$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Workshop Polwan Menuju Panggung Utama Pemolisian


Kompol Dian Matusia, S.IK (tengah kiri) dan Kompol Arum Sari Puspita Dewi, S.I.K, M.A (tengah kanan) pada acara  Workshop di di Hotel Mercure Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (3/3).

Pada bulan bulan September 2020 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah International Association of Women Police (IAWP) 2020  yang direncakan akan dilaksanakn di Yogyakarta. Dalam rangkaian kegiatan tersebut maka Kepolisian Negara Republik Indonesia mengadakan workshop dengan tema Polwan Menuju Panggung Utama Pemolisian yang diadakan di Hotel Mercure Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (3/3).

Peserta dan pembicara workoshop berfoto bersama.

Peserta dari worksho ini berasal dari perwakilan Polisi Wanita yang berdinas di Markas Besar dan juga jajaran kewilayahan. Tidak ketinggalan dua orang Sahabat 38 Setia menjadi peserta dalam acara ini, mereka adalah Kompol Dian Matusia, S.I.K  yang menjabat sebagai Kanit 1 Subdit 1 Direktorat Intelkam Polda Bengkulu dan Kompol Arum Puspita Sari, S.I.K,.M.A yang menjabat sebagai Kasubagpangkat Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jawa Timur. Kedua Sahabat 38 Setia ini menjadi perwakilan Polwan yang terpilih menjadi peserta dalam workshop tersebut. Selain sebagai peserta Sahabat 38 Setia lainnya juga terlibat dalam kegiatan ini sebagai Panitia yaitu Kompol Erma Rahayu, S.I.K yang menjabat sebagai Asesor Muda di Staf SDM Mabes Polri dan Kompol Ratna Quratul Aini, S.I.K. M.Si yang menjabat sebagai Perwira Urusan Penugasan Luar Negeri pada Staf SDM Mabes Polri. 

Acara workshop  diawali dengan pengantar oleh Ketua IAWP 2020 BJP Ida Oetari P, S.A.P., M.A. Pada kesempatan  ini Brigjen Pol Ida Oetari Poenamasasi  menyampaikan bahwa seluruh Polwan bisa memiliki pola yang sama untuk mewujudkan Women at The Center Stage of Policing. 

Ketua IAWP 2020 BJP Ida Oetari P, S.A.P., M.A memberikan sambutan dalam acara workshop.

“Inovasi Polwan sekarang tidak diragukan lagi dalam kancah nasional maupun internasional. Dalam Nasional, tidak hanya dalam urusa jabatan, tetapi urusan layanan kepada masyarakat maupun dalam penegakan hukum,” ungkap rigjen Pol Ida Oetari. 

Brigjen Pol Ida Oetari berharap dengan digelarnya IAWP 2020 di Yogyakarta pada tanggal 6-11 September mendatang bisa menjadi langkah untuk mewujudkan Polwan yang menuju panggung utama pemolisian. Menurut Brigjen Pol Ida para Polwan Indonesia sudah banyak yang menjadi peacekeeping dalam penugasan-penugasan perdamaian dunia maupu mengikuti konferensi serta peningkatan kapasitas secara internasional.

Acara workshop ini dibuka oleh Kadivhubinter Polri Irjen Pol Drs. Napoleon Bonaparte, M.Si, dan dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan 3  narasumber yaitu  BJP Dr Juansih, S.H., M.Hum. yang memberikan materi tentang Masalah peran dan Kesenjangan Gender dalam Konteks Pemolisian, lalu pembicara kedua Karomisinter Divhubinter Polri BJP Krishna Murti, S.I.K, M.Si. yang berbicara mengenai  Perspektif Internasional dalam Issue Gender dan Pemolisian, serta  Ibu Yenny Wahid  yang berbicara tentang Pergeseran Paradigma Peran dan Perempuan.

Selanjutnya acara workshop dilanjutkan dengan pembagian kelompok kecil dengan topik pembahasan ambiguity, kesenjangan dan kurangnya pemahaman gender, training and education, budaya, politik (networking eksternal dan networking internal).

Suasana Workshop Polwan Menuju Panggung Utama Pemolisian

Penyelenggaraan workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dari pelaksanaan Konferensi IAWP yang bertujuan untuk mendapatkan masukan yang komprehensif dari seluruh peserta terkait dengan isu isu Women at the Center Stage of Policing (WACSOP) serta terbentuknya agen agen pembangunan WACSOP di lingkungan kerjanya sehingga dapat menimbulkan  Snowball effect dan terlaksanakanya peningkatan peran dan kontribusi yang baik bagi institusi Polri. Dengan peningkatan peran Polwan tersebut diharapkan dapat menghilangkan Gender Gap yang telah terkontruksi untuk menuju Polri yang Promoter.

Setelah melaksanakan workshop ini diharapkan para peserta bisa memberikan pengalaman dan ilmu yang didapat dengan menjadi agen perubahan di tempat mereka berdinas  masing-masing. Seperti harapan dari Kompol Dian Matusia.

"Acara ini sangat bagus sekali, karena nantinya peserta yang ikut akan menjadi agen di wilayah untuk meningkatkan peran dan kontribusi Polwan untuk Polri, menuju polri yang lebih maju dan profesional " ungkap Kompol Dian Matusia.

Selain itu, stelah mengikuti workshop ini diharapakan para peserta dapat meningkat kompetensinya dalam menjalankan tugas serta mempunyai wawasan yang luas terhadap perkembangan situasi dan tantangan global, seperti yang disampiakan oleh Kompol Arum Sari.

"Workshop ini mengajak Polwan untuk melihat segala sesuatu dengan birds’ eye view dan memotivasi untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam melaksanakan tugas" kata Kompol Arum.

Sumber : 






Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Workshop Polwan Menuju Panggung Utama Pemolisian
Workshop Polwan Menuju Panggung Utama Pemolisian
https://1.bp.blogspot.com/-hlh7-G43AZw/XmWXDvswyMI/AAAAAAAANmU/VRntrHWeYc8AcJ7VL3m037ydERe_1L_dACLcBGAsYHQ/s320/Gambar3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hlh7-G43AZw/XmWXDvswyMI/AAAAAAAANmU/VRntrHWeYc8AcJ7VL3m037ydERe_1L_dACLcBGAsYHQ/s72-c/Gambar3.jpg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/03/workshop-polwan-menuju-panggung-utama.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/03/workshop-polwan-menuju-panggung-utama.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content