$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kiprah Kompol Awaluddin Syam, S.I.K.,M.M Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru

Kompol Awaluddin Syam, S.I.K.,M.M Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru  saat jumpa pers

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatra, dan termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Kota ini berawal dari sebuah pasar (pekan) yang didirikan di tepi Sungai Siak pada abad ke-18. Hari jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 23 Juni 1784. Kota Pekanbaru tumbuh pesat dengan berkembangnya industri terutama yang berkaitan dengan minyak bumi, serta pelaksanaan otonomi daerah.

Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Saat ini Kota Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Pekanbaru sebagai sebuah kota yang berkembang tidak luput dari bayang-bayang kejahatan, “ Crime is the shadow of civilization “ kejahatan adalah bayang peradaban  sehingga masyarakat juga senantiasa menghendaki organ pengendali kejahatan berupa Kepolisian  melalui kegiatan pemolisian dalam  kaitan  misi/tugas sebagai  crime Hunter dan Law enforcement dapat mengatasi dan mengendalikan kejahatan  agar tidak merusak dan menghancurkan peradaban.

Untuk itu Kepolisian Resor Kota Pekanbaru memiliki satuan Reserse Kriminal yang mempunyai tugas untuk menegakkan hukum yang berperan sebagai pemburu para pelakuk kejahatan. Salah satu Sahabat 38 Setia saat ini dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal tersebut, dia adalah Kompol Awaluddin Syam, S.I.K.,M.M yang menjabat Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru. Berikut adalah bebera kiprah Satreskrim Polresta Pekanbaru dibawah komando Kompol Awaluddin Syam, S.I.K.,M.M.

Menangkap Pelaku Pembakar Lahan Di Wilayah  Pekanbaru 

Polresta Pekanbaru berhasil menangkap dua orang tersangk yang melakukan pembakaran lahan yang terjadi Jalan Wonosari RT 02 / RW 05, Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. ”Dari 2 tersangka berinisial IST dan SS ini diperkirakan luas lahan yang terbakar sekitar kurang lebih 1 Hektare, turut juga diamankan barang bukti (BB) dari diduga pelaku cangkul dan parang.” Ungkap Kapolresta Pekanbaru yang didampingi oleh Kasat Reskim Pekanbaru. 

Kapolres Pekanbaru melakukan peninjuan  tempat kejadian perkara pembakaran lahan

Untuk kepentingan penyidikan maka dilakukan oleh TKP di lokasi kejadian, yang dilakukan oleh Kapolres didampingi para pejabat Polrseta Pekanbaru. Turut hadir mendampingi dalam peninjauan karhutla tersebut, Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Awaludin Syam, SIK, M.M, Kapolsek Payung Sekaki Iptu Akhmad Rivandy N., S.I.K, Kanit Res Ekonomi Polresta Iptu Aris Gunadi S.IK, Kanit Reskrim Polsek Payung Sekaki Iptu Suleman, Kanit Binmas Polsek Payung Sekaki Ipda Hasriyal, Anggota Reskrim Polresta Pekanbaru, dan seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Payung sekaki serta Kalakar BPBD Zarman Chandra S. TTP, ketua RW. 05 Suheri.
Saat ini diduga pelaku pembakar lahan di wilayah Kecamatan Payung Sekaki tersebut diamankan dan dilakukan pemeriksaan untuk pengusutan lebih lanjut di Polresta Pekanbaru.

Meringkus Pelaku Pembunuhan Sadis Pengusaha Tepung Pekanbaru

Tim Gabungan Satreskrim Polresta Pekanbaru berkolaborasi dengan Jatanras Polda Riau, berhasil menangkap tiga orang pelaku pembunuhan yang menewaskan pengusaha tepung di Pekanbaru, yang ditemukan tewas di wilayah Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH melalui Kasat Reskrim Kompol Awaluddin Syam membenarkan penangkapan terhadap tiga pelaku tersebut.

Para pelaku pembunuhan tukang roti di Pekanbaru

"Benar, nanti kita relase bersama Kabid Humas di Polda karena pengungkapannya bersama Ditreskrimum Polda. Untuk pelaku ada tiga orang yang kita tangkap, satu diantaranya diberikan tindakan tegas terukur," ujar Awal.

Pelaku yang dihadiahi timah panas petugas, lanjut Awal, adalah pelaku yang melakukan eksekusi pembunuhan terhadap korban Syamsul Bahri. Ketiganya saat ini telah ditahan di sel Mapolresta Pekanbaru dan masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut terkait motif pelaku menghabisi korban.

Kejadian berawal ketika penemuan mayat dalam kondisi tanpa pakaian, dan mata ditutupi lakban hitam. Mayat laki-laki yang telah membusuk itu ditemukan warga di pinggir Jalan Lintas Petapahan - Simpang TB KM 89 wilayah Dusun I Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Korban diketahui bernama, Syamsul Bahri (39), warga Jalan Uka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, yang kesehariannya berprofesi sebagai pedagang tepung roti dan tepung bakso.

Menyita Ribuan Miras Untuk Antisipasi Perayaan Tahun Baru

Guna menimalisir tindak kejahatan menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 dan untuk mengamankan  wilayah Pekanbaru, maka Polresta pekan baru mengadakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) terhadap peredaran miras oplosan dan penjualan miras tanpa izin.

Sasran KYRD  ini adalah Narkoba, Miras (Minuman Keras), Senjata Api (Senpi), Senjata Tajam (Sajam) dan Premanisme. Dimana sasaran tempat yaitu daerah – daerah rawan kriminal dan juga cafe/warung remang – remang yang ada di Pekanbaru.

Hasil kegiatan rutin yang tingkatkan Polresta Pekanbaru

Dijelaskan Kapolresta, dari giat Polresta Pekanbaru dan jajaran Polsek  dapat mengamankan Barang Bukti (BB) sebanyak 3154 Botol Miras. Lanjut Kapolresta, dari total 3154 BB miras ini dihasilkan juga dari tiap tiap Polsek yang ada di Pekanbaru yaitu Polsek Kota 40 botol miras, Polsek Lima Puluh 289 botol miras, Polsek Tenayan Raya 135 botol miras, Polsek Bukit Raya 71 botol miras, Polsek Tampan 258 botol miras, Polsek Sukajadi 364 botol miras, Polsek Senapelan 417 botol miras, Polsek Rumbai Pesisir 38 botol miras, Polsek Rumbai 135 botol miras, Polsek Payung Sekaki 105 botol miras, Polsek SKP 5 botol miras serta 25 liter Tuak, Serta Polresta Pekanbaru 1297 botol miras.” Tambahnya.

AKBP Nandang yang menjabat sebagai pimpinan di Polresta Pekanbaru mengatakan ini adalah bentuk serius Polresta, kita tidak segan segan untuk menindak ataupun menyita yang menyalahi aturan. Agar terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga kota Pekanbaru. “Tegas AKBP Nandang.

Dirinya juga menghimbau kepada kedai – kedai untuk tidak memperdagangkan Miras, dan juga menghimbau masyarakat untuk tidak mengkomsumsi minuman keras yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dan pada akhirnya juga bisa melakukan tindakan kriminal.” Tutupnya.

Melumpuhkan Pelaku Kontak Senjata  di Air Hitam Pekanbaru

Aparat kepolisian di Pekanbaru, Riau terpaksa melumpuhkan seorang pria dengan tembakan terukur yang tepat mengenai bagian punggungnya. Pria tersebut pun ambruk dan kini mendapat perawatan di RS Bhayangkara Polda Riau.

Pelaku yang terlibat kontak senjata dirawat di RS Bhayangkara Polda Riau

Dari pria yang belakangan diketahui berinisial A tersebut, polisi turut menyita senjata api rakitan, lengkap dengan pelurunya. Pistol itu pula yang digunakannya untuk melakukan perlawanan dan berupaya kabur, sehingga senjata api polisi terpaksa menyalak dan peluru mengenai punggungnya.

Menciduk Pelaku Jambret di Cempaka

Polresta Pekanbaru melakukan pengungkapan penangkapan kasus jambret yang tergolong sadis di Jalan Cempaka, Kecamatan Sukajadi pada Jumat (14/2/2020) Dimana diketahui korban adalah Lindawati Sofian (55) yang sempat dirawat disalah satu Rumah Sakit akibat terpental ke aspal dan tidak sadarkan diri, kejadian jambret ini terjadi pada 9 Desember 2019 yang sebelumnya sempat viral melalui rekaman CCTV nya di media sosial waktu itu dan heboh diberitakan baik media cetak maupun online.

Kapolresta Pekanbaru menanyai para pelaku penjambretan sadis

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya SIK, MH, dalam konferensi press yang didampingi Kasat Reskrim Kompol Awaludin Syam SIK dan Kanit Buser Ipda Aprino mengatakan bahwa salah satu dari pelaku yang viral dimedia sosial Jalan Cempaka tersebut berhasil kita amankan.

“pada Minggu (19/2/2020) kita berhasil mengamankan salah satu pelaku jambret tergolong sadis yaitu MD alias Buyung (18) yang terjadi di Jalan Cempaka,” ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya dalam keterangan pressnya.

Dijelaskannya, keberhasilan penangkapan ini berkat kerja keras dari teman-teman khususnya Satreskrim Polresta Pekanbaru beserta dengan jajaran Polsek Tampan maupun Polsek Sukajadi. “berdasarkan hasil olah TKP tersebut kami mengumpulkan petunjuk petunjuk kemudian pemeriksaan saksi termasuk juga berdasarkan ciri ciri dari pelaku yang disampaikan oleh korban,” Jelas Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya

Lebih lanjut, Kapolresta Kombes Pol Nandang mengatakan tim Satreskrim Polresta beserta jajaran awalnya mengamankan penadahnya berjumlah 3 orang, lalu tim berhasil mengamankan kembali 1 orang lagi yaitu MD pelaku jambret tersebut. “Awalnya Tim Satres Kriminal Polresta Pekanbaru beserta Polsek Tampan dan Polsek Sukajadi melakukan penangkapan terhadap penadah HP barang curian korban yang saat ini berjumlah 3 orang, dan setelah dilakukan pengembangan lagi, kembali tim mengamankan 1 orang yaitu MD sebagai pelaku jambret di Jalan Cempaka tersebut dan dari pengembangan pelaku MD berhasil kembali menangkap RR (17) yang merupakan anak dibawah umur,” Ungkap Kapolresta Pekanbaru.

Untuk modus tersangka MD adalah dengan memepet korban dari belakang lalu merampasnya.
 “Modus korban dengan memepet targetnya dari belakang serta langsung merampasnya, dan pelaku bermain secara hunting dijalanan, jadi pelaku melancarkan aksinya tidak melihat mau cewek ataupun cowok, bahkan ditempat keramaian tersangka tetap melancarkan aksinya,” Tutur Kapolresta Pekanbaru

“untuk tugas MD yang kita amankan ini sebagai eksekutor pada saat melakukan aksinya di Jalan Cempaka tersebut, bersama rekannya DC (DPO, red) yang tugasnya sebagai membawa motor Honda Vario dan dari pengakuan tersangka MD bahwa dirinya sudah bermain 4 kali yaitu TKP nya di Jalan Suka Karya 2 kali, dan Jalan Sudirman belakang MP, serta Jalan Cempaka diantara lokasi tersebut MD melakukan aksinya bersama RR sedangkan dari pengakuan tersangka MD uang hasil jambretnya digunakannya untuk foya-foya serta boking hotel dan juga untuk membeli barang haram narkoba,” beber Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya

Melaksanakan Konfrensi Pres Akhir Tahun Polresta Pekanbaru

Sebagai refleksi akhir tahun Kapolresta Pekanbaru AKBP. H Nandang Mu'min Wijaya SIK, MH. menggelar kegiatan press release akhir tahun bertempat di loby Mapolresta Pekanbaru, Selasa (31/12/2019) sekira pukul 14.30 Wib. Dalam Press Conference Akhir Tahun yang berlangsung di Mapolresta Pekanbaru tersebut, turut hadir Kasat Narkoba Kompol Dedi Hermanto SIK, Kasat Reskrim AKP. Awaluddin Syam SIK dan rekan-rekan media cetak, online serta elektronik.

Konfrensi pers Polresta Pekanbaru

Pada kesempatan tersebut Kapolresta Pekanbaru AKBP. H Nandang menyampaikan situasi tentang kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) selama tahun 2019. Dari data yang sudah di analisa dan evaluasi diketahui bahwa kasus tindak pidana yang ditangani pihak Polresta mengalami penurunan sebesar 7,41 persen. 

"Bila dibandingkan jumlah tindak pidana 2018 dengan 2019 menurun sebanyak 145 kasus, dimana bulan Januari sampai dengan November 2018 ada sebanyak 1957 kasus, dan di Januari sampai dengan November 2019 tindak pidananya 1812 kasus." Jelas AKBP. Nandang Diloby Mapolresta saat gelar press conference. 



Sumber :










Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kiprah Kompol Awaluddin Syam, S.I.K.,M.M Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru
Kiprah Kompol Awaluddin Syam, S.I.K.,M.M Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru
https://1.bp.blogspot.com/-Hs1eZvTS78U/XmmB4FZOiII/AAAAAAAANyM/EG3aQUC9LKUPZHubHySbOzvlKixM-0WDwCLcBGAsYHQ/s1600/awal.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Hs1eZvTS78U/XmmB4FZOiII/AAAAAAAANyM/EG3aQUC9LKUPZHubHySbOzvlKixM-0WDwCLcBGAsYHQ/s72-c/awal.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/kiprah-kompol-awaluddin-syam-sikmm.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/kiprah-kompol-awaluddin-syam-sikmm.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content