$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol Agung Pranajaya, S.I.K Wakil Kepala Detasemen B Brimobda Polda Maluku



Korps Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter milik Kepolisian Negara Republik Indonesia. Korps Brimob juga dikenal sebagai salah satu unit tertua yang ada di dalam organisasi Polri. Korps Brigade Mobil bersifat sebagai komponen besar didalam Polri yang dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas anti-separatis dan anti-pemberontakan, seringkali bersamaan dengan operasi militer. Korps Brimob terdiri dari 2 (dua) cabang yaitu Gegana dan Pelopor. Gegana bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas operasi kepolisian khusus yang lebih spesifik seperti: Penjinakan Bomb, Anti-Terror (Counter Terrorism), dan Inteligensi. Sementara, Pelopor bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas operasi kepolisian khusus yang lebih luas dan bersifat Paramiliter seperti: Penanganan Kerusuhan/Huru-Hara (Riot control), Pencarian dan Penyelamatan (SAR), Pengamanan instalasi vital, dan operasi Gerilya serta pertempuran hutan terbatas. 

Brimobda Polda Maluku dibagi menjadi tiga Detasemen, yang merupakan satuan atau unit dalam militer atau polisi yang dilepaskan dari unit yang lebih besar untuk fungsi tertentu atau tugas tertentu baik secara permanen maupun sementara. Wakil Kepala Detasemen B Brimob Polda Maluku adalah seorang perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2006 berpangkat Komisaris Polisi, yakni Kompol Agung Pranajaya, S.I.K. Berikut merupakan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Kompol Agung Pranajaya, S.I.K.

Menjadi Komandan Upacara dalam Rangka Penerimaan Personel Sat Brimob Polda Maluku yang telah Purna Tugas pada BKO Polda Papua


Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Maluku, Kombes Pol. Drs. Sungkono, memimpin upacara penerimaan personel Sat Brimob Polda Maluku yang telah purna tugas pada BKO Polda Papua, bertempat di Lapangan Upacara Letkol Pol. (Purn.) Chr. Tahapary Tantui Ambon. Bertindak sebagai Komandan upacara adalah Wadanyon B Sat Brimob Polda Maluku Kompol Agung Pranajaya, S.I.K. Ikut dalam upacara ini para pejabat utama Polda Maluku dan para Pamen Polda Maluku. Kapolda Maluku dalam amanatnya yang dibacakan Irwasda mengatakan, kita patut bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yg Maha Esa karena atas tuntunan dan perlindungannya sehingga seratus personel Brimob kita yang ditugaskan pada BKO Polda Papua telah kembali dengan selamat walau ada salah satu personel BKO kita atas nama Bharatu Lucky Darmadji yang mengalami luka tembak dipaha kiri saat terjadi kontak tembak dengan kelompok KKB dan saat ini sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Polri Sukanto Keramat Jati Jakarta. Pimpinan memberikan apresiasi yang setingi tingginya kepada personel BKO yang telah purna tugas atas dedikasi dan loyalitas yang ditunjukan sebagai insan Bhayangkara sejati dalam mengemban amanat bangsa dan negara.

Kita patut berbangga karena Polda Maluku mendapat kepercayaan dari pimpinan untuk turut memberikan kontribusi positif lewat kegiatan pengamanan di wilayah Papua selama 192 hari atau tujuh bulan lamanya dengan penempatan pasukan BKO sebanyak 49 personel di Distrik Kenyam, 48 personel di Distrik Mapenduma dan 3 personel di posko Timika. Kita juga patut bersyukur kepada Allah SWT karena meskipun didalam pelaksanaan tugas BKO di Polda Papua banyak sekali kendala dan tantangan yang dihadapi personil seperti kontak tembak selama 45 menit di Mapenduma pada tanggal 8 januari antar personel Polri dengan KKB pimpinan Egianus Kogoya serta kontak tembak selama selama 45 menit di Kenyam pada tanggal 11 januari yang mengakibatkan satu personel kita tertembak namun saat ini telah berangsur pulih dan sementara menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Polri Soekanto Keramat Jati Jakarta. Pada amanatnya ini Kapolda juaga mengingatkan seluruh personel yang purna tugas agar berbagai pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh selama melaksanakan BKO kiranya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan serta modal dasar dalam menghadapi tugas tugas yang sama dimasa mendatang.

Sejumlah keberhasilan yang telah dicapai telah membawa dampak positif bagi pembinaan anggota dan kesatuan serta membawa citra baik bagi Polri dimata masyarakat papua. Kapolda mengajak agar hal ini kiranya dapat dipertahankan dan mungkin ditingkatkan lagi pada tugas yang sama dimasa mendatang. Diakhir amanatnya, Kapolda menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya karena personel Brimob kita telah melaksanakan tugas yang diamanatkan bangsa dengan baik dengan berbagai keberhasilan yang dicapai. Hal ini harus dipertahankan sebagai mana semboyan Brimob Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan. Ucapan terima kasih juga disampaikan Kapolda kepada seluruh keluarga personil BKO yang sudah ditinggalkan selama ini. Sebelumnya, seratus personil Satuan Brimob Polda Maluku dikirim dalam melaksanakan penugasan BKO ke Polda Papua dalam rangka menekan pergerakan dan aktifitas kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua.

Melaksanakan Program “Brimob Berbagi”


Masohi, Menyambut Barokah di Hari yang cerah, Personel Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku, membagikan nasi bungkus kepada para petugas kebersihan yang berpenghasilan rendah serta kepada warga masyarakat yang melintas di jalan Abdullah Solissa Kota Masohi.


Wakil Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku Kompol Agung Pranajaya S.I.K, dalam tautannya beliau mengatakan dengan niat yg tulus disertai dengan keikhlasan maka sebagai hambaTuhan kita harus saling berbagi tanpa mengharap orang lain berbagi kembali kepada kita, kita berharap Tuhanlah yang akan membalasnya.


Kegiatan mulia ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Batalyon B Pelopor satuan Brimob Polda Maluku setiap minggunya. Yang bertujuan agar Brimob lebih dekat dengan masyarakat serta membentuk karakter yang humanis setiap anggota, dan inti dari giat ini adalah mencari Keberkahan dari Allah SWT.


“Giat ini merupakan salah satu program dari Satuan Brimob Polda Maluku, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan Polri yang Promoter, dicintai masyarakat dan merakyat,” ucap Kompol Agung Pranajaya S.I.K.

Mendeteksi DIni Antisipasi Kejahatan


MASOHI, Kegiatan patroli merupakan rutinitas Satuan yang mana kegiatan ini menyasar pada warga masyarakat guna terciptanya situasi yang semakin kondusif, akan tetapi dalam kegiatan patroli ini, Brimob Bataltyon B Pelopor yang di pimpin Bripka Basri Lewenusa berusaha mendekatkan diri dengan anak-anak yang berada di Kota Masohi,.


Banyaknya pemberitaan di media online maupun media televisi tentang penculikan yang terjadi kepada anak-anak, kami personel Batalyon B Pelopor juga merasa prihatin dengan kejadian yang menimpa mereka. Maka dari itu Wadanyon B Pelopor Kompol Agung Pranajaya. S.I.K, memerintahkan jajaranya untuk selain mendekatkan diri dengan masyarakat juga mendekatkan diri dengan anak-anak. “Tujuan dari kegiatan ini adalah selain untuk berinteraksi kepada anak-anak juga mendeteksi dini antisipasi kejahatan selain itu, menghimbau kepada para orang tua agar lebih mengawasi anak-anak mereka,”ucap Pak Agung. Dalam kegiatan ini Bripka Basri Lewenusa dan Briptu Syamsul Bahri menyambangi para anak-anak yang pulang sekolah dengan memberikan pesan agar selalu berhati-hati dalam perjalanan pulang.

Menjaga Situasi Kambtibmas


Masohi, dua personel Brimob Batalyon B Pelopor (Masohi) melaksanakan Patroli Kamtibmas di Kota Masohi. Selain itu, juga memberikan pesan-pesan untuk pentingnya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Masohi. Patroli yang dilaksanakan oleh Aiptu Muhtar, S.Sos dan Briptu Syamsul Bahri itu dilakukan di beberapa pangkalan taksi mulai dari pangkalan taksi Kairatu sampai pangkalan taksi tujuan Bula.


Wadanyon B Pelopor Kompol Agung Pranajaya, S.I.K., mengatakan bahwa kegiatan itu dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat. “Sekaligus untuk menyerap dan menampung aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan masalah kamtibmas,” ucap Kompol Agung Pranajaya, S.I.K. Terlebih lagi, dengan adanya komunikasi langsung dengan masyarakat itu akan menambah kedekatan brimob dengan masyarakat dalam setiap tugas dan keadaan, tambah Kompol Agung.

Melakukan Pemusnahan Miras bersama Kapolres Maluku Tengah

Saat AKBP Hendrik Purwono memusnahkan miras dengan menumpahkannya ke dalam kolam yang disediakan.

Kepolisian Resort Maluku Tengah dibawa kepemimpinan AKBP Hendrik Purwono, memusnahkan 1.700 Liter minuman keras berjenis Sopi. Pemusnahan miras yang berlangsung di Mapolres Malteng, jalan Dr. Siwabessy Kota Masohi itu, dilakukan sesaat setelah Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima 2019 oleh Polres Malteng bersama TNI dan Forkopimda setempat. Hendrik Purwono awali pemusnahan miras dengan menumpahkan miras tersebut ke dalam kolam yang disediakan. Selanjutnya pemusnahan miras diikuti oleh Kepala Pengadilan Negeri Masohi Agus Hardianto, Dandenpom XVI / 2 Masohi Letkol CPM Hendri Sirait, Kepala Kejaksaan Negeri Masohi Juli Isnur, Wadanyon 731 Kabaresi Mayor Inf Hamanja Hasan, Wadanyon B Pelopor Sat Brimob Polda Maluku Kompol Agung Pranajaya serta Ketua MUI Maluku Tengah Hi. Rajab Sese. 

Seremoni pemusnahan miras tersebut diawali dengan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti miras. Purwono mengatakan, ribuan liter miras yang dimusnahkan itu merupakan hasil dari sitaan Polres Malteng dalam dua kali operasi. “Pemusnahan miras sopi yang disita pada saat Operasi Antik Siwalima 2019 dan Operasi Pekat Siwalima 2019,” ungkap Purwono. Sebelumnya Purwono sebagai Kepala Kepolisian Resort Malteng menjamin masyarakat yang nantinya menjalankan Ibadah natal 2019 dan perayaan tahun baru 2020 tetap dapat pengamanan maksimal dari satuan gabungan. Namun kesigapan satuan Polri dan TNI pada wilayah hukum Malteng, perlu mendapat dukungan masyarakat dengan tetap menjaga dan memperkuat kerukunan antar umat beragama jelang hari besar umat kristiani.

Memimpin Pengamanan Aksi Protes yang berujung Aksi Pelemparan dan Perusakan Polsek Kairatu Timur

KP pelaku terduga kasus penganiayaan dan pembacokan menggunakan parang terhadap seorang warga hingga tewas yang baru ditangkap polisi mengaku terlibat langsung dalam insiden tersebut. "KP yang ditahan sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dari mulutnya muncul beberapa nama terduga lainnya,"kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon. Kasus ini ditangani Polres Seram Bagian Barat (SBB), namun satu pelaku yang ditahan sudah diamankan di rumah tahanan negara (Rutan) Polda Maluku dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan.

Menurut Kabid Humas, penangkapan KP juga memancing aksi protes sebagian warga desa Latu dan berujung pada aksi pelemparan dan perusakan kantor Polsek. Selain itu, warga juga berupaya menghalangi mobil polisi yang mengangkut sejumlah pasukan Brimob dari Polres Maluku Tengah saat memasuki desa Latu. Petugas kami dicegat warga dari arah depan dan belakang mobil dan mereka diduga menggunakan senjata api serta bom rakitan, sebab pada badan mobil terlihat kerusakan akibat tertembus peluru dan serpihan bom rakitan," jelas Kabid Humas.

Sehingga sejumlah aparat Brimob dipimpin Kompol Agung Pranajaya hanya bisa bertahan dan mundur sambil melepaskan tembakan perlindungan akibat diserang dari dua arah pada pukul 20:00 WIT. "Dalam insiden ini dilaporkan ada satu warga yang tewas tertembak dan kami tidak mengelak karena anggota kita di lapangan bersenjata, tetapi ingat kalau masyarakat juga bersenjata dan membawa bom rakitan," tandas Kabid Humas. Dia juga mengimbau warga desa Latu yang telah mendapatkan surat panggilan polisi melalui pemerintah desa untuk koopertif dan menyerahkan diri.

"Kalau tidak maka polisi akan menggunakan cara represif dan bertindak lebih tegas terhadap mereka yang telah dipanggil karena diduga mengetahui peristiwa penganiayaan, apalagi tersangka KP juga telah menyebutkan beberapa nama calon tersangka," tegas Kabid Humas. Kapolda dan segenap jajarannya juga memberikana jamiminan kepada warga yang mau memenuhi panggilan polisi dan tidak akan ada kekerasan terhadap mereka.



Source :
Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol Agung Pranajaya, S.I.K Wakil Kepala Detasemen B Brimobda Polda Maluku
Kompol Agung Pranajaya, S.I.K Wakil Kepala Detasemen B Brimobda Polda Maluku
https://lh6.googleusercontent.com/M784_zKsJ0nSyhXL7q1WyZ6FjPk7boxI1me9p3dPbuOuhBChB6W0Va5FGXwSM1Zvn9Hlj4ObvC868nODLncTra_WtQpb0BsbJfdsD50RCnDm7NGzlSGWzciEosIIzP59PrOsaQ0
https://lh6.googleusercontent.com/M784_zKsJ0nSyhXL7q1WyZ6FjPk7boxI1me9p3dPbuOuhBChB6W0Va5FGXwSM1Zvn9Hlj4ObvC868nODLncTra_WtQpb0BsbJfdsD50RCnDm7NGzlSGWzciEosIIzP59PrOsaQ0=s72-c
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/kompol-agung-pranajaya-sik-wakil-kepala.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/kompol-agung-pranajaya-sik-wakil-kepala.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content