$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kiprah Kompol Yuliansyah, S.H., S.I.K. Sebagai Kapolsek Samarinda Kota



Kota Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia serta kota dengan penduduk terbesar di seluruh Pulau Kalimantan. Samarinda memiliki wilayah seluas 718 km² dengan kondisi geografi daerah berbukit dengan ketinggian bervariasi dari 10 sampai 200 meter dari permukaan laut. Kota Samarinda dibelah oleh Sungai Mahakam dan menjadi gerbang menuju pedalaman Kalimantan Timur melalui jalur sungai, darat maupun udara. Dengan luas wilayah yang hanya sebesar 0,56 persen dari luas Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda merupakan wilayah terkecil ketiga setelah Kota Bontang dan Kota Balikpapan. Ditinjau berdasarkan batas wilayahnya, Kota Samarinda seluruhnya dikelilingi oleh Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kota Samarinda sebagai sebuah kota yang sedang tumbuh tidak akan lepas dari bayang-bayang kriminalitas. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan tentang kejahatan jalanan di Kota Samarinda menunjukan bahwa   waktu kejadian tindak kriminal kejahatan jalanan terjadi  berkisar antara malam hingga dini hari. Pada jam tersebut kondisi sangat gelap dan beberapa lokasi kejadian tidak memiliki Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang meningkatkan risiko terjadinya tindak kriminal kejahatan jalanan dan menimbulkan rasa tidak aman bagi pengguna jalan. Selain kejahatan jalanan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Kota Samarinda maka Polri menempatkan satuan terdepannya yaitu Polsek Kota Samarinda. Salah satu sahabat 38 Setia saat ini dipercayakan untuk menjadi Kepala Polsek Samarinda Kota yaitu Kompol Yuliansyah, S.H., S.I.K. Berikut ini beberapa kegiatan Kapolsek Samarinda Kota dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban Kota Samarinda.

Penangkapan Pelaku Penyelundupan Sabu Seberat Hampir 1 Kg 

Unit Opsnal Polsekta Samarinda Kota berhasil menggagalkan pengiriman  sabu-sabu seberat hampir 1 Kg, Rabu (12/2/2020) malam. Selain mengamankan barang haram siap edar tersebut, pihak Polsek Samarinda Kota juga berhasil menggiring 2 orang pelaku yakni, MA (52) Warga Komp. Pasar Segiri Rt. 27 Kel. Sidodadi, dan SU (24) warga Jl Perniagaan Gg. Ernawati RT. 15 Kel. Bandara Kec. Sungai Pinang.


Kapolresta Samarinda Kombespol Arif Budiman, yang didampingi Kapolsek Samarinda Kota Kompol Yuliansyah mengatakan, penangkapan kedua pelaku yang kini ditetapkan sebagai tersangka itu bermula dari laporan masyarakat tentang penyalahgunaan narkotika.

“Sekira pukul 19.00 Wita, tim opsnal reskrim mendapat informasi dari masyarakat akan adanya transaksi narkotika jenis sabu di sebuah bangsalan Gg Ernawati, Rt 15 Kelurahan Bandara, berdasarkan informasi tersebut petugas langsung bergerak cepat dan berhasil meringkus dua orang yakni MA dan SU,” Ujar Kapolres Arif.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita 18 bungkus plastik klip narkotika jenis sabu seberat 902,3 gram brutto, yang disimpan di dalam tas dan jok motor. “Selain itu dan 5 bungkus plastik klip yang berisikan narkotika jenis sabu dengan berat 21,46 gram. Jika ditotal, berat keseluruhan 923, 76 gram brutto,” tutur Arif

Selain mengamankan barang bukti sabu seberat hampir 1 Kg, polresta samarinda juga ikut mengamankan 1 buah tas warna hitam merk no fear, sepeda motor vario warna hitam No. Pol KT 3592 NX, 1 buah tas kecil berwarna hijau merk moodzy supply, 1 buah handpone merk Samsung, 1 buah timbangan digital merk ACIS, 1 bendel plastik klip.

Mengamankan Pelaku peredaran narkotika

Polsekta Samarinda Kota berhasil mengamankan seorang  pemuda 21 tahun pengedar narkoba. Pengungkapan tersebut dilakukan pada Rabu (28/8) kemarin, sekitar pukul 17.00 Wita, di Jalan Marsda A Saleh, Kecamatan Samarinda Ilir.

Saat hendak diamankan, pelaku langsung membuang sabu yang sebelumnya ditaruh di saku celana belakang sebelah kiri. Namun, aksi tersebut dilihat oleh petugas yang langsung mengambil kembali barang haram tersebut.


"Pelaku sempat membuang sabu yang dikantonginya, namun hal itu diketahui oleh anggota yang melakukan penangkapan," ucap Kapolsek Samarinda Kota AKP Yuliansyah, Kamis (29/8/2019).

Pelaku pun tidak dapat mengelak lagi ketika sabu itu ditunjukan kepadanya. 1 poket sabu seberat 0,47 diakui oleh pelaku merupakan miliknya.

Menangkap Pelaku Penganiayaan Pacar Hingga Babak Belur 

Polsek Samarinda Kota berhasil menangkap seorang pelaku penganiyaan dengan korban seorang wanita. Kejadian tersebut berawal pada Jumat (14/2/20) lalu tersangka atas nama Catur Ahmad Maulana (22) menganiaya korban yakni SF (20) yang tak lain adalah kekasih pelaku. Berdasarkan pengakuan dari tersangka, perbuatan itu dilakukan karena sang kekasih berselingkuh dengan pria lain.


"Jadi, pelaku ini mengatakan kalau pacarnya itu selingkuh, makanya dipukul," tutur Iptu Abdillah Dalimunthe. Akibat penganiayaan tersebut korban mengalami luka memar di sekujur tubuhnya, mulai dari kaki, tangan, perut dan wajah. "Sehingga keesokan harinya pelaku langsung diamankan di kediaman kakaknya di daerah Sindang Sari," terangnya. Ternyata tersangka Catur pun merupakan seorang residivis pada tahun 2015 silam dengan kasus pencurian dan keluar penjara 2016, di wilayah hukum Polsek Samarinda Kota.

Meringkus Pelaku Curanmor Roda Dua

Kapolsek Samarinda Kota Kompol Yuliansyah menjelaskan, tertangkapnya Ridzky berawal dari laporan Bahtra Manalu (23), warga Jalan M Said, Kelurahan Lok Bahu, Sungai Kunjang. Manalu kehilangan motor Suzuki Satria FU-150 KT 2867 CY saat parkir di Jalan Milono Gang 1, Samarinda Kota, Minggu (26/1) lalu. Atas kehilangan motor tersebut, Manalu menderita kerugian Rp 4 juta.


Proses penyelidikan pun dilakukan. Polisi langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Hasilnya, pelaku mengarah kepada Ridzky. “Setelah dipastikan, kami kemudian melakukan pengintaian dan didapati Ridzky ada di sekitar kediamannya. Lalu kami gerebek,” kata Yuliansyah.

Dalam proses penggerebekan itu, Ridzky rupanya tak mau menyerah begitu saja. Ia sempat melawan dan berusaha kabur. Tembakan peringatan sempat dilepaskan petugas, namun tak juga membuat Ridzky menyerah. Tak ingin kehilangan buruannya begitu saja, satu tembakan mengarah tepat mengenai kaki kiri Ridzky membuat pemuda ini tersungkur di jalan.

“Setelah dilumpuhkan, sebagian anggota mencari keberadaan motor curian milik Manalu. Motor tersebut ditemukan di halaman rumahnya. Dari pengakuannya pelaku bukan kali pertama melakukan pencurian. Hasil curian kerap dijual ke salah seorang penadah,” ungkap Yuliansyah.

Dikesempatan yang lain Polsek Samarinda kota berhasil mengamankan empat orang pelaku curanmor lainnya. Muhammad Bakri (31), Supardiman alias Mandra (46), Rendi (24), Anto (28). Mereka berempat melakukan pencurian untuk memenuhi kebutuhan  hidup serhari hari. 


Awalnya Bakri beraksi sendiri pada Desember 2019, namun karena tak sanggup, dia kemudian meminta bantuan kepada tiga rekannya. Rupanya dari hasil penyelidikan polisi, empat tersangka ini tak saling kenal. 

Setelah membawa kabur motor orang dengan menggunakan kunci T dan tak diketahui, Bakri mengaku makin berani. Bersama komplotannya, dia bisa menggondol tiga motor dalam sehari. Dalam seminggu rata-rata mereka bisa mencuri lebih dari sepuluh motor. Demi mengaburkan hasil penyelidikan polisi, nomor polisi diganti Bakri. Setiap motor dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 juta lebih tergantung merek. Motor itu hanya dijual di Samarinda.


Meringkus Pelaku Curanmor Roda Empat

Jajaran personel Polsek Samarinda Kota dipimpin Kapolsek Kompol Yuliansyah berhasil mengamankan tersangka MD di Jl K.H. Abdul Muthalib, Samarinda saat sedang melaksanakan aksi pencurian mobil.

Personel saat itu sedang melaksanakan patroli kring serse mendapati 2 orang yang mencurigakan akan melakukan aksi pencurian. Dimana tersangka MD bertugas sebagai eksekutor sedang merusak kunci pintu mobil dan tersangka S (DPO) bertugas mengawasi situasi sekitar.


kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, mengungkapkan, personel melakukan penangkapan terhadap tersangka MD yang saat itu sudah berada didalam mobil. Personel melakukan tindakan tegas terukur kepada tersangka MD karena melawan dengan berusaha menusukkan gunting kearah personel dan tidak mengindahkan tembakan peringatan.

Menangkap Pelaku Pencabulan

Remaja berambut pirang ini melakukan percobaan pemerkosaan terhadap gadis yang baru dikenalnya. Korban berhasil selamat setelah melawan sekuat tenaga, mempertahankan diri. Awalnya, mereka berkenalan via medsos. Lalu si pirang mengajak korban bertemu di Jalan Lambung Mangkurat, Kelurahan Pelita, Samarinda Ilir. Menurut pengakuan korban, ia diantar temannya untuk bertemu dengan kenalan baru itu.


Sesampainya di sana, korban diminta ikut pelaku dengan membonceng kendaraan. Korban tidak menolak. Pelaku mengarahkan motor ke salah satu rumah tanpa penghuni di Jalan Rumbia, Kelurahan Sidomulyo, Samarinda Ilir. Kondisi rumah yang sudah tidak terurus menjadikannya tampak cukup menakutkan.

“Jadi saya diajak sama dia (pelaku) ke Jalan Rumbia. Saya dibawa ke rumah kosong sepi dan angker. Betulkah ini tempatnya, dia jawab betul, kok. Dia bilang yang punya rumah dekat gunung,” terang korban.

Ketika keduanya sampai di lokasi, pelaku lantas mendobrak pintu rumah kosong tersebut. “Dia langsung mepetin saya. Setelah itu dia maksa saya dan memukul pundak kiri saya dua kali. Habis dia mukul itu, dia langsung keluarkan pisaunya dan menodongkan ke perut saya. Selain itu, dia mencoba menutup mulut saya dengan tangan yang satunya. Dia berusaha mencekik dan melempar saya ke kasur,” katanya.

Di saat korban terjatuh, pelaku langsung melancarkan aksinya. Namun, hal itu digagalkan oleh korban dengan cara menahan kedua tangan tersangka yang hendak memperkosanya.

“Pas saya jatuh itu, dia langsung berusaha melepaskan baju saya. Saya mencoba menahan. Akhirnya dia membuka jaket dan celananya. Saya bilang ke dia kalau saya masih punya orangtua dan tidak ingin mengecewakan mereka karena saya dirusak,” terang korban.

Aksi pelaku pun gagal. Korban berlari keluar dari rumah kosong itu dan menghubungi temannya untuk pulang bersama. Akibat kejadian tersebut, korban melapor ke Polsek Samarinda Kota.

Pada Kamis (20/2/2020) sekitar pukul 21.30 Wita, tersangka berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian dan relawan. Kemudian, diamankan terlebih dahulu di Pos Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Sungai Pinang di Jalan Lambung Mangkurat, Gang 9, Kelurahan Pelita.

Membekuk Preman Pemeras dan Penganiaya Pedagang 

Polisi membekuk tujuh preman pasar di Jalan Jelawat, Kelurahan Sidodamai, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (27/1/2020). Ke tujuh preman diciduk setelah polisi menerima laporan para pedagang yang dianiaya bernama Ahmad dan Yusrianto. Awalnya, para preman ini mendatangi para pedagang meminta uang setoran keamanan Rp 300.000. Para korban mengeluhkan pungutan tersebut mahal dan hanya menyanggupi Rp 200.000. 
"Para pedagang minta pembayaran dimulai Februari," kata Kapolsek Samarinda Kota Kompol Yuliansyah, saat memberi keterangan pers, Selasa (28/1/2020). 


Namun, para preman ini memaksa untuk membayar di hari itu juga. Jika tak bayar, para preman meminta lapak jualan ditutup. Salah satu pedang tak terima, sempat ricuh dengan salah satu pelaku. Karena pelaku terluka, dia memanggil kawan-kawannya dan menganiaya pedagang tersebut. Para pelaku menganiaya korban dengan timbangan besi. Sebagian lain mencekik lalu memukul menggunakan kayu. Akibat kejadian itu, korban mengalami luka di bagian kepala dan beberapa bagian tubuh lainnya. 

Ketujuh pelaku yang ditahan bernama Fachruddin alias Acil (59), Rahmat Rifai (31), Syahroni (38), Muhammad Rojali (48), Syafrani (48), Abdul Rahman alias Aco (40), dan Erwin (50). Polisi menyita barang bukti berupa satu buah timbangan besi, satu buah kayu, dan baju kemeja biru. Dalam catatan polisi, pelaku sering memalak para pedagang sayur, buah, sejak lima tahun terakhir. Dalam kurun waktu itu sebanyak 34 lapak dagangan di sepanjang Jalan Jelawat dipungut masing-masing Rp 5.000 dengan hasil pungutan setiap harinya Rp 170.000. 


"Pelaku berdalih uang keamanan," jelasnya. Tak hanya itu, polisi juga mendapat laporan para pelaku sering memalak para sopir kendaraan roda empat atau alat berat yang melintas di jalur itu. Kini ketujuh preman ini telah ditahan di Mapolsek Samarinda Kota dan dikenakan pasal 368 dan pasal 170 KHUP karena melakukan pemerasan dan penganiayaan.

Mengkap Pelaku Pembobol Toko Pertanian

Empat sekawan bernama Rahman Syaleh (18), La Ode Yapi (18), Winarko alias Eko (33) dan Aldi, nekat mencuri bahan-bahan pertanian di Toko Indo Tani Farm, Jalan Yos Sudarso, Samarinda, hanya demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Keempatnya melakukan aksi pencurian saat tidak ada aktivitas di toko tersebut pada Minggu (20/10/2019) sekitar pukul 02.00 Wita. Skema pencurian dari keempatnya tergolong cerdik, dua orang pelaku berjaga di belakang toko menggunakan sepeda motor, sedangkan dua orang lainnya memasuki bagian belakang toko dengan cara merusak blower.


Setelah berada di dalam toko, keduanya lalu mengambil beberapa bahan-bahan pertanian seperti pestisida dan bibit jagung. Tercatat ada 16 botol pestisida tanaman merk Matador isi 250 mililiter, 58 botol pestisida tanaman merk Regent isi 250 mililiter, satu dus berisi 35 kaleng bibit jagung merk Bonanza now F1 33, dan 4 bungkus bibit jagung merk Manis Radja yang diambil oleh tersangka.

Tidak hanya mengambil beberapa bahan-bahan pertanian, kedua tersangka juga menggasak uang tunai sebesar Rp 750.000,- yang tersimpan di laci toko. Sadar aksinya berhasil, keempat kawanan tersebut akhirnya membawa barang hasil curiannya untuk dijual ke toko lain.

Pemilik toko baru menyadari ada beberapa barang yang berkurang pada keesokan harinya. Setelah melakukan pengecekan, ternyata memang benar beberapa bahan-bahan pertanian di tokonya telah hilang. Korban akhirnya melaporkan kasus ini ke Polsek Samarinda Kota.

Melaksanakan Program Jumat Berbagi Polsek Samarinda Kota 

Jumat (31/1/2020), Kapolsek Samarinda Kota Kompol Yuliansyah S.H., S.I.K., bersama dengan jajaran melaksanakan kegiatan Jumat Berbagi di Rumah Singgah Anak Yatim & Duafa "Jendela Langit". Rumah singgah yang didirikan pada tanggal 28 Oktober 2010 ini mengasuh sekitar 70 anak. Pihak yayasan mengucapkan banyak terimakasih kepada Polsek Samarinda Kota yang telah datang bersilaturahmi dengan anak anak asuh di rumah singgahnya.


Selanjutnya Kapolsek Samainda Kota menyerahkan beberapa bantuan kepada pengurus Rumah Singgah Ustad Arif dan Ibu Dalot. Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi rumah singgah Jendela Langit dan anak-anak asuhnya.
.

Audiensi Dengan Panwaslu Kecamatan
    
Dalam rangka mempererat tali silahturahmi, Kapolsek Samarinda Kota Kompol Yuliansyah, SH, SIK bersama Wakapolsek Akp Supriyadi, S. Sos menerima langsung kunjungan Silaturahmi dari Panwascam Samarinda Kota. Selasa (07/01/2020)

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan Silaturahmi tersebut Para Kanit dan anggota Polsek Samarinda Kota, Panwascam Samarinda Kota Elvin Satria Widodo, Panwascam Sambutan Bambang Hari, Panwascam Samarinda Ilir Syaiful Rahman berserta Anggota Panwascam.

Dengan terjalinnya Silaturahmin dan komunikasi  yang baik antar Personel Polsek Samarinda Kota Dengan Panwascam Kota Samarinda agar dapat bersinergi dalam mensukseskan Pilwali Kota Samarinda yang akan datang.


“Kami hari ini menerima kunjungan dari Panwascam dalam rangka silahturahmi, diharapkan dengan silahturahmi ini nanti kita semakin solid dan kompak dalam pelaksanaan tugas menghadapi Pilwali Kota Samarinda “, ucap Kapolsek Samarinda Kota.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan dengan adanya kegiatan rutin seperti ini diharap masyarakat dapat bisa merasakan keamanan di lingkungannya dan dapat memberikan nilai positif, bahkan dapat dirindukan dan diharapkan selalu kehadirannya oleh masyarakat tutup Ade Yaya


Sumber : 














Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kiprah Kompol Yuliansyah, S.H., S.I.K. Sebagai Kapolsek Samarinda Kota
Kiprah Kompol Yuliansyah, S.H., S.I.K. Sebagai Kapolsek Samarinda Kota
https://1.bp.blogspot.com/-7Y-mk0E2cI0/XmrbxALOR5I/AAAAAAAANzM/F8dIVMoM4ZoTzBWPepSIvMi_AKx1-EULQCEwYBhgLKskDAMBZVoAO5Scj8atJyTh8HYyV-6lcD6XBbcFVy6LA00EcQsaHKYdHBWfG7_SjkkgFXzjbkg0EgCArRPvw4a0oBr5Rj7trG9gI4v1iPBChZ8zjxKXo7wLZpRX8EODiUDtBE3xpb2eMIDcUx6_1KeoI3U4ntkT4Gmi3abWY9ZR-98AlyhtIOjrSFNXxqbwbkXf4oWIzSXnrOuaykXW1EwJgwkDfRPgeu98ohE0G2m4J9eQ6ouCcDbKduNLk1GlZcZTYXCA11v0tWjrSKtup4_m_m0DWefkyC_XV-M_X9IKJZEhAdw5wjzD0BW7zVMXzKg2nEmqIMvI-J6-3eJQSM6vWvsR9kQEZSs5JbladdvqMaMTbngPjyhHD6VwQ-GhQ8DZlVrJWrLxRLFu2CYJue615prkvTCnUCslmrjJM9ZHvzBP2OLFmouCIN8HPHTVQqOhs01uiXU59KnmlHy72SP269wJINiqRtyUnGAqG66yE4qNB8APZBdmCUVNWcWt9xgRa43vieW-PDNS2LNURTvdWZvmJB0p_S1ImLvLGXBET0id_ruf91w78dyoP-P9qfcALY6eZHzqte4zpc_stbXGA-YOo_edfdcF9GjCouqvzBQ/s320/img-20200226-152945-05a90d9cf85f769f94192e0a0bdc860d.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7Y-mk0E2cI0/XmrbxALOR5I/AAAAAAAANzM/F8dIVMoM4ZoTzBWPepSIvMi_AKx1-EULQCEwYBhgLKskDAMBZVoAO5Scj8atJyTh8HYyV-6lcD6XBbcFVy6LA00EcQsaHKYdHBWfG7_SjkkgFXzjbkg0EgCArRPvw4a0oBr5Rj7trG9gI4v1iPBChZ8zjxKXo7wLZpRX8EODiUDtBE3xpb2eMIDcUx6_1KeoI3U4ntkT4Gmi3abWY9ZR-98AlyhtIOjrSFNXxqbwbkXf4oWIzSXnrOuaykXW1EwJgwkDfRPgeu98ohE0G2m4J9eQ6ouCcDbKduNLk1GlZcZTYXCA11v0tWjrSKtup4_m_m0DWefkyC_XV-M_X9IKJZEhAdw5wjzD0BW7zVMXzKg2nEmqIMvI-J6-3eJQSM6vWvsR9kQEZSs5JbladdvqMaMTbngPjyhHD6VwQ-GhQ8DZlVrJWrLxRLFu2CYJue615prkvTCnUCslmrjJM9ZHvzBP2OLFmouCIN8HPHTVQqOhs01uiXU59KnmlHy72SP269wJINiqRtyUnGAqG66yE4qNB8APZBdmCUVNWcWt9xgRa43vieW-PDNS2LNURTvdWZvmJB0p_S1ImLvLGXBET0id_ruf91w78dyoP-P9qfcALY6eZHzqte4zpc_stbXGA-YOo_edfdcF9GjCouqvzBQ/s72-c/img-20200226-152945-05a90d9cf85f769f94192e0a0bdc860d.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/kiprah-kompol-yuliansyah-sh-sik-sebagai.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/kiprah-kompol-yuliansyah-sh-sik-sebagai.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content