringatan Selamat Berlalu Lintas

Aksi Tim Satlantas Polres Bandara Soetta saat melakukan pemasangan spanduk untuk pengendara.

Keselamatan masyarakat menjadi prioritas bagi Satuan Lantas Polres Bandara Soekarno Hatta. Untuk menekan angka kecelakaan pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di seputaran Bandara Internasional Soekarno Hatta, Aparat kepolisian (Sat Lantas-red) memasang spanduk yang berisi sepuatar himbauan atau peringatan agar selamat dalam berlalu-lintas. Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Viktor Togi Tambunan SIK, MH melalui Kasat lantas Polresta Bandara Soetta yang akrab disapa publik dengan sapaan Kompol Arga menyampaikan, kegiatan yang digelar pihaknya dengan memasang spanduk-spanduk tersebut, tak lepas dari atensi pimpinanya.

“Satuan Lalu lintas Polresta Bandara Soetta menindaklanjuti commander wish Kapolda metro Jaya dengan bergerak cepat melaksanakan pemasangan spanduk dan rambu-rambu larangan dalam rangka upaya menangani Pelanggaran Lawan Arus,” jelas Kompol Arga.

Polresta Bandara Soetta menghimbau pengendara untuk tidak melawan arus.

Secara terpisah, Kasubag Humas Polresta Bandara Soetta Ipda Riyanto, menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk meminimalisir pelanggar yang melawan Arus. Selain melakukan upaya Preemtif, Satlantas Polresta Bandara Soetta juga melakukan Tindakan Preventif maupun Represif. “Kami harapkan dengan adanya upaya-upaya tersebut tidak ada lagi pelanggaran lalu lintas lawan arus, karena sangat berbahaya bisa terjadi kecelakaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain,” himbau Riyanto.

Spanduk himbauan yang dipasang Polresta Bandara Soetta.

Sementara itu, Johan (37) salah satu pengguna jalan raya yang melintas di seputaran Bandara Soetta menyampaikan apresiasinya kepada kepolisian setempat yang konsern dan berupaya mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati berkendara dan mematuhi rambu-rambu yang ada. “Sangat apresiasi ya, disebabkan jika kita melawan arus sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Dengan adanya spanduk peringatan seperti ini, kami khususnya para pengguna jalan raya jadi bisa lebih hati-hati,” tutur Johan.


Menghimbau Keselamatan Pemudik dan Mengamankan Bandara



Dalam rangka menyemarakkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah, Kasat Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Arga Dija Putra bersama Staf dan Bhayangkari menyampaikan ucapan selamat hari raya. Ia mengajak seluruh instansi terkait atau stokeholder untuk tetap bersinergi untuk tetap menjaga tiap sudut wilayah Bandara agar selalu aman, nyaman dan terkendali. Tak lupa ia berpesan bagi para pemudik yang menggunakan sarana transportasi udara untuk tetap berdoa dan menjaga barang bawaannya selama bepergian. “Jangan lupa berdoa dan pastikan kondisi fisik tetap prima serta perhatikan barang bawaan anda,” kata Arga di Bandara Soetta.


Arga juga tak lupa mengimbau kepada pemudik yang menitipkan kendaraannya di bandara internasional Soetta untuk tetap menjaga karcis dan kunci mobilnya agar tetap aman. “Jangan sampe tercecer,” ucapnya. Jika selama di Bandara ada hal-hal yang dianggap kurang pas perihal keamanan maupun petugas diharapkan untuk segera melaporkan diri ke pos pengamanan Polres Bandara. “Ada yang kurang pas atau berkenan menyangkut keamanan, langsung lapor saja ke kami,” tegasnya. Ia optimis, selama berada di bandara pemudik akan merasakan aman dan nyaman.


“Kami berlakukan pengamanan berlapis, aparat gabungan dari TNI, AVSEC dan security Bandara. Ada puluhan motor Ditlantas yang disiagakan untuk reaksi cepat jika terjadi penumpukan kendaraan, Keamanan bandara dan Dishub siap melayani anda,” terangnya. Diakhir percakapannya, Arga turut memanjatkan doa keselamatan bagi pemudik. “Tak lupa kami turut mendoakan para pemudik agar tetap selamat sampai tujuan dan kembali ke Jakarta dengan tidak kurang satu apapun,” imbuhnya.

Mengidentifikasi Minibus yang Menabrak Pembatas Jalan di Bandara

Minibus tercebur ke Parit Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta.


Sebuah minibus terjungkal dan masuk ke parit setelah menabrak pagar pembatas jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta. Kasatlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Arga Dija menjelaskan, minibus Toyota dengan nomor polisi B 1877 SZG tersebut terjun ke parit yang ada di pinggir jalan Perimeter Utara setelah kehilangan kendali dari pengemudinya. "Sebelum terjadinya kecelakaan out of control," ujar dia kepada Kompas.com melalui pesan teks. Arga Dija menjelaskan kronologi kejadian sopir minibus dengan nama Elis Triyani melaju dari Bandara soetta hendak menuju Tangerang dengan melalui Jalan Raya Perimeter Utara.

Sesampainya di Jalan Raya Perimeter Utara Bandara Soekarno Hatta, lanjut Arga Dija, sopir hilang konsentrasi dan membanting stir ke arah kiri, sehingga menyebabkan kendaraan menabrak pagar pembatas jalan. "Dan kendaraan tercebur ke parit," kata dia. Saat ditemukan, sopir minibus bernama Elis tersebut dalam keadaan baik dan tidak terluka. Kejadian tersebut, lanjut Arga Dija, mengakibatkan kerugian materi pada kendaraan dan pagar pembatas jalan yang masih dalam proses kalkulasi.

Mengamankan Supir Bus yang Membuat Seorang Wanita Terjepit di Jalur Shuttle Bus

Seorang ibu hamil terserempet hingga jatuh dan terjepit shuttle bus, di area Transit Oriented Development (TOD) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta)

Kasat Lantas Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta Kompol Arga Dija Putra mengatakan, pihaknya menahan sopir shuttle bus yang terlibat kecelakaan dengan seorang wanita di area transit oriented development (TOD). "Sopir atas nama Andi diamankan di Polres Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya saat ditemui selepas acara di Asrama Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang. Arga menuturkan penahanan sopir bus Damri bernama Andi Syahlizar ini dilakukan sementara untuk proses pemeriksaan atas peristiwa kecelakaan yang terjadi pada pukul 13.25 WIB kemarin.


Arga menduga kecelakaan yang membuat Nurlaela, 37, terjepit bus bernopol B-7240-TAA di TOD Bandara Soekarno-Hatta ini karena sang sopir kurang konsentrasi. "Mungkin juga kurang perhatian atau kurang konsentrasi saat berkendara. Di depan kurang 100 meter ada Nurlela, terjepit di tembok akibat bus tersebut," jelasnya. Kata dia, kecelakaan terjadi saat bus sedang menaiki dan menurunkan penumpang. Menurutnya, perlintasan di lokasi kecelakaan hanya diperuntukkan bagi jalur shuttle bus, bukan pejalan kaki. "Kalau rambu sudah cukup, tapi itu memang sempit dan bukan khusus jalan orang. Itu memang khusus shuttle perlintasan bus saja," katanya.

Kasat Lantas Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta Kompol Arga Dija Putra menjelaskan kronologi kejadian.

Arga menegaskan korban yang merupakan warga Poris Jaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang ini tidak dalam kondisi hamil seperti isu yang beredar. Hanya saja, kata dia, korban yang sudah kembali ke rumahnya setelah menjalani perawatan medis tersebut tubuhnya cukup gemuk. "Untuk korban sudah kembali dari rumah sakit. Hasil Rontgen tidak ada luka dalam, hanya memar sedikit di bagian bahu. Korban tidak hamil, kami kroscek langsung," pungkasnya.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang, mengatakan, pihaknya sudah memfasilitasi penanganan dan pemeriksaan secara medis untuk Nurlaela. "Keputusan keluarga akan dibawa pulang dan akan diobati secara alternatif, diurut," ujarnya. Febri juga mengatakan, pihak keluarga Nurlaela enggan membawa kasus tersebut ke pihak kepolisian, melainkan menyelesaikannya secara kekeluargaan. "Dan keputusan dari suami korban, Bapak Safrudin bahwa akan ditempuh dengan cara kekeluargaan dengan sopir shuttle," jelasnya.

Shuttle Bus Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola Damri, tempat Nurlela mengalami kecelakaan
(KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Mengamankan Supir Bus yang Menabrak Pesepeda

Pihak Kepolisian Mengevakuasi Korban.


Terjadi peristiwa kecelakaan yang menewaskan seorang pesepeda yang melintas di jalur M1 lorong ACS, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Polisi mengamankan sopir bus Damri, Sudarmin, karena terlibat kecelakaan yang mengakibatkan kematian pesepeda di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Kasat Lantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Arga Dija Putra mengatakan, pihaknya masih memeriksa sopir asal Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul itu. "Sopir sementara masih kita amankan. Masih dalam proses penyelidikan," ujar Arga kepada TangerangNews.

Peristiwa kecelakaan maut terjadi di jalur M1 lorong ACS, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Kecelakaan melibatkan bus Damri bernopol B-7387-TGC yang dikemudikan Sudarmin dengan sepeda yang dikendarai Sarkim. Arga mengatakan, kecelakaan mengakibatkan korban asal Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang itu tewas di lokasi kejadian karena luka-luka. Peristiwa berawal saat Sarkim, bersama enam rekannya sedang menunggangi sepeda masing-masing melintas di lokasi kejadian. Namun nahas, sepeda korban tersenggol oleh badan bus Damri rute Gambir itu sehingga membuat kemudinya oleng dan membentur pagar rel kereta.

"Korban jatuh, tubuhnya masuk ke kolong mobil terlindas roda bus tersebut," ungkapnya seraya menambahkan sepeda korban hancur. Korban sudah dievakuasi. Jenazahnya sudah dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang menggunakan ambulans Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta. Sementara polisi langsung mengamankan sopir bus. Kini, Sudarmin masih menjalani pemeriksaan intensif agar polisi dapat menentukan statusnya sebagai tersangka atau tidak. "Sopir sementara masih kita amankan. Masih dalam proses penyelidikan," kata Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Arga Dija Putra saat dikonfirmasi


Arga menambahkan, jalur perlintasan di lokasi kecelakaan memang diperbolehkan bagi sepeda, walau tidak ada jalur khususnya. Pihaknya juga akan mengkaji perlintasan ini demi keselamatan pengendara. "Kalau di sekitar terminal tidak boleh dilintasi sepeda, tapi kalau di luar terminal boleh," pungkasnya.



Source :

Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol Arga Dija Putra, S.I.K., M.Si Kasat Lantas Penjaga Kondusifitas Lalu Lintas Wilayah Polres Bandara Soekarno-Hatta
Kompol Arga Dija Putra, S.I.K., M.Si Kasat Lantas Penjaga Kondusifitas Lalu Lintas Wilayah Polres Bandara Soekarno-Hatta
https://1.bp.blogspot.com/-u0e1b9EE_kk/XkxffEXlhuI/AAAAAAAANLo/_vq-2dGiK6U9tgo9YB8oYPuUlcmsbnHtwCEwYBhgL/s1600/9.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-u0e1b9EE_kk/XkxffEXlhuI/AAAAAAAANLo/_vq-2dGiK6U9tgo9YB8oYPuUlcmsbnHtwCEwYBhgL/s72-c/9.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-arga-dija-putra-sik-msi.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-arga-dija-putra-sik-msi.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content