$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Kompol Phungky Mahendra Borniawan, SH, S.I.K, M.I.K Kepala Satuan Intelkam Polresta Solo


Mediasi pengemudi ojol di Kantor Dishub Solo

Kepolisian Negara Republik Indonesia memiliki berbagai macam fungsi untuk menjalankan tugas pokoknya, mulai dari fungsi preemtif sampai dengan penegakan hukum. Salah satu fungsi preemtif dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah fungsi intelijen. Satuan fungsi intelijen memiliki tugas yang cukup khusus bergerak di wilayah preemtif.  Tugas pokok Kepolisian Negara Indonesia berkaitan dengan menjaga keamanan dan ketertiban sehingga fungsi intelijen yang ada juga menyesuiakan dengan tugas tersebut sehingga fungsi intelijen kepolisian sering disebut sebagai Fungsi Intelijan Keamanan (Intelkam). 

Satuan tugas intelijen keamanan bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi Intelijen bidang keamanan, pelayanan yang berkaitan dengan ijin keramaian umum dan penerbitan SKCK, menerima pemberitahuan kegiatan masyarakat atau kegiatan  politik,  serta  membuat  rekomendasi  atas  permohonan  izin pemegang senjata api dan penggunaan bahan peledak.

Salah satu Sahabat 38 Setia yang bertugas pada fungsi intelijen adalah Kompol Phungky Mahendra Borniawan, SH, S.I.K, M.IK. Sejak bulan Oktober 2019 dipercaya menjabat sebagai Kepala Satuan Intelijen Keamanan Polresta Solo yang  mempunyai dinamika kegiatan yang sangat tinggi, baik dalam melaksanakan tugas pelayanan, pengamanan dan sebagainya. Kompleksitas yang tinggi  dari segi ideologi politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.  Berikut adalah beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Komol Phungky dalam rangka menjalankan tugasnya.

Pengamanan Kericuhan antara kelompok Ikhwan Laskar dengan massa NU 

Bentrokan antardua kelompok massa terjadi di depan kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Solo yang terletak di Jalan Honggowongso, Surakarta, Jawa Tengah, pada Jumat 6 Desember 2019. Kejadian bermula tatkala 20 rombongan dari Laskar melintas di depan kantor PCNU Solo. Dan di saat yang bersamaan, terdapat sekitar 50 orang dari kelompok Pagar Nusa yang berbeda di kantor PCNU sana. 

Dalam kejadian tersebut terjadi aksi saling lempar batu dan saling pukul bambu. Akibat kejadian tersebut, Mubaroq (Ketua PCNU Kab. Wonogiri sekaligus Korda PCNU se-Solo Raya) terluka pada ibu jari kiri karena terkena bambu saat menghalau massa.

Pengamanan kericuhan oleh aparat keamanan Polrseta Solo

Berkat kesigapan aparat kericuhan hanya berlangsung sebentar karena pada pukul 15.10 WIB massa kelompok laskar berhasil dihalau oleh 1 SST Dalmas Polresta Surakarta. Setelah kejadian tersebut, 1 SST Brimob dan 1 SST Dalmas Polresta Surakarta standby di depan Kantor PCNU Kota Surakarta untuk mengantisipasi serangan balik dari kelompok ikhwan laskar.

Kehadiran pejabat Polresta Solo yaitu Wakapolresta Surakarta AKBP Iwan Saktiadi dan Kasat Intelkam Polresta Surakarta AKP Phunky Mahendra  didampingi Kasdim 0735/Ska Mayor Inf Alfian dapat memeberikan komando yang jelas kepada anggota di lapangan sehingga kericuhan tidak meluas. 

Mediasi Kasus Driver Gojek, Grab, dengan Maxim 

Berstatus sebagai pendatang baru transportasi online, Maxim langsung jadi perbincangan. Ini setelah kantor mereka di Solo digeruduk para driver Grab dan Gojek. Maxim merupakan perusahaan berasal dari Chardinsk, sebuah kota yang agak terpencil di Rusia yang terletak di Pegunungan Ural. Maxim baru menjamah pasar Indonesia di tahun 2018 dengan membuka kantor di Jakarta di bawah bendera PT Teknologi Perdana Indonesia.

Layanan transportasi online miliknya kemudian dengan cepat merambah ke kota-kota di Indonesia antara lain Yogyakarta, Pekanbaru, dan Solo.

Operator Ojol Gojek dan Grab mengeluhkan banyaknya penumpang di Solo yang beralih ke Maxim, lantaran operator asal Rusia ini dinilai memberikan tarif terlalu rendah.  Sehingga mereka melakukan aksi protes dengan mendatangi kantor Dishub Kota Solo. 

Pengemudi ojol Grab dan Gojek protes

Pada pertemuan itu Kasat Intel Kompol Phungky Mahendra mewakili Kapolresta Solo, AKBP Andy Rifai mengatakan, pihaknya meminta agar para driver ojek online dari Gojek, Grab, dan Maxim bisa menjaga kondusivitas kota Solo.

"Intinya kita mengedepankan segi keamanan," terang AKP Phungky dalam pertemuan di Kantor Dishub Solo, Jumat (20/12/2019).

Kompol Phungky berpendapat para driver berhak menyampaikan pendapat di muka umum namun harus sesuai ketentuan dan menjaga ketertiban. Pihaknya mengingatkan, harus santun dalam mengeluarkan pendapat. Apalagi respons dari pemerintah dalam mengurus persoalan tarif yang dituntut oleh Gojek dan Grab ini termasuk cepat.

Panitia  Turnamen E-Sport PES 2020 Wartawan dan Polresta Surakarta

Turnamen E-sport Pro Evolution Soccer (PES) 2020 berlangsung seru di Mako Cemoro, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Kamis (30/1) malam. Ajang bertajuk “Liga Bleduk Manahan 2020” mempertemukan Wartawan, Sat-Reskrim dan Sat-Intelkam Polresta Solo.

“Ini kegiatan non-formal yang unik agar sinergi kita terus terjaga. Kita mencoba membuat terobosan antara Polresta dan media agar hubungan semakin baik,” terang Waka Polresta Solo, AKBP Iwan Saktiadi.

Penyerahan Souvenir saat ajang Turnamen E-sport Pro Evolution Soccer (PES) 2020 di Mako Cemoro

Ajang itu diikuti sebanyak 32 peserta, termasuk Kasatreskrim Kompol Arwansa, dan Kasat Intel Kompol Phungky Mahendra. Kompetisi dimulai dengan laga ekshibisi antara Wakapolresta Solo, AKBP Iwan Saktiadi mewakili Kapolresta Kombes Pol Andy Rifai melawan wartawan LKBN Antara, Bambang Dwi Marwoto. Di pertandingan tersebut, Wakapolresta menang tipis 1-0 atas Bambang.

Dalam sambutannya, Iwan menyebut turnamen E-sport tersebut cukup unik. Sebab, selain pertama kali digelar, ajang itu juga untuk semakin merekatkan hubungan antara jajaran Polresta Solo dan awak media yang selama ini bertugas jurnalistik, khususnya desk hukum dan kriminal.

Perwira polisi berpangkat melati dua itu berharap kegiatan non-formal lainnya bisa terselenggara.

“Harapan saya bisa dirutinkan dengan agenda yang lain. Manfaatnya luar biasa untuk menjaga sinergi kita,” ujar dia.


Sumber : 



Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Kompol Phungky Mahendra Borniawan, SH, S.I.K, M.I.K Kepala Satuan Intelkam Polresta Solo
Kompol Phungky Mahendra Borniawan, SH, S.I.K, M.I.K Kepala Satuan Intelkam Polresta Solo
https://1.bp.blogspot.com/-vvxVto1Tr0A/XmX69nLaZmI/AAAAAAAANo0/zyyp4YGqpvsfDgscKqjRcxlCCK0ZrLZWACLcBGAsYHQ/s320/gojek-geruduk-kantor-dishub-solo%2B%25281%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vvxVto1Tr0A/XmX69nLaZmI/AAAAAAAANo0/zyyp4YGqpvsfDgscKqjRcxlCCK0ZrLZWACLcBGAsYHQ/s72-c/gojek-geruduk-kantor-dishub-solo%2B%25281%2529.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/kompol-phungky-mahendra-borniawan-sh.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/kompol-phungky-mahendra-borniawan-sh.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content