$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol Boni Ariefianto, S.I.K. Kepala Bagian Operasi Kepolisian Polres Kotawaringin Barat


Bagian Operasi (Bag Ops) merupakan salah satu unsur kepolisian bertugas merencanakan dan mengendalikan administrasi operasi kepolisian, pengamanan kegiatan masyarakat dan atau instansi pemerintah, menyajikan informasi dan dokumentasi kegiatan Polres serta mengendalikan pengamanan markas. Bag Ops merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada dibawah Kapolres. Dalam pelaksanaan tugasnya Bag Ops menyelenggarakan kesiapan administrasi dan pelaksanaan Operasi Kepolisian sejak tahap Pra-Operasi (Pra-Ops) sampai dengan Pasca Operasi. Bag Ops dipimpin oleh Kabag Ops yang bertanggung jawab kepada Kapolres, dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Wakapolres. Kabag Ops Polres Kotawaringin Barat dijabat oleh seorang perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 berpangkat Komisaris Polisi, yaitu Kompol Boni Ariefianto, S.I.K. Berikut ini merupakan beberapa upaya yang telah dilaksanakan oleh Bag Ops Polres Kotawaringin Barat, Kalimantan tengah, di bawah kepemimpinan Kompol Boni Ariefianto, S.I.K.


Mengadakan Patroli dalam Menjaga Situasi Kamtibmas Kobar

Polres Kobar bersama Kodim 1014 saat mulai melakukan patroli bersama.


Polres Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Kodim 1014 Pangkalan Bun melakukan patroli bersama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kobar, terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakannya pemilihan Kepala Daerah secara serentak diseluruh Indonesia termasuk Provinsi Kalimanatan Tengah. Dandim 1014/Pbn Letkol Inf. Yudi Rianto Ratu menyampaikan, Patroli Show of Force tersebut digelar dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kobar, dan merupakan wujud sinergitas TNI-Polri yang selama ini terjalin dengan sangat baik diwilayah Kobar itu. “Patroli Show Force oleh Polres Kobar bersama kita jajaran Kodim 1014, dengan mengelilingi wilayah, khususnya diseputaran Kota Pangkalan Bun,” katanya.

Dalam patroli tersebut, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kobar, Kompol Boni Ariefianto menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil, guna memantau situasi Kamtibmas ditengah-tengah masyarakat, selain itu juga memperlihatkan sinergitas TNI-POLRI yang siap memberikan keamanan kepada warga. “Kami akan selalu memastikan daerah ini bisa Kondusif, kerjasama TNI-Polri juga tidak perlu diragukan lagi, jadi bagi siapapun yang berusaha untuk membuat kegaduhan di daerah ini pasti akan ditindak tegas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Kompol Boni.

Melakukan Pengecekan Pos Operasi Lilin




Pelaksanaan pengamanan Operasi Lilin secara serentak dilaksanakan oleh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia. Hal ini digunakan oleh Kapolres Kobar AKBP E. Dharma B. Ginting melalu Kabagops Kompol Boni Ariefianto melakukan pengecekan keempat pos yang digunakan untuk Operasi Lilin. “Hari pertama ini kita lakukan pengecekan keempat pos yaitu Pos Terpadu Bundaran Pancasila, Pos Pengamanan Kampung Baru, Pos Pelayanan di Pelabuhan Panglima Utar Kumai dan Bandara Iskandar,” beber Kabagops Kompol Boni. Dalam pengecekan kali ini, Kompol Boni melakukan pendataan kelengkapan peralatan yang ada di pos dan kehadiran perorangan yang melaksanakan piket posko.

Dikatakannya, pengecekan seperti ini akan dilaksanakan secara terus menerus hingga operasi lilin berakhir pada awal 2020. “Cek sekaligus kita datakan potensi-potensi kerawanan kamtibmas yang ada di tiap-tiap pos untuk mengambil langkah dan tindakan lanjutan apabila terjadi situasi yang insidentil atau mendadak,” katanya. Selain itu, Kabagops berpesan agar seluruh pos dilengkapi dengan alat komunikasi yang baik dan aktif, agar dapat melaporkan perkembangan situasi setiap beberapa jam sekali. “Apabila ada kejadian menonjol segera laporkan ke Mako,” pungkasnya.

Melakukan Sidak Pasar dan Swalayan Bersama Kapolres dan Tim Gabungan




Menjelang Natal dan Tahun Baru, Polres Kotawaringin Barat melakukan sidak pasar dan swalayan yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam rangka persiapan menjaga kestabilan harga dan stok sembilan bahan pokok (Sembako. Kapolres Kotawaringin Barat AKBP E Dharma Bahagia Ginting bersama instansi pemerintah dan didampingi Kabag Ops Kompol Boni Ariefianto, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Perindagkop UKM dan BPOM (Balai Pengawasan Obat Dan Makanan) Pangkalan Bun melakukan sidak ke Pasar Indra Sari blok A dan B serta swalayan Hypermart. Menurut Kapolres, ada tiga fokus pemantauan dalam rangka menghadapi perayaan Natal dan tahun baru.

“Kami bersinergi dengan instansi terkait melihat langsung kondisi di pasar seperti stabilitas ketersediaan sembako, stabilitas harga sehingga tidak ada lonjakan harga selain itu kami juga memeriksa ketersediaan kebutuhan masyarakat dalam keadaan baik atau tidak kadaluarsa,” katanya. Hasilnya, sembako cukup tersedia begitu pun dengan harga masih stabil, hanya saja ada kenaikan pada harga telur ayam tetapi kenaikan harganya masih dalam wajar, sedangkan untuk barang belum ditemukan. “Kegiatan sidak yang kami lakukan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kami kepada masyarakat melalui kegiatan ini diharapkan tidak ada celah bagi pihak pihak yang ingin mengambil keuntungan besar dalam moment besar ini, kasihan masyarakat kita,” ujarnya.



Memperketat Penjagaan Keamanan di Mapolres Kobar

Salah seorang warga yang akan mengurus SKCK sedang menjalani pemeriksaan oleh penjaga. Penjagaan ketat di Mapolres Kobar dan setiap pengunjung diperiksa barang bawanya


Polres Kobar terapkan pengamanan satu pintu. Hal itu dilakukan sabagai antisipasi gangguan skala kecil hingga besar yang mengancam markas kepolisian di Pangkalan Bun itu. Kabag Ops Polres Kobar Kompol Boni Ariefiento mengatakan, bom bunuh diri di Mapolresta Medan menjadi perhatian bersama. Kewaspadaan terhadap berbagai ancaman seperti itu harus dilakukan. “Sebagai antisipasi ancaman di Mapolres Kobar, kami menerapkan pengaman satu pintu,” kata Kabag Ops Polres Kobar Kompol Boni Ariefiento. Menurutnya pihak Polres juga menyiagakan anggota dengan pakaian lengkap di pintu utama. Pemberlakuan sistem satu pintu dan siaga personil ini sudah diterapkan dari awal.

“Jadi seluruh pengunjung yang datang ke Polres Kobar baik itu untuk mengurus SKCK maupun pembuatan laporan akan kami periksa lebih ketat. Mulai barang bawaan dan kartu identitas. Terutama barang barang yang bersifat mencurigakan seperti tas ransel maupun jaket,” imbuhnya. Namun ia memastikan bahwa pengamanan yang dilakukan ini tidak akan mengganggu jalannya proses pelayanan kepada masyarakat. “Kami harapkan masyarakat memaklumi hal ini, karena prosedur keamanan di Polres telah ditingkatkan,” katanya. Pihaknya juga berpesan agar masyarakat selalu membawa identitas diri jika hendak mengurus sesuatu di Polres. “Karena saat melewati pintu penjagaan selalu dimintai identitas. Kami harap kerja sama yang baik dari seluruh lapisan masyarakat Kobar,” pungkasnya.



Melaksanakan Operasi Antik Telabang dalam Mengungkap Kasus Narkoba

Kabag Ops Polres Kobar Boni Ariefianto saat mengintrogasi tersangka kasus narkoba. Saat ini aparat Polres Kobar terus meningkatkan teknik penyidikan untuk mencegah masuknya narkoba


Anggota Polres Kotawaringin Barat (Kobar) terus meningkatkan teknik penyidikan dalam menguak kasus narkoba, sehingga ke depan peredaran narkoba bisa diungkap dan habis. Operasi Antik Telabang yang dilaksanakan selama 25 hari oleh jajaran Polres Kotawaringin barat (Kobar) berhasil mengungkap 8 kasus narkoba jenis sabu. Dari 8 kasus tersebut, tercatat sembilan orang berhasil ditangkap. Kesembilan pelaku ini rata-rata pengedar yang merupakan warga Kabupaten Kobar. Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Zulkarnain Sirait melalui Kabag Ops Boni Ariefianto mengatakan diketahui sebagian besar target operasi narkoba berasal dari luar daerah, sehingga polisi harus meningkatkan teknik penyidikan dan pendalaman kasus. "Kami tidak berdiam diri selalu meningkatkan teknik daripada penyidikan untuk menyelesaikan masalah perederan gelap narkoba," ujarnya.

Kabagops Polres Kobar Kompol Boni beserta jajaran memperlihatkan barang bukti sabu saat pers release di Mapolres Kobar.

Pihaknya berharap ke depan masalah peredaran gelap narkotika di wilayah Kobar bisa diberantas. "Peredara gelap narkotika bisa kita gagalkan dan kita ungkap, sehingga kita berharap ke depan untuk peredaran narkotika di Kobar benar - benar habis," ungkapnya. Ia menyampaikan jika sebagian besar barang masuk dari luar Pangkalan Bun atau Kobar. Jalur darat seperti dari Lamandau, Sukamara, Seuryan dan Kalbar, sementara jalur laut masuk dari Pulau Jawa. Polres Kobar telah melaksanakan giat Antik dan pengembangan kasus di Oktober dan November 2019.

Hasilnya ada 8 LP dan 9 tersangka yang diamankan dan sita 39 paket seberat 29,58 gram sabu senilai Rp 30 juta. Mereka adalah, Julkipli warga Kumai dengan barang bukti (barbuk) sabu seberat 02.9 gram, Adi Musdani Kumai barbuk 7.19 gram, Herman dan Mulyadi warga Kecamatan Arut Selatan menyimpan 12.21 gram, Saparudin warga Sei Kapitan Kumai memiliki 4.39 gram sabu, Tobin warga Batu Belaman 2.52 gram, dan Riki Saputra warga Sidorejo menyimpan 0.54 gram, Jumbri warga Mendawai 1.03 gram) serta Pusuri warga Sidorejo menyimpan 0.77 gram.


Sebanyak sembilan tersangka diamankan Polres Kobar karena kasus narkoba di Mapolres Kobar


"Semuanya itu menggunakan kurir, atau jaringan sel terpisah, bisa jadi mereka tidak saling kenal, maka ini terus kita dalami," tandasnya. “Para tersangka ini sebagian besar merupakan target operasi selama operasi antik, dan sebagian lagi juga hasil dari pengembangan dari rekan-rekan satnarkoba, untuk barang bukti ini kebanyakan didatangan berasal dari luar kota pangkalan Bun, yakni dari wilayah Kalbar,”ujar Boni saat press release di Mapolres Kobar.



Mengamankan Pelajar yang Akan Mengikuti Aksi Demo Mahasiswa

Sebanyak 26 pelajar dari salah satu sekolah di Kecamatan Kumai, diamankan oleh jajaran Polres Kobar saat berlangsungnya aksi demo mahasiswa Untama yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kotawaringin Barat di DPRD Kabupaten Kobar


Aksi demo mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kotawaringin Barat diwarnai ketegangan ketika puluhan pelajar mencoba masuk dalam kerumunan mahasiswa yang sedang berorasi di depan gedung DPRD Kobar. Kehadiran pelajar yang berasal dari satu sekolah di Kecamatan Kumai tersebut langsung mengundang reaksi dari aparat Polres Kobar. Gerombolan ABG yang mengenakan pakaian serba hitam itu langsung digiring menjauh dari lokasi demo. Saat diinterogasi oleh Intel Polres Kobar, puluhan pelajar tersebut mengakui bahwa kehadiran mereka di lokasi itu hanya untuk menonton aksi mahasiswa Untama. Para pelajar ini juga mengatakan, tidak ada yang mengorganisir mereka. Kedatangan mereka ke DPRD atas kemauan sendiri, dengan menggunakan kendaraan roda dua. Untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan, para pelajar tersebut diamankan ke Polsek Arut Selatan dengan menggunakan truk polisi dan selanjutnya dilakukan pendataan, pembinaan, serta akan memanggil guru serta orang tuanya. Bahkan telepon seluler milik para pelajar tersebut juga diamankan oleh Polisi.

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy ZS melalui Kabag Ops Polres Kobar Kompol Boni Ariefianto menegaskan bahwa puluhan pelajar tersebut diamankan oleh Polisi untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan saat demo berlangsung. “Hanya diamankan ke Polsek Arsel. Di sana mereka didata, dan dilakukan pembinaan, kita panggil guru atau orang tua mereka,” katanya.Dari pantauan koran ini, 26 pelajar tersebut sejak pagi hari sudah berada di kawasan kampus Universitas Antakusuma. Mereka teridentifikasi dengan pakaian serba hitam, dengan wajah tertutup masker, anak-anak ini juga terlihat mengobrol dan duduk bergerombol sembari menunggu mahasiswa melakukan longmarch dari kampus Untama di Jalan Iskandar, Pangkalan Bun, menuju kawasan gedung DPRD Kobar.



Memimpin Kegiatan Pemadaman Karhutla yang Melibatkan Pelajar dan Mahasiswa



Kapolres Kotawaringin Barat melakukan Pemadaman Karhutla menggandeng mahasiswa, pelajar, pramuka bahkan santri Se-Kabupaten Kobar. Sebanyak 62 orang yang tergabung dalam mahasiswa, pelajar SMA, SMK, Pramuka dan santri Kab. Kotawaringin Barat (Kobar) ikut terjun langsung bersama Polres Kobar melakukan pemadaman kebakaran lahan yang berada di Jalan Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama (Kolam). Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Zulkarnain S, SIK, M.Si melalui Kabagops Kompol Boni Ariefianto yang memimpin langsung kegiatan pemadaman kebakaran lahan.


“Untuk pemadaman kami fokuskan di satu titik yaitu KM 30, dimana dalam kegiatan pemadaman kami libatkan adik – adik dari mahasiswa dan pelajar serta santri untuk mengetahui kondisi yang ada dilapangan hingga menyebabkan kabut asap berkepanjangan,” kata Kompol Boni. Selain itu, Kabagops menambahkan, dalam kegiatan pemadaman yang melibatkan mahasiswa dan pelajar ini sekaligus untuk melatih kemampuan terhadap masyarakat di Kab. Kotawaringin Barat khususnya dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.


Pelajar ikut membantu melakukan pemadaman di titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla).


Sebelum diterjunkan untuk melakukan pemadaman, mahasiswa dan pelajar ini diberikan arahan dan pengenalan terhadap peralatan yang dipergunakan untuk melakukan pemadaman. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh tim pemadaman agar selalu menjaga keselamatan saat melaksanakan kegiatan. “Selesai pemadaman tadi kami lakukan pengecekan terhadap kesehatan dan kondisi fisik dari adik–adik mahasiswa dan pelajar maupun anggota yang melakukan pemadaman. Jadi berangkat sehat dan lengkap, pulang juga begitu,” imbuhnya.

Meringkus Pelaku Pembakaran Lahan


Press release pengungkapan kasus tindak pidana karhutla di Mapolres Kobar. (Foto: Joko Hardyono)


Sepanjang tahun 2019, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) telah menetapkan 12 tersangka perkara kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 'Bumi Marunting Batu Aji' itu. Luas lahan yang disegel dalam proses penyidikan mencapai 84 hektare. "Polres Kobar telah mengamankan 12 pelaku karhutla di wilayah Kobar, yang mana rata-rata pelakunya adalah perorangan dan yang dibakar adalah lahan pribadi," ujar Kapolres Kobar, AKBP Arie Sandy ZS, saat press release di Mapolres Kobar. Dalam kesempatan itu, Arie didampingi oleh Kabag Ops Polres Kobar, Kompol Boni Ariefianto; dan Kasatreskrim Polres Kobar, AKP Tri Wibowo.


Rata-rata, lanjut Arie, motif para tersangka sengaja melakukan pembakaran lahan adalah untuk membuka lahan baru. Tujuannya, agar lebih mudah dalam proses pembersihannya, lalu lahan itu nantinya akan ditanami pohon sawit. Namun, cuaca panas dan angin kencang membikin api langsung merambat dan membakar lahan di sekitarnya. Arie menerangkan, untuk tersangka perkara karhutla perorangan, kasusnya telah ditangani masing-masing polsek: Polsek Arut Selatan tangani 2 perkara, Polsek Kumai 2 perkara, Polsek Kotawaringin Lama 3 perkara, dan Polres Kobar 5 perkara.


"Tahap I ada 10 kasus, tahap II 1 kasus, dan masih proses sidik 1 kasus. Sedangkan jumlah TKP di Arut Selatan ada 6 TKP, Kumai 3 TKP, dan Kotawaringin Lama 3 TKP," imbuhnya. Sementara itu, Kasatreskrim Polres Kobar, AKP Tri Wibowo, mengatakan para tersangka rata-rata mengaku tidak tahu bahwa membuka lahan dengan cara dibakar adalah dilarang. "Bahkan saat kami di lapangan, tersangka itu hanya diam membiarkan lahan terbakar, setelah kami tanya ternyata pendengarannya agak kurang, dengan sengaja membuka lahan dengan cara dibakar," pungkasnya.




Source:
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol Boni Ariefianto, S.I.K. Kepala Bagian Operasi Kepolisian Polres Kotawaringin Barat
Kompol Boni Ariefianto, S.I.K. Kepala Bagian Operasi Kepolisian Polres Kotawaringin Barat
https://1.bp.blogspot.com/-JsbyqqoW1_E/Xkcg7Oj7VJI/AAAAAAAANGc/ibkYTBYmfkYJ0YtrJ-vwuL916tNqWb6vwCLcBGAsYHQ/s320/cov.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JsbyqqoW1_E/Xkcg7Oj7VJI/AAAAAAAANGc/ibkYTBYmfkYJ0YtrJ-vwuL916tNqWb6vwCLcBGAsYHQ/s72-c/cov.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-boni-ariefianto-sik-kepala.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-boni-ariefianto-sik-kepala.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content