$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Geliat Operasional BNN Provinsi Kalimantan Utara





Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yaitu Negara Bagian Sabah dan Sarawak. Sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain salah satu kerawanan yang dihadapi adalah penyelundupan narkotika antar negara. 

Badan Narkotika Nasional (BNN) memang menaruh perhatian khusus untuk provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Hal ini lantaran kedua kawasan itu sering menjadi daerah perbatasan darat dan laut yang rawan jadi pintu masuknya narkotika dari luar negeri. Banyaknya jalur tikus serta kondisi geografis yang memiliki banyak pulau menjadi penyebab utama sulitnya menutup pintu masuk jalur narkotika ke wilayah Indonesia. Menghadapi kondisi tersebut, BNN terus menguatkan sinergi lintas instansi untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka BNN menempatkan perwira tinggi kepolisian sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Utara yaitu Brigadir Jenderal Drs. Heribertus Dahana Resmiwara, S.H., M.Si.  Semenjak dilantik pada bulan Juli 2019 Perwira Tinggi yang pernah menjadi Kepada Detasemen Taruna untuk angkatan 38 Setia ini, telah melakukan berbagai macan kegiatan operasional untuk menciptakan Kalimantan Utara yang bebas narkoba. Berikut adalah beberapa kegiatan operasional BNN Kalimantan Utara dibawah pimpinan Brigadir Jenderal Drs. Heribertus Dahana Resmiwara, S.H., M.Si. 

Mengunjungi Desa Bebas Narkoba di Sebatik

Kepala Badan Nasional Provinsi Kalimantan Utara melakukan kunjungan kerja ke desa bebas narkoba yang berada di Pulau Sebatik. Desa bebas narkoba yang dikunjungi adalah Desa Maspul Kecamatan Sebatik Tengah.

Kunjungan tersebut dihadiri para tokoh masyarakat dari para pemuka masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda dari karang taruna setempat serta dihadiri juga oleh jajaran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Nunukan.  Tokoh masyarakat pada sambutan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan dan semenjak dideklarasikan sebagai desa bebas narkoba 2015. 

Kepala BNNP ketika kunjungan ke Desa Maspul Kecamatan Sebatik Tenngah. (ANTARA)

Pada kunjungan kali ini Kepala BNNP Kalimantan Utara berharap agar pulau-pulau disekitar Pulau Sebatik dapat belomba-lomba untuk menjadi desa Besinar (Bersih dari Narkoba). Harapan ini disampaikan karena Pulau Sebatik merupakan jalur utama yang dilalui oleh penyelundup narkoba dari Filipina. 


Menghadiri Rapat Evaluasi dan Pelaksanaan Inpres No. 6/2008 di ruang pertemuan Kantor Gubernur Kaltara

Kegiatan evaluasi dan pelaksanaan Inpres No. 6/2008 diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara di  ruang pertemuan Kantor Gubernur Kaltara, Kamis (15/8/2019). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyatukan kekuatan guna memerangi peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) yang semakin meresahkan di Provinsi Kalimantan Utara.

Salah satu upaya menjaring kekuatan itu, melalui evaluasi dan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2018, tentang Rencana Nasional Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara.

 Kepala BNNP Kaltara Herry Dahara  bersama para pemangku kepentingan bidang pencegahan Narkoba di Kaltara saat menghadiri evaluasi dan pelaksanaan Inpres No. 6/2008, Kamis (15/8/2019). (HUMASPROV KALTARA)

Pertemuan ini melibatkan  berbagai instansi Pemerintahan antara lain  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Kaltara, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Utara dan Kepolisian Daerah Kalimantan Utara. 

" Dengan wilayah yang cukup luas, kita meminta dukungan semua lapisan masyarakat untuk ikut serta melaporkan hal-hal mencurigakan terkait peredaran narkotika di Kalimantan Utara," ujar Kepala BNNP Kalimantan Utara Brigjen Pol Herry Dahana. Selain itu, Herry Dahana mengapresiasi upaya besar Pemprov Kaltara selama ini. “Didalam substansi Inpres No. 6/2018, rohnya melibatkan semua komponen. Mulai lembaga atau instansi pemerintah di tingkat pusat hingga ke daerah, untuk bersama-sama peduli dan bertanggung jawab terhadap masalah ini,” urai Herry.

Press Release Tahunan BNNP Kalimantan Utara 

Sepanjang tahun 2019 BNN Provinsi Kalimantan Utara sita 19,9 kilogram sabu, terbanyak dari Tarakan. Badan Narkotika Nasional Provinsi ( BNNP ) Kalimantan Utara, menggelar pers rilis hasil kinerja sepanjang 2019, di kantor BNNP Kaltara, Tarakan, Senin (6/1/2020) sore.Dari data yang dipaparkan sejak Januari hingga Desember 2019, BNNP Kaltara menangani 22 kasus.

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Utara, menggelar pers rilis hasil kinerja sepanjang 2019, di kantor BNNP Kaltara, Tarakan, Senin (6/1/2020).

Dengan jumlah tersangka 38 orang. Adapun barang bukti yang disita sebanyak 19,9 kg jenis sabu. Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Herry Dahana, menjelaskan jika pengungkapan terbanyak terjadi di lingkup Badan Narkotika Nasional Kota Tarakan.

"BNNP Kaltara membawahi dua BNNK yakni Tarakan dan Nunukan. Untuk pengungkapan kasus BNNP menyita 19,7 Kg sabu, BNNK Tarakan 192,9 gram sabu sementara BNNK Nunukan hanya 1,29 gram sabu," paparnya.

Pengungkapan kasus ini menurut Herry mengalami peningkatan temuan barang bukti dari tahun sebelumnya.Tahun 2018 lalu BNNP Kaltara mengungkap 13 kasus narkotika dengan 27 tersangka. Sementara barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak 4.701 gram sabu. 

Sinergitas BNNP Kaltra dengan Ketua Rukun Tetangga Sekota Tarakan 

Badan Narkotika Nasional Provinsi ( BNNP ) Kalimantan Utara turut melibatkan Ketua Rukun Tetangga (RT) se-Tarakan dalam pemberantasan peredaran narkoba. Hal itu ditandai dengan kerjasama lewat sosialisasi pencegahan narkoba yang dilakukan BNNP dengan menggandeng Forum Kerukunan Ketua RT (FKKRT), di Gedung Tarakan Marennu, Lingkas Ujung, Tarakan, Selasa (11/2/2020). Kegiatan ini dihadiri ratusan Ketua RT se-Tarakan serta sejumlah masyarakat pegiat anti narkoba.

Badan Narkotika Nasional Provinsi ( BNNP ) Kalimantan Utara turut melibatkan Ketua Rukun Tetangga (RT) se - Tarakan dalam pemberantasan peredaran narkoba. Sosialisasi pencegahan narkoba digelar BNNP Kalimantan Utara bersama Forum Kerukunan Ketua RT (FKKRT), di Gedung Tarakan Marennu, Lingkas Ujung, Tarakan, Selasa (11/2/2020). (Tribun Kaltim/Alfian)

Ketua BNNP Kaltara, Brigjen Pol Herry Dahana, menyebut bahwa sudah selayaknya BNNP bergerak dengan melibatkan masyarakat. Ia menyebut Ketua RT bisa menjadi pihak yang paling berperan nantinya dalam pencegahan narkoba. Sebab berfungsi sebagai tokoh dan pemimpin masyarakat di lingkup terkecil dalam satu wilayah. "Karena tanpa bantuan masyarakat BNN dan Kepolisian tak bisa berbuat banyak," ucapnya. Pada kesempatan itu ia juga berharap para Ketua RT lebih berperan aktif lagi dalam pencegahan narkoba.

Pemusnahan Barang Bukti Narkoba

BNNP Kalimantan Utara melaksanakan pemusnahan barang bukti narkoba berupa sabu-sabu sebertat 5.058 gram dengan cara dilarutkan dalam air. Barang bukti tersebut didapatkan dari 11  orang tersangka dan ada satu tersangaka yang masih dibawah umur. 

Kepala BNNP Kaltra Pol Herry Dahana bersama dengan aparat lainnya melakukan pemusnahan barang bukti narkoba 

Terdapat empat kasus yang berhasil diungkap oleh BNNP Kaltara, yaitu kasus pertama adalah kasus yang terjadi di bandara dimana petugas Avsec berhasil mengamankan dua orang tersangka yang berusaha menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 1.035 gram, kasus kedua adalah yang terjadi di bandara tepatnya di ruang X RAy dimana petugas berhasil mengamkan tersangka yang membawa sabu-sabu seberat 510,84 gram, kasus ketiga terjadi di sebuah hotel di Tarakan dan petugas berhasil mengankan barang bukti sabu-sabu seberat 2.000 gram, 

" Selain kasus narkoba yang ditangani kasus pencucian uang hasil kejahatan ini juga kami lakukan penyelidikan" kata Kepala BNNP Kaltra Brigjen Pol Herry Dahana.


Sumber 







Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Geliat Operasional BNN Provinsi Kalimantan Utara
Geliat Operasional BNN Provinsi Kalimantan Utara
https://1.bp.blogspot.com/-oc2vZBj2iew/XmBX09InajI/AAAAAAAANX4/rb_NyP5ms7Q8D4o020qvj8pN6rRtaUaFACEwYBhgL/s320/akfisn-tarakan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oc2vZBj2iew/XmBX09InajI/AAAAAAAANX4/rb_NyP5ms7Q8D4o020qvj8pN6rRtaUaFACEwYBhgL/s72-c/akfisn-tarakan.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/geliat-operasional-bnn-provinsi.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/geliat-operasional-bnn-provinsi.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content