$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Desa Sigap Karhutla : Inovasi Kabag Ops Polres Tanjung Jabung Timur Kompol Alhajat, S.I.K



Pandemi COVID-19 masih terjadi di Indonesia dan menjadi ancaman yang terus mengganggu sendi kehidupan masyarakat. Di tengah situasi ini di sebagian daerah Indonesia menghadapi ancaman lain yaitu acaman kebakaran hutan dan lahan (karhutala). Kebakaran hutan dan lahan yaitu kebakaran yang terjadi di dalam kawasan hutan dan lahan, dimana kebakaran hutan dan lahan sendiri terjadi akibat dari faktor disengaja maupun tidak disengaja. Dengan kata lain terjadinya kebakaran hutan dan lahan sebagian besar diakibatkan oleh kelalaian manusia seperti kegiatan buka lahan untuk berladang yang asapnya dapat mengganggu kesehatan masyarakat serta mengganggu transportasi baik darat, sungai, danau, laut dan udara berdampak luas terhadap ekologi, sosial, ekonomi masyarakat baik di indonesia dan sering mendapat komplain akibat kabut asap yang disebabkan oleh karhutla tersebut dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. 

Salah satu wilayah yang menjadi atensi nasional dalam karhutala adalah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.  Hutan dan lahan di Kabupaten Tanjung Jabung  timur hampir setiap tahun terjadi karhutala, wilayah yang kebakaran biasanya terjadi pada musim kemarau, lahan yang paling luas terbakar adalah lahan gambut, mayoritas terjadi pada areal konsensi perusahaan perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri yang berproduksi di atas lahan gambut

Titik api yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada tahun 2015 dan 2019

Melihat kondisi tersebut, Polres Tanjung Jabung Timur melalui Bagian Operasi membuat suatu inovasi dengan menghadrikan Desa Sigap Karhutala. Inovasi ini dibuat untuk kesiap siagaan karhutala dalam rangka  pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Tanjung Jabung Timur dengan mengedepankan metode pencegahan. Desa sigap  karhutla berbasis masyarakat dan teknologi informasi, dengan pilot project Desa Jati Mulyo, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.


Kapolres Tanjung Jabung Timur melalui Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kompol Alhajat, S.I.K menejelaskan konsep dari Desa Sigap Karhutala adalah pemberdayaan masyarakat setempat untuk pencegahan dan penanganan karhutala. " Intinya adalah  pencegahan penanganan karhutla secara berasama-sama yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat setempat. Dimana informasi awal adanya karhutla dari satelit dan masyarakat, oleh karena itu kita memberdayakan masyarakat setempat dengan memberikan motivasi  dalam pencegahan dan penanganan karhutla, terkhusus dapat dengan cepat untuk memadamkan api karhutla yang masih kecil sebelum membesar " jelas Kompol Alhajat, S.I.K perwira lulusan Akpol tahun 2006 ini. 

Desa Sigap Karhutala ini akan melibatkan seluruh stake holder yang ada di desa tersebut dan juga melibatkan teknologi informasi yang telah ada. " Perangkat-perangkat  kerja yang ada  akan di jadikan relawan di aplikasi ASAP DIGITAL POLDA JAMBI dan LANCANG KUNING NUSANTARA sebagai basis teknologi informasi untuk masyarakat desa sigap tersebut." ungkap Kompol Alhajat S.I.K.

Metode yang digunakan untuk menjalankan konsep Desa Sigap Karhutala adalah PREVENTIF (mengutamakan pencegahan), SOCIETY PARTICIPATION  (mengutamakan partisipasi masyarakat), COLLABORATION BETWEEN COMMUNITIES (menjalin kerjasama antar masyarakat sebagai bentuk kepedulian), ORGANIZE (mengorganisir secara bersama sama untuk siaga), MOTIVATION (memotivasi untuk sigap, menjaga dan berbuat) dan Teknologi aplikasi sebagai informasi (Aplikasi Lancang Kuning, sabakcerah.com). "Kami mendorong masyarakat untuk aktif dan juga melibatkan teknologi dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan menekan titik-titik api yang ada di daerah Tanjung Jabung Timur." Kompol Alhajat, S.I.K menambahkan. 

Sosialisasi Desa Sigap Karhutala

Langkah-langkah dalam mewujudkan Desa Sigap Karhutala terdiri dari persiapan, perencanaan dan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tahap persiapan melakukan berkoordinasi dengan stakeholder yang berkompeten untuk menentukan rencana – rencana yang akan dilakukan. Berkoordinasi dengan forkopimcam setempat,  kepala desa dan perangkat desa, menyiagakan bhabinkamtibmas dan berkoordinasi dengan relawan – relawan tangguh karhutla. Pada tahap perencanaan dan pengorganisasian dilakukan dengan membuat konsep dan metode kerja Desa Sigap Karhutla dan membentuk perangkat – perangkat yang berkompeten dalam pelaksanaan  desa sigap karhutla ini yang berbasis masyarakat peduli dan teknologi informasi. Aksi yang dilakukan pada tahap ini meliputi pembentukan tim POLRI untuk mendukung desa sigap Karhutla, menyusun perangkat – perangkat di desa yang berkompeten, mensosialisasikan Desa Sigap Karhutla, melaksanakan pelatihan – pelatihan oleh tim ahli,  dan menyiapkan sarana teknologi informasi kepada perangkat – perangkat yang sudah terbentuk. Pada langkah pelaksanaan dan pengendalian yang dilakukan adalah pelaksanaan metode kerja untuk pencegahan dan penanganan karhutla serta perangkat – perangkat yang sudah terbentuk untuk mengendalikan pelaksanaan kerja desa sigap karhutla. "Desa Sigap Karhutla ini terfokus kepada upaya pencegahan dan jika terjadi hotspot di Desa Jati Mulyo akan dilakukan penanganan dengan semangat yang tinggi secara bersama – sama" Kompol Alhajat S.I.K menambahkan. 

Pengecekan peralatan Desa Sigap KArhutala oleh Kabag Ops Polres Tanjung Jabung Timur 
Kompol Alhajat, S.I.K

Kunci keberhasilan dari program ini terdiri dari empat point yaitu kesiapan orang, kesiapan air, kesiapan alat dan kesiapan jalan. " Orang – orang yang telah ada harus selalu siap melaksanakan pencegahan dan penanganan apabila terjadi karhutla dan selalu mengecek dan menjaga ketersediaan air yang akan digunakan apabila terjadi karhutla, serta apabila terjadi karhutla alat – alat dalam rangka penanganan karhutla  sudah siap dan cukup untuk digunakan." Kompol Alhajat, S.I.K mejelaskan. 











Name

38 Setia,148,Berita Pilihan,4,figur bicara,37,LUAR NEGERI,19,Nasional,415,Sejarah,9,Tips,17,Umum,46,
ltr
item
38 Setia: Desa Sigap Karhutla : Inovasi Kabag Ops Polres Tanjung Jabung Timur Kompol Alhajat, S.I.K
Desa Sigap Karhutla : Inovasi Kabag Ops Polres Tanjung Jabung Timur Kompol Alhajat, S.I.K
https://1.bp.blogspot.com/-8YyFsPtHhPo/XyfwI8EimkI/AAAAAAAAOnc/GG_VgKgYrI06-TFRA5gee4SqzsOejx-8ACLcBGAsYHQ/w640-h176/WhatsApp%2BImage%2B2020-08-03%2Bat%2B17.15.09.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-8YyFsPtHhPo/XyfwI8EimkI/AAAAAAAAOnc/GG_VgKgYrI06-TFRA5gee4SqzsOejx-8ACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h176/WhatsApp%2BImage%2B2020-08-03%2Bat%2B17.15.09.jpeg
38 Setia
http://www.38setia.com/2020/08/desa-sigap-karhutala-inovasi-kabagops.html
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/
http://www.38setia.com/2020/08/desa-sigap-karhutala-inovasi-kabagops.html
true
1959138953113151983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content