$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol Hotmartua Ambarita, S.H., S.I.K.,M.H., Kreator Program Polda Riau Menyapa (PRM)



Teknologi informasi adalah teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi yang terus berlanjut membawa aplikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Teknologi informasi menjadi sebuah teknologi yang lebih luas pengaruh dan implikasinya dibandingkan teknologi komputer, yang awalnya hanya berkembang dalam dunia komputerisasi. 

Prinsipnya aplikasi teknologi informasi adalah alat bantu bagi manusia untuk mengolah data menjadi informasi. Informasi ini kemudian dimanfaatkan oleh manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menjalankan pekerjaannya. Penerapan teknologi informasi di dalam kehidupan akan selalu berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan bervariasi. Komponen dasar pembentuk teknologi selain teknologi komputer disebabkan karena berkembangnya bidang Telekomunikasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya masyarakat pengguna media komunikasi, menurut survei yang dilakukan oleh United Nation USA census, lebih dari setengah populasi manusia merupakan pengguna internet dan aktif di media sosial.


Seiring berkembangnya teknologi informasi dan penyiaran, menggiring masyarakat untuk beralih pada era baru yaitu era digital dan transparansi. Maka terjadilah pergeseran teknologi di masyarakat dari media konvensional menjadi media online. Sehingga untuk menjalin komunikasi kepada masyarakat diperlukan hubungan dan komunikasi yang sangat bagus. 

Tidak dipungkiri setiap organisasi atau perusahaan menginginkan citra yang baik dimata masyarakat, dapat dikatakan bahwa sukses dan tidaknya sebuah organisasi atau perusahaan bergantung pada kesuksesan dalam mengelola informasi dan hubungan dengan masyarakat. Media melalui pemberitaannya mampu menjangkau masyarakat secara luas dengan waktu yang relatif singkat pula. Bahkan Media mampu mempengaruhi masyarakat untuk membangun citra yang positif ataupun citra negatif dari sebuah organisasi. Hal ini menjadikan informasi tanpa batas ( borderless ) dan membuat dunia dalam genggaman bagi masyarakat pengguna teknologi. 

AWAL TERBENTUKNYA  PRM

Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuai dengan Undang-Undang kepolisian No.2 tahun 2002 mempunyai tugas untuk melindungi, mengayomi, melayani masyarakat dan penegakan hukum dengan tetap mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. Bidang hubungan masyarakat merupakan salah satu pengemban fungsi yang mempunyai tugas untuk melakukan tidakan preemtif dan preventif, hal ini dikarenakan fungsi humas mempunyai tugas untuk menyediakan penerangan informasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat. 

Hal ini bertujuan agar informasi yang beredar dan sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang sebenarnya dan tidak membuat kegaduhan di kalangan masyarakat. Berdasarkan dengan tugas tersebut, maka muncul Terobosan inovatif dari salah satu Sahabat 38 Setia yang saat ini menjabat sebagai Kaur Produk Kreatif Bid Humas Polda Riau KOMPOL HOTMARTUA AMBARITA, S.H.,S.I.K.,M.H untuk menciptakan sebuah tayangan informatif kepada masyarakat yang dapat diakses dengan mudah setiap harinya dengan memberikan program Live Streaming melalui media sosial Bid Humas Polda Riau dengan tajuk “POLDA RIAU MENYAPA”. Sehingga pada tanggal 21 Oktober 2019 program live streaming Polda Riau Menyapa disiarkan melalui akun Bid Humas Polda Riau secara perdana live di akun facebook, Instagram dan You Tube Bid Humas Polda Riau meskipun dengan menggunakan alat yang seadanya yaitu berupa Hand Phone (HP).  


Program Live Streaming Polda Riau Menyapa ditayangkan setiap hari kerja dari Senin sampai dengan Jum’at kecuali hari Selasa dari jam 09.00 – 10.00 Wib. Seiring berjalannya waktu, tayangan Polda Riau Menyapa mendapatkan respon yang sangat bagus baik dari Pimpinan dan netizen pengguna medsos. Sehingga hal ini menimbulkan semangat yang luar biasa juga dari pencetus ide tayangan Polda Riau Menyapa untuk semakin memperbaiki tampilan tayangan dan melengkapi peralatan yang dibutuhkan untuk Live Streaming walaupun harus menggunakan uang pribadi. 

Beberapa inovasi kreatif tayangan Polda Riau Menyapa diciptakan untuk menjadi lebih baik dan tidak membuat kejenuhan bagi para netizen, bukan hanya menampilkan tayangan live studio saja, Polda Riau Menyapa juga melaksanakan program Live Streaming On The Spot di tempat kejadian ataupun kegiatan. Untuk lebih mengenalkan acara Polda Riau Menyapa ke semua kalangan selain memberikan tayangan secara Live di studio,  juga telah dilaksanakan program Live Streaming Polda Riau Menyapa Goes To Scchool, dalam acara tersebut diisi dengan diadakan kegiatan talk show bersama siswa-siswi dan guru-guru juga diisi dengan pemberian cinderamata dan door prize melalui kuis dan permainan game. 
Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan kepada remaja millenial agar senantiasa bijak bermedia sosial dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Bukan hanya itu saja, bahkan ide kreatif juga diciptakan dengan memberikan tayangan yang dilaporkan secara jarak jauh dengan satuan kewilayahan yaitu menggunakan sarana Video Call melalui tayangan aplikasi sambungan jarak jauh, guna untuk mengekspose keberhasilan yang telah dilakukan oleh jajaran Polda Riau. 


Seiring berjalannya waktu, program Polda Riau Menyapa selain mendapatkan dukungan dari pimpinan Polda Riau juga telah mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Divisi Humas Mabes Polri. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Kadiv Humas Polri IRJEN POL MUHAMMAD IQBAL, S.I.K., M.H dengan memberikan arahan kepada Polda-Polda lain untuk mencontoh dan membuat tayangan inovatif seperti Polda Riau melalui tayangan Program Polda Riau Menyapa. 

TUJUAN PRM

Program Live Streaming Bid Humas “Polda Riau Menyapa” ini diciptakan dalam rangka menopang kinerja Polri saat berinteraksi dengan masyarakat guna membangun image positif di masyarakat. Selain itu tayangan tersebut juga bertujuan untuk menciptakan kepercayaan dari publik. Kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika Kepolisian Negara Republik Indonesia memiliki citra yang baik di masyarakat. Disinilah peran utama dari kita untuk membangun citra positif terhadap institusi Polri. Melalui penayangan Program Live Streaming “Polda Riau Menyapa” ini Polri dapat memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan, pelaksanaan tugas dan Keberhasilan kinerja Polda Riau yang telah dilakukan, Sehingga, dapat tercipta citra dan opini publik yang positif terhadap Polri. 

TANGGAPAN MASYARAKAT YANG MENYAKSIKAN PROGRAM “POLDA RIAU MENYAPA” 

 Tayangan Polda Riau Menyapa dari pertama kali live di akun media sosial Bid Humas Polda Riau mendapatkan respon dan tanggapan yang luar biasa dari netizen maupun masyarakat yang menyaksikan. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan melalui jumlah tayangan maupun komentar yang diberikan. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti acara Polda Riau Menyapa, sebagai salah satu contoh tanggapan positif yang diberikan oleh masyarakat yaitu dalam salah satu sesi tayangan Polda Riau Menyapa Live On The Spot atau terhubung secara langsung dengan salah satu jajaran Polda Riau yang berada di daerah Kepulauan yaitu Polres Kepulauan Meranti dengan mengangkat tema “Pelaksanaan Patroli Dan Himbauan Sebagai Upaya Cegah Dini Kebakaran Hutan dan Lahan Di Polres Kepulauan Meranti”. 


Dapat kita lihat bersama dalam tayangan tersebut mendapatkan tanggapan berupa 2,1 ribu emoticon, 90 komentar, 53 kali dibagikan dan 14 ribu lebih jumlah tayangan. Hal ini dapat membuktian bahwa Program Polda Riau menyapa sangat mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat. 

Tayangan live streamig Polda Riau menyapa merupakan salah satu terobosan kreatif yang telah dilakukan oleh Bid Humas Polda Riau dalam memberikan informasi secara tepat dan tepat kepada masyarakat. Melalui tayangan ini diharapkan informasi tentang Pelaksanaan tugas Polri dan keberhasilan kinerja Polda Riau dapat diketahui oleh masyarakat secara cepat dan akurat. 


Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol Hotmartua Ambarita, S.H., S.I.K.,M.H., Kreator Program Polda Riau Menyapa (PRM)
Kompol Hotmartua Ambarita, S.H., S.I.K.,M.H., Kreator Program Polda Riau Menyapa (PRM)
https://1.bp.blogspot.com/-xqBkdve2L0U/XmtoLT64bSI/AAAAAAAAN0k/iix1Qx0xsmMJ4vEYAk2xYXwkjsm-7w7NQCLcBGAsYHQ/s320/unnamed.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xqBkdve2L0U/XmtoLT64bSI/AAAAAAAAN0k/iix1Qx0xsmMJ4vEYAk2xYXwkjsm-7w7NQCLcBGAsYHQ/s72-c/unnamed.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/kompol-hotmartua-ambarita-sh-sikmh.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/kompol-hotmartua-ambarita-sh-sikmh.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content