$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol John Louis Letedara, S.I.K. Kasat Polair Penjaga Kawasan Perairan Banjarmasin


Kota Banjarmasin adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota Banjarmasin biasa dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai ini memiliki wilayah seluas 98,46 km² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai di antaranya Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan dan lain-lain. Untuk menjaga kawasan perairan di kota Banjarmasin ini, maka kepolisian menugaskan Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) di Polresta Banjarmasin sebagai garda terdepan dalam mengamankan kawasan Perairan Kota Banjarmasin.

Sat Polair adalah unsur pelaksana tugas pokok Polres yang berada dibawah Kapolres. Sat Polair bertugas menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan, yang meliputi patroli perairan, penegakan hukum diperairan, pembinaan masyarakat pantai dan perairan lainnya, serta pencarian dan penyelamatan kecelakaan di perairan (SAR). Satpolair dipimpin oleh Kasatpolair yang bertanggung jawab kepada Kapolresta dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolresta. Kasatpolair Polresta Banjarmasin saat ini dijabat oleh Kompol John Louis Letedara, S.I.K, perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 ini telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di kawasan perairan Kota Banjarmasin.

Mengadakan Kegiatan Bhakti Sosial 


Satuan Polisi Air (Satpolair) Polresta Banjarmasin menggelar pengobatan gratis di Jalan Sungai Lulut Utara (Murung Selong) RT13, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur. 

Dalam rangka HUT Polairud ke-69, Satuan Polisi Air (Satpolair) Polresta Banjarmasin menggelar pengobatan gratis di Jalan Sungai Lulut Utara (Murung Selong) RT13, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Polair Polresta Banjarmasin, Kompol John Louis Letedara. Kegiatan juga bekerja sama dengan Urusan Kesehatan Polresta Banjarmasin. 



Kompol John Louis Letedara mengatakan semoga kegiatan yang dilakukan pada hari ini dapat bermanfaat bagi warga sekitar. “Semoga dapat memberikan kesehatan bagi masyarakat setempat,” ujarnya. Sementara itu Ketua RT 13, Kampung Murung Selong, Mukhtar mengucapkan rasa terimakasih kepada jajaran Satpolair Polresta Banjarmasin yang sudah mengadakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis. 



“Dengan adanya kegiatan pengobatan gratis di kampung kami hari ini, sungguh sangat membantu,” katanya. Salah satu warga, Sugian Noor mengatakan kesenangan hatinya dengan adanya kegiatan tersebut. Pengobatan Gratis dalam rangka Hut Polairud, salah seorang warga sedang melakukan pengecekan kesehatan. “Saya sangat berterima kasih kepada jajaran Sat Polair Polresta Banjarmasin atas bantuan dan pemberian obat gratis,” tuturnya. Dalam kegiatan itu, terlihat warga berbondong-bondong datang menyambangi pengobatan gratis yang diadakan Satpolair Polresta Banjarmasin. 




“Banyak kegiatan sosial yang dilakukan diantaranya pembagian air bersih tehadap warga, pengobatan gratis serta kegiatan lainnya,” kata Louis. Jajaran Polairud sengaja melakukan kegitan tersebut agar bisa lebih akrab bersama warga sehingga kesetabilan dapat berjalan dengan lacar. “Masyarakat dan Polri saling sinergi hingga keamanan dan kestabilan dapat terwujudkan,” ucap Lois. Dahlia warga setempat mengatakan, kegiatan sosial yang diaksanakan sangat membatu, terutama warga setengah baya, terutama kesehatan. Sebab selama ini jika berobat warga sangat kesulitan, terutama saat menuju lokasi Puslesmas dikawasan Sungai Tabuk. “Kami harus menggunakan jukung terlebih dahulu ke sungai tabuk menuju Puskesmas Sungai Lulut,” ucap Dahlia. 


Melakukan Latihan SAR Perairan 


Latihan pertolongan pertama pada korban tenggelam di GOR Hasanuddin. 

Personel Satpolair Polresta Banjarmasin diasah kemampuan dan teknik SAR seperti penguasaan dan penanganan dalam musibah di perairan. Lokasi pelatihan memilih kolam renang GOR Hasanuddin HM, Jalan Pangeran Antasari. Sedikitnya ada 18 personel polisi air yang diperintahkan mengikuti pelatihan. Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol John Louis Letedara memberikan materi yang dibantu beberapa orang personelnya. Materi disampaikan pengenalan alat SAR. Penanganan korban tenggelam dan teknik menolong korban dengan life boy hingga mendayung perahu karet. Tak hanya itu anggota juga diberikan pelatihan penanganan pertolongan pertama kepada korban tenggelam. 

Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol John Louis Letedara mengungkapkan, pelatihan SAR perairan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam rangka kesiapan menghadapi musim hujan serta antisipasi bencana banjir. John menambahkan, tujuan lain membentuk dan menjadikan anggota Sat Polair Polresta Banjarmasin menjadi tangguh dan terampil. "Tentunya menjadikan personel profesional khususnya di bidang SAR perairan hingga mampu menjawab tantangan dan tugas dimasa depan yang semakin kompleks," terangnya. 

Membantu Menyalurkan Air Bersih untuk Warga 



Warga Jalan Kuin Kecil RT 14 Kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan yang sempat mengalami kesulitan air bersih, kini tidak lagi karena menerima bantuan air bersih dari Satuan Polisi Air (Satpolair) Polresta Banjarmasin. Masyarakat yang tinggal paling ujung Selatan ini hampir dua bulan tak mendapatkan alira air ledeng, warga pun terpaksa membeli air seharga Rp2.500/jerigen. Melihat kondisi tersebut anggota Satpolair Polresta Banjarmasin, langsung ke lapangan untuk membagikan air bersih yang dipimpin Kasat Polair Polresta Banjarmasin, Kompol John Louis Letedera. Menggunakan kltok besar dan beberapa drum ukuran setengah anggota pun mengalirkan satu persatu jerigen kepada warga, baik di dekat rumah maupung yang menggunakan perahu. Warga pun antusiasnya menerima bantuan air bersih tersebut, dan tampak warga menyiapkan jerigen dan ember plastik besar. 

Dalam satu jam kemudian air bersih itu ludes. Wakil Ketua RT14 Masrudin mengatakan, air PDAM tidak mengalir selama dua bulan, khususnya di RT14. Sedangkan di RT lain tetap mengalir. Tokoh masyarakat lainnya M Yusuf, berterima kasih atas perhatian dan bantuan air bersih dari jajaran Satpolair Polresta Banjarmasin. “Alhamdulilah pihak Sat Polair ini membantu kesulitan kami. Selama ini kami membeli air bersih,” sebutnya. Kasat Polair Polresta Banjarmasin, Kompol John Louis Letedera mengatakan, pembagian air bersih ini dalam rangka memperingati HUT Polair yang ke-69. Dia mengatakan sebelum membagikan air bersih pihaknya terlebih dulu melakukan pemantauan dan pengecekan. “Ternyata benar warga kesulitan air bersih dan ini terjadi sejak dua bulan. Selanjutnya anggota Satpolair Polresta Banjarmasin membagikan air bersih tersebut secara gratis ke warga tersebut,” sebut Kompol Jhon Lois. 

Melaksanakan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) 


Satpolair Polresta Banjarmasin, bersama jajaran melaksanakan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB), di Pesisir Sungai Martapura. 

Jajaran Satpolair Polresta Banjarmasin, bersama jajaran melaksanakan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB), di Pesisir Sungai Martapura. Aksi bersih-bersih sampah ini fokus dilaksanakan di kawasan di Murung Selong RT12, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin. Kegiatan yang juga diikuti langsung oleh Kasat Polair Polresta Banjarmasin, Kompol John Louis Letedara, bersama Kanit Patroli, Iptu I Wayan Regug dan Kanit Harkan Ipda Sajadi bersama dengan Personel Sat Polair Polresta Banjarmasin. Kasatpolair Polresta Banjarmasin, Kompol John Louis Letedara mengatakan, adapun kegiatan yang dilaksanakan seperti pembersihan dan pengecetan Pendopo Langgar Miftahul Jannah. "Kegiatan kami ini juga dibantu oleh masyarakat di lingkungan tersebut. Dan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut warga terlihat senang dan antusias membantu kami,"ungkapnya. 

Melakukan Patroli dan Memasang Spanduk Himbauan 


Polisi perairan Polresta Banjarmasin gencar mendekati warga di permukiman bantaran Sungai Martapura. Demi mencegah kembalinya jatuh korban tenggelam. 

Polisi perairan Polresta Banjarmasin gencar mendekati warga di permukiman bantaran Sungai Martapura. Demi mencegah kembalinya jatuh korban tenggelam. Caranya, menyebar spanduk imbauan. Agar anak-anak jangan berenang, terutama di sungai besar yang berarus kencang. Salah satu lokasi yang didatangi Polair seperti Siring Sudirman. Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol John Louis Lettedara berharap spanduk itu menjadi perhatian masyarakat di pinggiran sungai. "Selain penyebaran anggota melalui patroli di perairan juga menyambangi warga yang beraktivitas. 

Pesannya mengingatkan agar berhati-hati saat di sungai," ujarnya. Kegiatan seperti itu untuk sekian kalinya dilakukan Satpolair. Mengingat dalam beberapa bulan terakhir ada saja temuan orang tenggelam di anak Sungai Barito tersebut. "Sebagai pencegahan untuk menekan jumlah korban tenggalam. Harapannya agar masyarakat lebih berhati-hati ketika beraktivitas di sungai. Terutama bagi orang tua, jangan biarkan putar dan putrinya mandi di sungai tanpa pengawasan," pesannya. 

Melakukan Pemeriksaan terhadap Korban Laka Air 



Seorang warga Desa Semangat Bakti Rt.04 Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala (Batola) berinisial E alias I alias A (64 tahun) seorang Petani / Pekebun, ditemukan tidak bernyawa dirumahnya. Korban sebelumnya diketahui adalah korban laka tunggal air Perahu Ketinting yang menabrak semak-semak sehingga terjatuh dari Perahu dengan kepala mengarah ke air ini terjadi di Sei Andai sekitar Perum Depan Blok PWI, Banjarmasin. 



Terkait peristiwa tersebut kemudian Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol John Louis Letedara, SIK berkoordinasi dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk melakukan pemeriksaan terhadap korban. Setelah melakukan koordinasi bersama, Kasat Polair Polresta Banjarmasin dan Tim Biddokkes Polda Kalsel mendatangi rumah korban dengan membawa serta Kepala Desa Semangat Bakti Alimansyah. Pada kesempatan ini dr Fairuz Atthiyah (Dokter Biddokkes Polda Kalsel) bersama Tim Biddokkes Polda Kalsel, Crew, Tim Urkes Polresta Banjarmasin dan Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol John Louis Letedara, SIK beserta Penyidik Satpol Air Resta Banjarmasin lebih dulu memberikan penjelaskan kepada keluarga korban untuk melakukan pemeriksaan terhadap korban melalui inspeksi palpasi tubuh korban. 

Menggagalkan Penyeludupan Rokok Ilegal Tanpa Pita Cukai 

Jutaan batang rokok putih tanpa pita cukai berhasil digagalkan personel Satpolair Polresta Banjarmasin 

Jutaan batang rokok putih tanpa pita cukai nyaris saja beredar luas di Banjarmasin. Belum sempat naik ke daratan, penyelundupan rokok ilegal itu digagalkan personel Satpolair Polresta Banjarmasin. Setelah digeledah, Kapal Sabar Indah II yang dengan rute Madura-Banjarmasin itu juga mengangkut buah mangga. Tumpukan buah itu ternyata cuma modus untuk mengelabui mata petugas. Disembunyikan di sela-sela keranjang buah mangga, ada 25 dus besar berisikan tiga merek rokok ilegal. Yakni merek AA, Sakura dan H2. Kanit Gakkum Ipda Selamat Riyadi mewakili Kasat Polair Polresta Banjarmasin John Louis Letedara menyebutkan, temuan itu berawal dari patroli di seputaran Sungai Martapura. Petugas mencurigai sebuah kapal yang memasuki perairan Banjarmasin. 

14.700 bungkus rokok ilegal yang dikemas dalam puluhan kota, hasil sitaan Satpolair Polresta Banjarmasin dari KM Sabar Indah II. 

Dipimpin Ipda Selamat, mereka menggiring laju kapal hingga sandar di kawasan Muara Kelayan, Pasar Pagi, Banjarmasin Tengah. "Kami periksa, ternyata ada kardus mencurigakan berisi rokok. Ditaruh di haluan kapal, ditutupi dengan terpal. Kapal itu sebenarnya mengangkut buah mangga, tapi awak kapal menyelipkan barang terlarang itu," terang Selamat. Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi bahwa akan ada kiriman obat daftar G ke Banjarmasin. Polisi pun menyelidikinya. "Informasi awala dalah obat merek Tramadol dan Zenith yang sekarang sedang marak. Eh, ternyata rokok ilegal yang kami amankan," jelasnya. Sementara itu, Kasubsi Penyidikan Barang Hasil Penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin Syamsuddin mengaku belum bisa berkomentar banyak. Serahan barang akan dicacah terlebih dulu. "Untuk rinciannya belum bisa kami sebutkan. Perlu dicacah dulu untuk mengetahui potensi kerugian negara. Yang jelas ini merupakan pelanggaran hukum. Memasukkan rokok polos tanpa pita cukai," pungkas Syamsuddin. 

Menangkap Pelaku Pemalakan Penumpang Kelotok Wisata 

Anggota Satpolair Banjarmasin mengamankan anak anak mandi di sungai karena dianggap meresahkan penumpang kelotok wisata. 

Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Banjarmasin mengamankan enam orang anak yang mandi di Sungai Antasan dan Sungai Kuin karena dianggap meresahkan dan berani meminta uang kepada para penumpang kelotok wisata. "Kami dapat laporan, kalau anak anak yang mandi di sungai itu sudah membuat masyarakat resah sehingga kami lakukan giat Pekat dan mengamankan mereke," ucap Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol John Louis Letedara di Banjarmasin. Dikatakannya, anak anak yang mandi di sungai itu diamankan oleh Anggota Unit Gakkum dan Unit Patroli Satpolair Polresta Banjarmasin. Anak anak yang diamankan saat mandi di Sungai Antasan dan Sungai Kuin itu total keseluruhan berjumlah enam orang dan rata rata mereka masih berstatus pelajar. "Alasan kami mengamankan anak anak itu karena meresahkan masyarakat pengguna jasa perairan kelotok wisata," ucap perwira menengah Polri itu. 

Sebanyak enam orang anak diamankan Satpolair karena meresah penumpang kelotok wisata sungai. 

Kompol John terus mengatakan, perbuatan anak anak tersebut dinilai memang sudah meresahkan karena mereka berani menaiki kelotok wisata dan diduga meminta uang kepada para penumpang jasa kelotok wisata. Saat diamankan, anggota Polair mengamankan beberapa uang yang diduga hasil minta terhadap para penumpang kelotok wisata dan satu kaleng Lem Fox yang diduga digunakan mereka. "Untuk kali ini anak anak tersebut kami lakukan pembinaan dulu dan apabila mengulangi maka kami tindak tegas sesuai aturan yang berlaku," ujar alumni Akpol angkatan 2006 itu. Kasat Polair juga mengatakan, enak anak itu diketahui berinisial MMP (15) pelajar, MR (15) pelajat, MRK (15) pelajar, ARA (15) pelajar, RAR (13) pelajar, dan MAM (15). Sebelum dipulangkan, para anak anak tersebut diimbau untuk tidak menaiki kelotok wisata yang melintas di sungai, jangan minta minta uang terhadap para penumpang kelotok wisata dan jangan mengkonsumsi atau menghirup Lem Fox, minuman beralkohol, obat obatan berbahaya apalagi Narkoba. 

Meringkus Pelaku Pencurian 


Tersangka Curat di Perairan Barito, Salapudin alias Salap (36), usai diamakan oleh jajaran Satpolair Polresta Banjarmasin. 

Berakhir sudah pelarian pemuda bernama Salapudin als Salap (36). Pemuda yang badannya penuh dengan tato ini ditangkap jajaran Reskrim Satpolair Polresta Banjarmasin. Tersangka ditangkap di Jalan Alalak Selatan, Gang Ar-Ridha, Kelurahan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Usai ditangkap, warga Jalan Alalak Selatan RT02 RW01, Keluraham Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin ini langsung digelandang ke Markas Satpolair Polresta Banjarmasin. Terkait penangkapan itu, Kasat Polair Polresta Banjarmasin, Kompol Jhon Lois Letedara, melalui Kasubnit Tindak, Selamet mengatakan, tersangka Salap adalah residivis dan sudah pernah ditangkap dalam perkara pencurian tali tongkang. 

Dikatakannya, pencurian yang dilakukan tersangka adalah berupa jangkar tongkang BG.RMN 345 yang sedang berlayar dan ditarik oleh Tugboat (TB) ATK 2014 menuju ke Muara Tabunio Tanah Laut. "Pencurian terjadi di Perairan Sungai Barito, dekat Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Kejadian itu sempat dilihat ABK Tugboat (saksi) Klaudius Lau," terang Selamat. Ditambahkannya, dua orang pelaku saat itu naik ke tongkang dan memutus rantai jangkar tongkang dan jangkar langsung jatuh ke air, yang mana saat kejadian tongkang tersebut dalam keadaan berlayar ditarik oleh TB. ATK 2014. Atas kejadian tersebut kapal tetap berlayar karena muatan sedang ditunggu kapal besar, korban melaporkan kejadian tersebut ke kantor Sat Polair Polresta Banjarmasin. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 80 juta. Uraian singkat penangkapan, beberapa anggota Sat Polair Polresta Banjarmasin Unit Gakkum Subnit Lidik melakukan penyelidikan di lapangan, dan petugas berpakaian preman ini mendapatkan informasi tentang diduga pelaku pencurian dengan pemberatan, Salap berada di rumahnya. Setelah itu anggota melakukan penyelidikan di Jalan Alalak Selatan, Gang Ar-Ridha, dan tersangka Salap berhasil diamankan. 



Source : 
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol John Louis Letedara, S.I.K. Kasat Polair Penjaga Kawasan Perairan Banjarmasin
Kompol John Louis Letedara, S.I.K. Kasat Polair Penjaga Kawasan Perairan Banjarmasin
https://1.bp.blogspot.com/-bMUlVITdyeY/Xjonp_FvDWI/AAAAAAAAM58/Xi1R_Et_xe0C1aVJPFcXrTEl6yz1E4CowCLcBGAsYHQ/s320/cover.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-bMUlVITdyeY/Xjonp_FvDWI/AAAAAAAAM58/Xi1R_Et_xe0C1aVJPFcXrTEl6yz1E4CowCLcBGAsYHQ/s72-c/cover.jpeg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-john-louis-letedara-sik.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-john-louis-letedara-sik.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content