$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

AKP Adi Edwin Hariawang Penjaga Keamanan Distrik Kenyam Nduga Papua


Personel Polrsek Kenyam melaksanakan patroli di sekitar Distrik Kenyam

Provinsi Papua merupakan salah satu bagian dari  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berada di paling timur. Daerah ini merupakan suatu daerah yang memiliki kondisi geografis yang bergunung dan didomisai hutan-hutan yang luas. Daerah yang memiliki kekayaan alam yang cukup banyak terutama hasil tambang yang cukup melimpah. 

Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat.

Posisi Kabupten Nduga

Provinsi Papua terdiri dari 28 kabupaten, 1 kotamadya, 560 distrik, 110 kelurahan, dan 5.411 kampung. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya diperkirakan mencapai 4.242.758 jiwa dengan total luas wilayah 319.036,05 km².  Akses ke Kabupaten Nduga masih sangat terbatas dan sebagin besar masih harus menggunakan pesawat terbang perintis dan bila dilalui dengan jalur darat memerlukan waktu yang lama. 

Provinsi ini merupakan salah satu provinsi yang masih dikategorikan sebagai provinsi yang selalu bergejolak karena masih adanya kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang pada umumnya berada di daerah pegunungan tengah Provinsi Papua. Salah satu daerah yang kerap kali mendapat gangguan keamanan dari KKB adalah Kabupaten Nduga. Salah satu sahabat 38 Setia berdinas di tengah-tengah gejolak keamanan adalah AKP Adi Edwin Hariawang yang bertugas sebagai Kapolsek Kenyam yang merupakan ibukota dari Kabupaten Nduga.  Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan oleh perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 ini.

Pengamanan Sidang Istimewa DPRD Kabupen Nduga

Berdasarkan Undang-undang no 17 tahun 2014 tentang MPR,DPR,DPD,DPRD,dan peraturan pemerintah no 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPR Provinsi,Kabupaten dan Kota serta keputusan Gubernur Provinsi Papua No 155,2/35 tahun 2020 tanggal 20 Januari 2020 peresmian keanggotan DPRD Kabupaten Nduga Periode 2019-2024, maka anggota DPRD sebelum memangku jabatannya harus mengucapkan sumpah janji secara bersama-sama yang di pandu oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam Rapat Paripurna DPRD.

Suasana pelantikan Anggtota DPRD Kabupaten Nduga

Acara rapat paripurna tersebut dilaksanakan pada  hari Senin 24 Februari 2020  bertempat di Gedung Serbaguna Distrik  Kenyam Kab.Nduga. Agenda sidang adalah Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kab.Nduga terpilih Periode 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Negeri Wamena. 

Rapat Sidang pengambilan Sumpah/Janji selesai berjalan dengan aman dan lancar, selanjutnya seluruh tamu undangan menuju ke Kantor Bupati Baru dan lapangan apel ASN dalam rangka giat Syukuran Masuk Kantor Bupati Baru dan acara syukuran Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Nduga di lapangan Apel ASN.

Pertemuan dengan Tokoh Masyarakat Paska Kontak Tembak  di kampung Koteka Distrik Kenyam 

Adanya kejadian kontak tembak yang terjadi di Kampung Koteka menarik perhatian para tokoh masyarakat Kabuapten Nduga dan penggiat HAM. PAda  hari ini kamis tanggal 27 Februari 2020,  di polsek Kenyam Kabupaten Nduga telah dilaksanakan pertemuan antara Kapolres Nduga, Kapolsek Kenyam dan ketua DPR Kabuapten Nduga IKABUS WIJANGGE, SE dan THEO HISEGEM Ketua HAM Sepegunungan Tengah. 

Suasana pertemuan dengan para tokoh masyarakat di Polsek Nduga

Pertemuan itu membahas mengenai langkah-langkah mitigasi setelah terjadi kontak tembak yang mengakibatkan korban di pihak aparat dan juga di pihak masyarakat. Menurut  Theo Hesegem bahwa kejadian - kejadian yang terjadi di Kabupaten Nduga mengakibatkan banyak korban dari masyarakat sipil dan TNI - POLRI yang bisa menyelesaikan harus dari pemerintah pusat karna pemerintah daerah tidak bisa menyelesaikan yang terjadi di kabupaten Nduga, pemerintah pusat harusnya datang dan duduk bersama - sama agar dapat melihat dan mendengar langsung dari masyarakat.

Patroli Wilayah Distrik Kenyam Paska Kontak Tembak  kampung Koteka Distrik Kenyam 

Paska kejadian kontak tembak yang terjadi di Kampung Koteka Distrik Kenyam jajaran Polsek Kenyam yang  dipimpin Kapolsek AKP Adi Edwin Hariawang bersama dengan jajaran pasukan Bantuan Kendali Operasi melaksanakan patroli di sekitar Distrik Kenyam. 

Kapolsek Kenyam AKP Adi Edwin mengatakan, saat ini situasi di Kota Kenyam dan Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, secara umum sudah aman dan kondusif. Aparat keamanan rutin melakukan patroli dan sosialisasi Kamtibmas kepada masyarakat untuk menjaga keamanan bersama.

Salah satu wilayah di Distrik Kenyam 

“Sampai saat ini situasi di Kenyam dan Kabupaten Nduga aman dan kondusif. Tidak ada peristiwa yang menonjol,” ungkap Kapolsek Kenyam AKP Adi Edwin.

Dia menuturkan, selain melakukan patroli dan sosialisasi, aparat juga melakukan pendeketan persuasif terhadap warga sehingga sampai saat ini situasi kondusif. “Kita juga sudah bekerja sama dengan warga dan aparat kampung untuk menjaga keamanan bersama,” ungkap Kapolsek.





Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: AKP Adi Edwin Hariawang Penjaga Keamanan Distrik Kenyam Nduga Papua
AKP Adi Edwin Hariawang Penjaga Keamanan Distrik Kenyam Nduga Papua
https://1.bp.blogspot.com/-DYfpQuG4dFI/XmBCsArCeJI/AAAAAAAANWg/0qoCqolyrLAdNUHT01l28K4PmHVLsdh5wCLcBGAsYHQ/s320/situasi-keamanan-di-kabupaten-nduga-kondusif-pCP.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DYfpQuG4dFI/XmBCsArCeJI/AAAAAAAANWg/0qoCqolyrLAdNUHT01l28K4PmHVLsdh5wCLcBGAsYHQ/s72-c/situasi-keamanan-di-kabupaten-nduga-kondusif-pCP.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/akp-adi-edwin-hariawang-penjaga.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/akp-adi-edwin-hariawang-penjaga.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content