$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol Priyanto, S.I.K., Kepala Sat Lantas Penjaga Ketertiban Lalu Lintas Wilayah Polresta Malang Kota


Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Malang terkenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota. Kota Malang juga merupakan kota seni karena banyaknya kesenian khas dari kota ini, mulai dari tarian hingga pertunjukan. Kota Malang pun dikenal baik sebagai kota pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, kota ini merupakan kota pariwisata karena wisata alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan serta udaranya yang sejuk. Karena banyaknya kampus dan objek wisata di kawasan ini, maka tidak heran jika Kota Malang merupakan salah satu kota termacet.

Untuk mengatasi kemacetan dan masalah lalu lintas lain, maka Polresta Malang Kota menugaskan Sat Lantas untuk menjaga ketertiban lalu lintas. Sat Lantas adalah unsur pelaksana yang bertugas memberikan bimbingan teknis atas pelaksanaan fungsi Lalu Lintas di lingkungan Polres serta menyelenggarakan dan melaksanakan fungsi tersebut yang bersifat terpusat pada tingkat wilayah/antar Polsek dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas operasional pada tingkat Polres. Sat Lantas Polres dipimpin oleh Kasat Lantas Polres yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Kapolres. Kasat Lantas Polresta Malang Kota saat ini dipimpin oleh seorang perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006, Kompol Priyanto, S.I.K. Berikut ini merupakan beberapa upaya yang telah dilakukan Sat Lantas Polresta Malang Kota dalam melaksanakan operasi Kepolisian di bidang lalu lintas dalam rangka penegakan hukum dan ketertiban lalu lintas di kawasan Malang Kota di bawah kepemimpinan Kompol Priyanto, S.I.K.

Mengadakan Diskusi Publik Sadar Hukum Berlalu Lintas

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Priyanto SH, SIK (tengah) usai memberikan materi mengenai kesadaran berlalu lintas.

Sosialisasi sadar hukum lalu lintas, terus digencarkan Satlantas Polresta Malang Kota. Salah satunya lewat giat Sinau Bareng Generasi Milenials Sadar Hukum Lalu Lintas, sesuai UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, di kawasan Jalan Wilis. Dalam giat yang dihadiri oleh puluhan perwakilan driver ojek online Malang Raya, masyarakat umum, mahasiswa, praktisi hukum hingga para relawan tersebut, Satlantas Polresta Malang Kota, lewat Kasatlantas Kompol Priyanto SH, SIK, kembali menekankan akan pentingnya kesadaran dalam berlalu lintas dan tidak menganggap sepele perihal keselamatan berkendara. Pasalnya, terjadianya laka lantas sangat dipengaruhi oleh rendahnya kesadaran lalu lintas dari pengguna jalan. Banyak masyarakat yang terkadang masih menganggap enteng perihal keselamatan dalam berlalu lintas.

"Kesadaran berlalu lintas harus dimulai sekarang dan dari diri kita sendiri, sadar mulai berbuat dari hal kecil. misalnya tidak melanggar rambu, selalu memakai dan membawa kelengkapan kendaraan. Saya yakin aturan lalin sudah banyak yang tahu. Kita harus sadari itu, semua demi keselamatan diri sendiri, maupun orang lain," beber mantan Kapolsek Bubutan tersebut. Lanjutnya, jika kesadaran berlalu lintas tersebut sudah muncul dari hati, maka akal sehat dan logika akan bertindak sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan tanpa harus ditindak atau diperintah lagi. Maka dari itu, di sini, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas agar lebih ditingkatkan lagi. "Karena aspek keselamatan tentu akan berdampak pada aspek lain. Bayangkan saja, jika anda misalkan kecelakaan, kemudian mengalami luka berat, tidak bisa bekerja, padahal anda tulang punggung, tentu akan berdampak pada kondisi perkonomian, nah maka disinilah harus disadari pentingnya kesadaran berlalu lintas," pungkasnya.

Melakukan Pemeriksaan terhadap Angkutan Umum
Petugas tengah melakukan pengecekan roda bus.

Ratusan armada bus di Terminal Arjosari, Kota Malang, menjalani pemeriksaan ram check. Pemeriksaan tersebut dilakukan petugas gabungan dari Satlantas Polresta Malang Kota, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Malang. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk zero accident (nihil kecelakaan) alias memastikan armada-armada pengangkut penumpang benar-benar dalam kondisi baik. Jadi, kendaraan-kendaraan itu bisa mengantarkan penumpang ke tujuan dengan selamat pada momen Natal dan tahun baru (Nataru). Terdapat 150 armada bus yang diperiksa oleh petugas gabungan. Pemeriksaan mulai dari surat-surat kendaraan hingga kondisi armada bus, baik itu mesin, kopling, rem, dan part lainnya, apakah layak untuk digunakan jalan mengangkut penumpang atau tidak. 


"Ini antisipasi langkah awal jelang Natal dan tahun baru dan juga kaitan dengan Operasi Lilin Semeru 2019. Kali ini gabungan melibatkan Dishub hingga BNN Kota Malang," ungkap Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Priyanto SIK MH. Selain kondisi armada-armada bus, pengecekan juga dilakukan terhadap para pengemudi. Para pengemudi bus diperiksa untuk memastikan mereka benar terbebas dari pemakaian narkoba maupun minuman beralkohol yang jika dikonsumsi bisa membahayakan saat berkendara. "Alhamdullilah tidak ditemukan indikasi sopir yang menggunakan narkoba maupun miras. Tadi saya juga lihat kesehatan mereka seperti mata bagus semua. Meskipun beberapa ada yang usianya sudah cukup tua, tapi masih jelas," ujar Priyanto. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Priyanto, S.I.K.

Sementara itu, untuk kesiapan lalu lintas, satlantas menyiapkan jalur-jalur alternatif mengingat pada saat Natal dan tahun baru akan banyak wisatawan yang berwisata di Malang. "Kami akan siapkan jalur alternatif mengingat Malang kota wisata. Sedangkan Malang Kota ini sebagai lintasan. Sehingga nantinya juga kami siapkan tim urai kemacetan yang nanti bisa termonitor lewat radio atau telepon. Sehingga manakala ada laporan, kami akan datang langsung untuk segera mengurangi kemacetan di lokasi tersebut," tambah kasatlantas. Kadishub Kota Malang Handi Priyanto menambahkan, bus-bus yang tidak diperiksa di Terminal Arjosari tetap akan diperiksa di lokasi lain. Sebab, saat ini pemeriksaan dilakukan secara serentak. "Armada di sini kan ada 400 unit. Kalau tidak diperiksa di sini, ya di tempat lain. Karena ini kan serentak," pungkasnya.

Melakukan Penertiban terhadap Aksi Balap Liar

Balapan liar di Jalan Soekarno-Hatta (Soehat) yang diperkirakan berlangsung sejak 2013 silam itu akhirnya diberantas oleh Polresta Malang Kota. Sebanyak 80 kendaraan beserta pengemudinya digiring masuk halaman Polresta Malang Kota. Berdasarkan data Satlantas Polresta Malang Kota, 26 kendaraan di antaranya tidak memenuhi standar. Misalnya tidak dilengkapi surat tanda nomor kendaraan (STNK), tanpa pelat nomor, dan knalpot tidak standar, sehingga meresahkan warga. Informasi yang dihimpun wartawan koran ini, aksi balap liar itu disertai taruhan sekitar Rp 10 juta–Rp 20 juta. Aksi balap liar yang meresahkan warga tersebut sudah di-blowup Jawa Pos Radar Malang pada edisi 26 November 2017 lalu. Jajaran dari Polresta Malang Kota langsung menindaklanjutinya dengan melakukan penertiban, tapi kucing-kucingan dengan peserta balap liar. Tindakan tegas dari polisi ini mampu membuat aksi balap liar ambyar alias bubar.



Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, upaya penertiban balap liar tersebut dalam rangka cipta kondisi. Selain jajaran kepolisian, pihaknya juga menggandeng Kodim 0833/Kota Malang, Polairud Polres Malang, dinas perhubungan (dishub), juga aparat penegak hukum lain. Penertiban dilakukan setelah dia menerima pengaduan dari masyarakat yang resah. ”Karena itu, tim gabungan dari Polresta Malang Kota bersama jajaran TNI melakukan operasi besar-besaran supaya tercipta kondisi yang aman,” tutur Leo yang didampingi Wakapolresta Malang Kota Kompol Ari Trestiawan.

Mantan Wakapolrestabes Surabaya itu menambahkan, operasi cipta kondisi akan dilakukan rutin untuk mengantisipasi aksi balap liar lanjutan. Termasuk titik-titik lain yang berpotensi digunakan aksi balap liar. Selain itu, pihaknya menyiapkan peningkatan intensitas penjagaan di pos-pos polisi. ”Karena Kota Malang ini kan semakin bertambah kebutuhan sosialnya, jadi tindak kejahatannya juga semakin beragam,” kata Leo. Sementara itu, Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Priyanto menambahkan, razia cipta kondisi itu diharapkan mampu menciptakan efek jera bagi pekaku balap liar yang selama ini meresahkan warga. Dari 80 kendaraan yang diamankan, 63 kendaraan roda empat, tujuh unit kendaraan roda dua, dan 10 kendaraan belum ditilang.

”Semuanya kami amankan di Polresta Malang Kota malam itu juga. Selain kami tilang, kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat dan tidak menggunakan spare part standar juga ikut kami tahan,” terang dia. Sedangkan barang bukti penindakan, Satlantas Polresta Malang Kota menyita 47 STNK, sembilan SIM, dan 24 kendaraan yang diduga hasil pencurian. ”Betul, ada kendaraan hasil pencurian juga. Dari 80 pemilik kendaraan, hanya sembilan pengemudi saja yang bisa menunjukkan SIM,” tutur Priyanto. Selain di Jalan Soehat, titik lain yang diduga menjadi lokasi balap liar adalah Jalan Kembar Kelurahan Bumiayu. Sebagai upaya pengendalian, mulai Januari ini anggota polisi bakal diterjunkan untuk memantau aktivitas balap liar di Kota Malang. ”Selain di situ, titik perbatasan dengan wilayah Kabupaten Malang di Karangploso juga kami pantau. Karena balap liar ini juga masif,” bebernya. 

Terpisah, Kasatreskrim Polresta Malang Kota AKP Yunar Hotma Parulin Sirait mengatakan bahwa aksi balap liar di Jalan Soehat itu pernah di-blowup Jawa Pos Radar Malang pada 2017. Saat itu puluhan pemuda berkali-kali harus bermain kucing-kucingan dengan petugas kepolisian. Namun, akhirnya mereka tak bisa lagi lari dari petugas kepolisian. ”Kebetulan itu kan masuk hajatnya satlantas. Kami hanya mendampingi saja, tapi tetap kami lakukan penelusuran jika memang ditemukan tindak kriminal,” terang Yunar. Mengenai kabar taruhan Rp 10 juta–Rp 20 juta, Yunar belum mengungkap. Sementara untuk barang bukti 24 kendaraan hasil curanmor, dia masih melakukan pendalaman terhadap peserta balap liar yang berhasil diamankan.

Menyediakan Jalur Alternatif dalam Mengantisipasi Kemacetan


Malam pergantian tahun 2019 ke 2020, diprediksi, Kota Malang bakal dipadati kendaraan baik yang menuju Kota Malang maupun melintas di Kota Malang untuk menuju Kota Batu. Untuk antisipasi kemacetan tersebut, Satlantas Polresta Malang Kota, bakal melakukan rekayasa lalu lintas yang nantinya akan dipusatkan pada pintu-pintu masuk menuju Kota Malang serta kawasan-kawasan yang seringkali terjadi kemacetan. Pengaturan rekayasa lalu lintas nantinya akan dilakukan dengan sistem buka tutup, penggunan jalur alternatif, contraflow dan jalur dua arah menjadi satu. Pengaturan nantinya akan diterapkan manakala memang terdapat kepadatan lalu lintas dengan empat alternatif.


Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Priyanto menyampaikan, manakala terjadi kepadatan kendaraan, nantinya telah disiapkan jalur-jalur alternatif untuk pengurangan kepadatan kendaraan. "Malang ini kan kota wisata. Tidak bisa dipungkiri, akan ada kepadatan arus lalu lintas saat pergantian tahun nanti. Makanya kami sudah menyiapkan jalur-jalur yang bisa digunakan sebagai alternatif," jelas Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Priyanto SIK, MH. "Kami bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Malang, Satlantas Polres Batu dan Satlantas Polres Malang,” jelasnya. "Di sini kita juga menyiapkan tim urai kemacetan yang nanti bisa termonitor lewat radio atau telepon sehingga manakala ada laporan kita akan datang langsung untuk segera mengurangi kemacetan di lokasi tersebut,"pungkasnya.

Melakukan Razia Kendaraan Roda Dua




Satlantas Polresta Malang Kota saat melakukan razia kendaraan roda dua di persimpangan Blimbing eks PDAM Kota Malang. Dalam razia tersebut, polisi menyita 20 kendaraan roda dua hasil curanmor dan menilang seratus lebih kendaraan roda dua. Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Priyanto menyampaikan, bahwa razia ini merupakan kegitan yang rutin dilakukan. Razia ini bertujuan untuk mengantisipasi dan menjaring kendaraan hasil dari tindakan curanmor di Kota Malang. "Kendaraan yang kami amankan itu tidak dilengkapi surat-surat kendaraan. Jadi terpaksa kita sita," ucap Kompol Priyanto.

Satlantas Polresta Malang Kota saat melakukan razia kendaraan roda dua di persimpangan Blimbing eks PDAM Kota Malang.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Satlantas Polresta Malang Kota, hingga akhir Januari 2020 kemarin pihaknya telah menilang sebanyak 5.400 pengendara. 5.400 pengendara tersebut tidak memiliki surat kendaraan yang lengkap. Tak hanya itu, para pengendara memakai knalpot brong dan tidak memasang kaca spion pada motor mereka. Bahkan, mereka juga tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Kompol Priyanto menyampaikan, razia ini akan digelar secara rutin untuk mengingatkan masyarakat agar lebih tertib dalam berlalu lintas.

Petugas menegur pengendara yang tidak memakai helm di persimpangan Puntodewo, Kota Malang.




Source :
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol Priyanto, S.I.K., Kepala Sat Lantas Penjaga Ketertiban Lalu Lintas Wilayah Polresta Malang Kota
Kompol Priyanto, S.I.K., Kepala Sat Lantas Penjaga Ketertiban Lalu Lintas Wilayah Polresta Malang Kota
https://1.bp.blogspot.com/-p8PDWAxt3f4/XkGbo5uXDGI/AAAAAAAANBc/GCNo0w2_v70CFYzn_BQmduzrMmQ7qvArACLcBGAsYHQ/s320/cover.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-p8PDWAxt3f4/XkGbo5uXDGI/AAAAAAAANBc/GCNo0w2_v70CFYzn_BQmduzrMmQ7qvArACLcBGAsYHQ/s72-c/cover.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-priyanto-sik.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/02/kompol-priyanto-sik.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content